11 Tips Main Free Fire (FF) untuk Pemula Jadi Pro!

11 Tips Main Free Fire (FF) untuk Pemula Jadi Pro!

Mungkin Kamu sudah lelah bermain Free Fire (FF) dari lama tapi tidak berkembang? Mungkin juga sudah menyelesaikan ribuan match tapi selalu kalah? Atau telah membunuh ratusan musuh tapi tidak pernah bertahan sampai akhir permainan? Jangan khawatir, itu adalah hal yang sepenuhnya normal. Kita semua adalah pemula di awalnya dan satu-satunya cara untuk menjadi “Pro” adalah berlatih sebanyak yang Kamu bisa, atau juga dengan mengikuti beberapa tips cara bermain game Free Fire dari berbagai sumber.

Di game ini hanya akan ada satu pemenang yang bisa bertahan di akhir permainan, Free Fire adalah salah satu game battle royale yang sangat menegangkan dari 111dots Studios. Ada lebih dari 30 pemain berkompetisi di dalam satu map, dan Kamu adalah salah satunya. Dimana pada akhirnya Kamu memang harus berhadapan dengan musuh dan tidak bisa menghindar karena Map akan terus mengecil seiring dengan waktu.

Baca Juga :

Maka dari itu Kabar Games membuat sebuah tips dan trick cara bermain Free Fire (FF) menggunakan emulator Bluestacks untuk pemula yang akan membuatmu menjadi lebih baik dalam bermain game battle royale ini ke depannya. Semoga (mungkin saja) Kamu akan menjadi the next “Kyle Giersdorf” versi Indonesia di game Free Fire ini. Langsung saja kita simak berikut ini tipsnya!

Pilih Perangkat yang Sesuai

Tips Free Fire - Pilih Perangkat yang Sesuai

Tips pertama dan paling penting dari game Free Fire, pilih perangkat yang sesuai dengan kenyamanan bermain Kamu. Misalnya, jika Kamu adalah pemain CSGO berpengalaman yang terbiasa main di desktop tetapi baru untuk game Mobile, gunakan emulator Android seperti Bluestacks atau Nox. Ada banyak video di luaran sana, misalnya saja di Youtube, yang akan memandu Kamu mengatur bagaimana mensetting pengaturannya.

Loading…

Aturlah Sensitivitas Layar

Aturlah Sensitivitas Layar

Tips Pemula Free Fire berikutnya, Sesuaikan HUD dengan kenyamanan Anda. Aktifkan fire button di sisi kiri, selain fire button, posisikan tombol lompatan dan scope dengan benar karena Kamu akan sering menggunakannya dalam pertempuran. Setelah itu sesuaikan sensitivitas, Ini sangat critical dan memiliki dampak besar pada gameplay. Pengaturan sensitivitas antara pemain satu dengan yang lainnya itu berbeda, aturlah sensitivitasnya sesuai dengan kenyamanan Kamu bermain.

Baca Juga :

Pengguna PC (emulator) kemungkinan besar lebih suka pengaturan sensitivitas yang lebih rendah dan harus mempertimbangkan pengaturan dpi mouse juga. Pengguna Mobile lebih menyukai sensitivitas layar Hp yang sedikit lebih tinggi. Pengguna Mobile yang menggunakan ‘Precise On Scope’ biasanya lebih suka sensitivitas sedikit lebih rendah daripada pengguna ‘Default’. Dan ingat bahwa pengaturan sensitivitas akan menurun sesuai dengan kualitas scope, 8X / AWM scope selalu diatur ke sensitivitas terendah.

Jangan Fokus Pada Cosmetic

Tips Free Fire - Jangan Fokus Cosmetic Player

Barang-barang seperti kaos, celana, dan topi itu hanyalah kosmetik, ingat tips Free Fire ini baik baik. Item – item tersebut tidak memberikan keuntungan apa pun dalam hal gameplay untuk karakter kamu. Mereka memang dapat membuat karaktermu terlihat keren tetapi ini bukan MMORPG dan pesaing Kamu tidak akan mengagumi pakaian Anda, mereka ada di sana hanya untuk membunuh Kamu. Barang-barang kosmetik ini dijual dengan imbalan Diamond atau mata uang dalam game yang dapat Kamu beli dengan uang sungguhan, tetapi tidak memberikan manfaat apapun selain hanya terlihat cool dan keren.

Karakter, di sisi lain, berbeda dengan kosmetik, karakter lah yang akan memberikan Kamu keuntungan. Ada banyak karakter di Free Fire, 2 dari mereka, Adam dan Eve, “tidak dikunci” sejak awal. Namun, mereka tidak memiliki “statistik” dan tidak menawarkan kelebihan apapun. Pemain baru ataupun pemula bebas memainkan karakter ini sejak awal permainan. Enam karakter lainnya menawarkan manfaat berikut:

  • Nikita – Reload submachine 4% lebih cepat
  • Misha – 2% kecepatan mengemudi lebih cepat
  • Ford – Kerusakan 4% lebih rendah saat berada di luar zona aman
  • Andrew – Kehilangan daya tahan rompi 2% lebih sedikit
  • Kelly – 1% peningkatan kecepatan sprint
  • Olivia – Menghidupkan kembali pemain lain dengan +6 HP lebih banyak

Kamu dapat membuka Karakter – karakter ini dengan mata uang dalam game, diamond (uang asli) atau dolar (Meskipun, Misha hanya bisa dibeli melalui diamond). Perhatikan bahwa statistik setiap karakter ini terus meningkat selama Kamu terus menaikkan level karakternya. Misalnya, Andrew mulai dengan kehilangan daya tahan 2% lebih sedikit, dan bisa ditingkatkan statistik ini hingga 10%, dengan menaikkan level karakter Kamu dan menyelesaikan pencapaian dalam game Free Fire.

Sesuaikan Tempat Pendaratan

Sesuaikan Tempat Pendaratan

Tips berikutnya, seringlah mendarat di tempat banyak orang mendarat, tetapi setidaknya di awal permainan game Free Fire, hindari lokasi yang disukai para pemain yang terhitung ‘Pros‘. Jangan mencoba untuk menghindari lawan, pada awalnya Kamu mungkin tidak akan bertahan lama tetapi hal ini akan membantu Kamu terbiasa dengan pengaturan game Kamu dan eksposur ke banyak musuh akan meningkatkan gameplay dan meningkatkan kepercayaan diri Kamu.

Pilihan ke dua yaitu, selalu pilih tempat dengan jumlah keramaian yang lebih sedikit. Setiap pemain bermain untuk menang dan mereka akan membunuhmu. Itu sebabnya selalu disarankan untuk mendarat di tempat yang tidak memiliki banyak lawan dan ini juga akan membantu Kamu mengumpulkan senjata dan persediaan lainnya dengan mudah. Selain itu cobalah berbagai macam senjata dan granat untuk bisa mengatur strategi senjata mana yang kira kira akan menjadi kombinasi terbaik di dalam pertempuran.

Perhatikan Tanda Merah

Tips Free Fire - Ini Survival Game, Bukan Medan Perang!

Tips selanjutnya untuk pemula dalam bermain Free Fire, Kamu mungkin memperhatikan bahwa layar Kamu akan berubah merah dari waktu ke waktu, tapi hanya untuk beberapa detik. Nah, ada alasan untuk itu, tanda merah itu berarti ada musuh di depan Kamu dan jika Kamu  menarik pelatuk ketika layar berubah merah, Kamu telah menembak musuh tersebut. Ini berlaku untuk mode aim (yang dapat Kamu aktifkan dengan menekan tombol kanan mouse) dan mode biasa.

Saat penglihatan Anda mulai merah, tarik pelatuk – itu adalah petunjuk visual bahwa Kamu dapat mengenai musuh. Tapi itu tidak menjamin bahwa Kamu telah membunuhnya, misalnya, headshot, tetapi itu menjamin bahwa Kamu telah memberikan damage ke lawan. Jika Kamu kesulitan menembak musuh, waspadai petunjuk visual ini.

Gunakan Kendaraan di Awal

Gunakan Kendaraan yang Ada

Kendaraan sangat cocok untuk bergerak lebih cepat, tidak masalah apakah Kamu mau melarikan diri dari baku tembak atau mencoba mencapai lokasi tertentu, yang pasti cara nya gunakanlah kendaraan di game Free Fire. Namun, kendaraan harus digunakan hanya selama tahap awal permainan. Ini karena kendaraan yang bergerak sebenarnya adalah sebuah tanda yang bisa memberi tahu semua orang di mana Kamu berada.

Kenapa di gunakan di awal game? Karena pada awal permainan, saat semua orang saling membunuh satu sama lain, lawan Kamu bahkan tidak akan melihat ada target bergerak selain dari musuh yang sedang di hadapinya.

Namun, ketika hanya ada beberapa pemain yang tersisa, berada di dalam kendaraan hanyalah akan menarik perhatian dengan mudah. Gunakanlah kendaraan di awal untuk melarikan diri dari baku tembak dan biarkan pemain lain saling bunuh. Setelah hanya ada 10 pemain atau kurang, berhenti menggunakan kendaraan dan beralih ke gameplay “Sneakier”.

War Bukanlah Segalanya

Terus bergerak, jangan diam

Berbicara tentang tips “Sneaky”, Kamu akan melihat bahwa pemain lain biasanya gagal melakukan cara ini di game Free Fire (FF), terutama setelah pertandingan dimulai. Setelah Kamu menyentuh tanah, sudah dapat dipastikan bahwa Kamu akan diserang dalam waktu kurang dari (maksimalnya) 10 detik setelah mendarat.

Jika itu terjadi, biasanya pemain akan langsung melawan dan mengubah Free Fire menjadi sebuah arena pertarungan deathmatch. Namun sejatinya, game battle royale bukan tentang siapa yang menarik pelatuknya lebih cepat, tapi mereka yang mampu tetap bertahan hidup selama mungkin dan bersiap untuk pertempuran “nyata” di akhir pertandingan.

Jadi, jangan serang pemain lain tepat setelah Anda mendarat di pulau manapun. Jika Anda diserang, jangan dilawan, pada tahap ini, hanya keberuntungan yang menentukan pemain mana yang akan mengalahkan yang lain, bukan skill. Tujuan Kamu di awal game hanyalah menjauhi pemain lain selama mungkin dan membiarkan mereka saling membunuh. Lari ke gedung atau naik ke kendaraan dan menjauh dari medan pertempuran.

Kamu harus mengumpulkan looting dan mempersiapkan pertarungan akhir. Jarang terjadi, namun kemungkinan nya ada, dimana Kamu bisa memenangkan game Free Fire dengan menembak hanya sekali – Kamu hanya perlu membunuh satu pemain untuk menjadi the survivor jika kamu memainkan permainan dengan benar.

Ini Survival Game, Bukan War Zone!

Perhatikan Tanda Merah

Sekali lagi yah, ini adalah game untuk bertahan hidup, bukan medan pertempuran untuk saling membunuh! Kamu wajib mengingat tips penting dalam game Free Fire (FF) ini saat bermain. Kamu tidak perlu menunjukkan keterampilan menembakmu yang mungkin seperti rambo, karena ini mungkin dapat menempatkan Kamu dan teman Kamu dalam posisi berbahaya.

Ingatlah selalu bahwa tujuan permainan Free Fire (FF) ini adalah menjadi pemain terakhir yang masih bertahan hidup. Jadi, apa pun yang Kamu lakukan, jangan masuk ke dalam medan pertempuran yang penuh dengan peluru berterbangan, karena hal inilah yang akan membuatmu tidak akan bisa bertahan lama dan kemungkinan akan membuat Kamu dapat dengan mudah di bunuh oleh pemain lain (baca: lebih pintar). Mainkan permainan yang panjang dan hanya menembak jika memang benar-benar diperlukan.

Terus Bergerak, Jangan Diam

War Bukanlah Segalanya

Anehnya, Kamu akan melihat sebagian besar lawan tetap diam selama pertempuran. Ini karena mereka memainkan game Free Fire dari perangkat mobile dan tidak mungkin untuk bergerak dan menembak pada saat yang sama pada perangkat ini. Nah, Kamu tidak memiliki kelemahan itu jika Kamu pemain yang menggunakan emulator, yang memungkinkan Kamu memainkan Free Fire dengan mouse dan keyboard.

Ini adalah keuntungan yang jauh lebih besar daripada yang Kamu pikirkan. Gunakan keyboard Kamu untuk bergerak selama pertempuran dan gunakan mouse Kamu untuk menembak – sesederhana itu. Pemain yang terbiasa main di Mobile, tidak akan dapat mencapai target yang sering bergerak, maka itulah sebabnya mereka tetap diam untuk fokus mengarahkan aim senjatanya.

Berputarlah di sekitar lawan Kamu dan selalu bergerak. Kamu akan dapat membunuh mereka dengan lebih mudah dan efisien. Jika seseorang mulai menembak dan Kamu tidak dapat melihat lokasi penembak, mulailah berlari dalam zig-zag hingga Kamu menemukan sesuatu yang dapat digunakan sebagai pelindung. Jika Kamu memasuki pertempuran dengan lawan yang bisa Anda lihat, mulailah berputar-putar di sekelilingnya. Selama Anda tidak diam, pemain mobile tidak akan dapat memberikan damage ke Kamu secara serius.

Tips Semi Pro Free Fire (FF)

Tips Semi Pro Free Fire

Sekarang Kamu sudah terbiasa dengan semua dasar-dasarnya dan dengan pengaturan game, Waktunya untuk naik ke level berikutnya. Berlatihlah di semua mode permainan dan mencoba banyak stategies untuk berbagai mode, bermainlah sebagai seorang sniper yang membutuhkan ketepatan membidik atau hanya bermain asal tembak di game tertentu. Dan berikut beberapa tips untuk Kamu yang telah meningkat dari seorang pemula ke semi pro di game Free Fire:

  • Sesuaikan peran Kamu secara berbeda tergantung pada apakah Kamu bermain solo, duo atau skuad
  • Komunikasi dengan rekan setim Anda karena itu sangat penting
  • Beri mereka petunjuk tentang sumber daya dan musuh saat di dalam pertempuran
  • Jangan terpisah dari team untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya, ini akan menempatkan Kamu dan team dalam risiko.
  • Tonton banyak video YouTube di gameplay skuad yang melibatkan skuad vs skuad
  • Amati bagaimana pro membuat keputusan dalam panasnya pertempuran

Pilih karakter dengan bijak, sebagian besar karakter tidak murah dan Kamu tidak perlu khawatir tentang gold dan diamond yang terbuang sia sia. Belum perlu menggunakan karakter yang membutuhkan diamond untuk mendapatkannya. Pertama-tama siapkan daftar karakter yang ingin Kamu buka (misal Kabar Games memilih Andrew, Kelly dan Maxim, kombinasi pertahanan, kecepatan, dan penyembuhan).

Tips Pro Player Free Fire (FF)

Tips Pemula Pro Free Fire

Kabar Games mungkin akan terlihat bodoh jika mulai menasihati atau memberi tips kepada orang lain tentang bagaimana menjadi pro di game Free Fire (FF). Kabar Games sendiri saat ini sedang berjuang melawan pemain pro dan belum mencapai tingkat itu. Tapi ada beberapa hal yang Kabar Games jalankan untuk mencoba menjadi lebih baik kedepan nya dalam bermain game Free Fire (FF).

  • Mainkan lebih banyak game sehingga mendapatkan lebih banyak pengalaman pertempuran
  • Amati profesional, pelajari dan latih keterampilan dan strategi mereka
  • Terus belajar dan mengasah keterampilan menembak menuju ke level berikutnya
  • Belajarlah untuk membuat keputusan yang cerdas dengan sangat cepat di tengah sengitnya pertempuran
  • Berlatihlah ke titik di mana respons Kamu benar-benar menjadi sebuah refleks, karena refleks biasanya yang akan menentukan hidup dan mati seorang pemain

Nah itulah tadi tips and trick cara bermain game Free Fire (FF) dari Pemula sampai Pro. Jika ada yang kurang jangan ragu untuk berikan comment di bawah yah, Kabar Games akan segera memperbaruinya dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika memang bermanfaat untuk teman Kamu.

Bagikan untuk teman:
Loading...