sukistreet
Pro Player Guide: 16 Tips Cara Menjadi Profesional Gamer

Pro Player Guide: 16 Tips Cara Menjadi Profesional Gamer

Bermain game online untuk mendapatkan penghasilan seakan jadi mimpi bagi para remaja yang beranjak dewasa. Dibayar untuk memainkan game favorite kamu dulu adalah sesuatu yang hanya bisa diimpikan banyak anak-anak. Tidak banyak yang mengetahui cara menjadi seorang pro player atau profesional gamer itu bagaimana, tapi sekarang, itu bisa menjadi kenyataan bagi mereka yang benar-benar berusaha dan berbakat jika Kamu mengikuti tips ini dengan benar.

E-Sports telah meledak di seluruh dunia, dan dengan itu, banyak gamer berusia 15-30 tahun yang sekarang memainkan game online terbaik untuk mencari penghasilan. Dari jutaan orang yang bermain game seperti Starcraft, Halo, atau League of Legends, banyak yang bermain dengan sangat baik sehingga mereka bisa membiayai hidup mereka sehari-hari dengan bermain game. Beberapa pemain hebat di dunia bahkan mendapatkan gaji individu dengan enam digit (dolar) dari sponsor, gaji team dan kemenangan turnamen.

Baca Juga :

Jadi, bagaimana kamu bisa mengikuti jejak mereka untuk menjadi seorang gamer kelas dunia? Satu hal yang harus kamu ingat, ini butuh kerja keras dan ketekunan. Dan berikut beberapa tips ampuh cara menjadi seorang profesional gamer atau pro player di game online, baik itu Free Fire, Mobile Legends ataupun PUBG Mobile.

Pilih Game Online Kamu

Pilih game online Kamu

Dengan layanan seperti Xbox Live, kamu dapat berlatih dan bersaing sepanjang waktu dengan dan melawan pemain yang sangat terampil. Ini bukan tentang menemukan orang untuk bermain secara acak. Kamu harus menemukan permainan yang kamu kuasai dan menjadi hebat dalam permainan itu. Setelah kamu menemukan game itu, bangun reputasi kamu sebagai pemain tunggal dan pemain team yang terampil.

Fokus pada Skill Tertentu

Skills dan talenta Miho Vainglory

Bermain game selama berjam-jam adalah latihan yang bagus memang, tetapi kadang-kadang kamu mungkin perlu fokus pada satu aspek tertentu dari game kamu untuk mendapatkan keunggulan dari lawan. Pernah tersiar kabar, dan memang ini benar, bahwa pemain Terran Starcraft terbaik di dunia, MarineKingPrime, berlatih splitting marines, sebuah manuver yang rumit di game Starcraft, selama berjam-jam setiap hari.

Loading…

Perbanyak Berlatih

Fokus pada skill tertentu

Mungkin menyenangkan jika kamu bisa memainkan game yang kamu sukai dan berpikir bahwa kamu cukup jago memainkannya. Tapi apakah kamu cukup menyukainya juga untuk memainkannya selama enam, tujuh, delapan jam sehari, setiap hari? Dan inilah tips terpenting yang diperlukan jika kamu ingin menjadi pro player.

Baca Juga :

Para pemain hebat memiliki jadwal latihan yang teratur melawan pesaing yang selevel atau di atas level mereka sendiri, karena itu satu-satunya cara untuk benar-benar meningkatkan skill. Pastikan kamu terus-menerus bermain dengan orang-orang yang lebih baik daripada kamu, karena itulah cara  terbaik untuk Kamu agar tumbuh sebagai pemain pro.

Pertahankan Pekerjaan Kamu

Sistem Perubahan Pekerjaan Ragnarok Spear of Odin

Kita harus selalu menyiapkan rencana cadangan, dan Kabar Games tidak akan merekomendasikan siapa pun untuk tidak melanjutkan sekolah atau berhenti dari pekerjaan mereka sekarang. Sampai mereka memiliki setidaknya BEBERAPA indikasi bahwa mereka dapat menghasilkan uang dan menghidupi diri mereka sendiri dengan bermain game.

Jika kamu telah memenangkan sejumlah uang hadiah turnamen, atau streaming online  kamu mendapatkan jumlah uang yang banyak dari iklan, baru di saat itu kamu dapat mulai mengurangi kegiatan sehari-hari kamu, tetapi benar-benar berhenti dari pekerjaanmu sejak awal adalah risiko yang tidak boleh kamu ambil.

Pelajari Pro Player Bermain

pro player

Seperti halnya menemukan kesuksesan di bidang apa pun, penting untuk mempelajari para gamer profesional yang telah unggul sebelum kamu. Menonton cara bermain pro player berulang kali hingga kamu mulai menyerap strategi dan taktik mereka sendiri adalah suatu keharusan. Para gamer ini telah menyempurnakan skill mereka selama bertahun-tahun, dan bagi seseorang yang baru memulai, sangat penting untuk mempelajari taktik tingkat tinggi mereka dengan menontonnya berulang ulang, kemudian mempraktekannya dengan berlatih.

Bergabung dengan Komunitas

komunitas pro player

Pahami bahwa hampir semua gamer pro adalah bagian dari komunitas, dan kamu juga harus begitu. Entah itu berpartisipasi dalam diskusi forum atau membentuk team kamu sendiri, penting bahwa kamu tidak berlatih di ruang hampa. Masukan dari luar dan diskusi strategi dengan teman-teman yang juga bermain game yang sama adalah hal yang sangat penting jika kamu ingin menjadi profesional gamer.

Terus Berlatih

Fokus pada skill tertentu

Apakah Kabar Games sudah menyebutkan pentingnya berlatih? Gamer pro tingkat atas sering hidup bersama di satu rumah di mana mereka bermain melawan satu sama lain selama berjam-jam setiap hari. Itu bukan sesuatu yang perlu kamu lakukan jika kamu baru memulai, tetapi itu menunjukkan betapa pentingnya bermain dan berlatih konstan jika kamu ingin menjadi yang terbaik.

Kontrol Ego Diri Sendiri

Kontrol ego

Pahamilah bahwa kamu bisa kalah. Bahkan persentase kekalahan pemain terbaik di muka bumi antara tiga puluh hingga lima puluh persen dalam permainan mereka. Kalah adalah bagian dari proses untuk menjadi pemain yang lebih baik, dan marah-marah serta mengumpat tidak membantu kamu untuk berkembang. Gamer Pro Ukrania Starcraft White-Ra mengatakan ini tentang kekalahan, belajar, dan tetap tenang.

“Ketika saya mulai bermain, saya sangat kecewa dan sangat sedih setelah kekalahan saya. Jika kamu ingin menang, kamu harus kalah. Kamu tidak bisa memenangkan semua pertandingan. Kita semua manusia, kita membuat kesalahan. Kita bukan komputer. Dan jika kamu memahami kesalahan kamu, kamu dapat membuat analisis permainan. Dan terus bermain, coba dan perbaiki. Lebih banyak GG, lebih banyak skill.”

Jaga Keseimbangan Hidup

Walau Kabar Games menekankan bahwa kamu butuh berjam-jam latihan untuk sukses, tapi kamu juga harus memiliki keseimbangan hidup di luar game. Banyak pro gamer memulainya sejak remaja, tetapi sekarang mereka telah dewasa dan memiliki keluarga sendiri. Pertemanan dan keluarga sangat penting bagi kesehatan mental kamu, jadi jangan abaikan orang lain untuk bermain game online sepanjang waktu.

Kenali Bakat Diri Sendiri

Pahamilah bahwa tidak semua orang cocok menjadi seorang gamer pro. Bahkan jika kamu jago bermain, kamu mungkin tidak memiliki kemampuan fisik untuk menjadi setara dengan pro player. E-Sports membutuhkan kecakapan fisik dan mental, dan para pemain hebat harus melakukan ratusan aksi per menit setiap saat, yang membuat mereka bermain dengan kecepatan yang nyaris seperti manusia super.

Berita buruknya adalah, hal itu tidak mungkin dilakukan oleh semua orang, tidak peduli berapa banyak pun mereka berlatih. Kamu mungkin jago dalam bermain golf, tetapi itu tidak berarti setelah 10.000 hole, kamu akan menjadi Tiger Woods. Kenali diri sendiri, maka Kamu akan mengenali bakat terpendam yang Kamu miliki.

Pertahankan Motivasi

Kemenangan dan uang adalah motivator besar bagi para profesional gamer, begitu juga keluarga dan passion. Gamer Pro Marcus “ShoNuff2025” Davis telah berlatih game Call of Duty terbaru, Advanced Warfare. Ketika ditanya mengapa dia ingin menjadi pro player, Davis memberikan tips nya dengan berkata,

Pertama, saya ingin menjadi yang terbaik sehingga Ayah saya tidak berpikir saya meminta semua game ini dan upgrade PC hanya untuk sia-sia. Lalu saya ingin bersenang-senang melakukan apa yang saya sukai.”

Lakukan Persiapan

Kamu membutuhkan peralatan yang memungkinkan kamu menguji skill kamu melawan pesaing. Mungkin menyenangkan memiliki PC gaming tercanggih, tetapi yang paling penting adalah memilih PC dengan kinerja yang tepat yang sesuai dengan gaya hidup kamu. Kamu juga bisa mendapatkan laptop gaming murah dan tipis serta ringan untuk dibawa bertemu dengan rekan seteam agar bisa memastikan bahwa kamu tetap berlatih saat bepergian.

PC gaming murah yang dapat dikustomisasi juga akan membantu memastikan bahwa kamu memiliki perangkat pendukung paling mutakhir untuk game yang terus berkembang. Atau bisa juga selama kamu memiliki game console Xbox atau PlayStation, kamu tetap akan dapat bersaing dan berlatih.

Temukan Team

Setelah kamu membangun reputasi sebagai pesaing serius, carilah team. Jika kamu benar-benar pemain yang bagus, team lain mungkin yang akan mencari kamu. Jika tidak, cobalah temukan team. MLG memiliki tempat khusus untuk berkomunikasi dengan team dan pemain lain. Ada juga komunitas di mana kamu dapat membuat team kamu sendiri.

Ikut Turnamen dan Event

Ketika kamu sudah terlalu jago untuk bermain solo atau dengan team, coba ikut turnamen. Uji skill kamu dalam sebanyak mungkin turnamen online dan lokal. Turnamen terjadi sepanjang tahun, jadi kamu akan selalu punya kesempatan untuk bersaing. Namun sayangnya, tidak peduli berapa banyak turnamen yang kamu menangkan, status kamu sebagai gamer pro benar-benar hanya akan diperkuat ketika kamu menang di tingkat sirkuit profesional. Menang di sebuah turnamen tidak hanya memberi kamu kredibillitas, tetapi juga uang.

Dapatkan Sponsor

Gamer pro saat ini mendapat keuntungan dari sponsor yang menyediakan peralatan yang diperlukan untuk bertanding. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan sebagai pro player, cari cara untuk mendapatkan sponsor. Bermain game bukan lagi sekadar hobi, ini adalah jalur karier dan gaya hidup bagi sebagian orang. Dedikasi dan waktu yang diberikan dalam bermain game lebih banyak dari pekerjaan kantoran ditambah lembur.

Tetap Berlatih

Fokus pada skill tertentu

Kalau-kalau Kabar Games kurang menekankannya sejauh ini, perbanyak, terus dan tetaplah berlatih sesering mungkin dengan team ataupun solo player, karena berlatih adalah satu satunya cara terbaik untuk menjadi seorang pro player, ingatlah setiap langkah-langkah ini saat kamu bermain, dan jangan pernah lupa bahwa di atas segalanya, bermain game haruslah menyenangkan, bahkan ketika dimainkan secara profesional sekalipun.

Nah itulah tips ampuh cara menjadi seorang pro player di game online, baik itu Free Fire (FF), Mobile Legends (ML) ataupun PUBG Mobile dan juga semua jenis game online yang Kamu tahu. Jangan ragu untuk beri masukan ke Kabar Games jika ada tips yang kurang yah, nantikan terus berita terbaru dan terupdate hanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman:
Loading...