Free Fire (FF) vs PUBG Mobile = Rakjel vs Sultan?

Free Fire (FF) vs PUBG Mobile = Rakjel vs Sultan?

Sejak tahun 2018 lalu, Free Fire dan PUBG menjadi permainan yang memiliki jumlah pemain yang sangat banyak dan paling sering dimainkan. Permainan Free Fire adalah salah satu permainan yang dikembangkan oleh Garena. Perdebatan mengenai Free Fire (FF) vs pubg sebenarnya sudah terjadi cukup lama. Mungkin bagi para gamer di Amerika dan Eropa, permainan Fortnite menjadi salah satu permainan yang sering dimainkan. Namun, di Indonesia Free Fire dan PUBG lah yang menjadi juaranya.

Sebenarnya, sebelum dua game ini muncul sudah ada banyak permainan game battle royale yang menarik perhatian pecinta game, seperti Cyber Hunter, Rules of Survivor dan Knives out. Namun tidak ada yang bisa menyaingi kedua game online terpopuler ini. Lalu, bagaimana pertandingan dari 2 game fenomenal ini, benarkah ini perseteruan antara Rakyat Jelata Vs Sultan? Mari kita bahas perbandingan antara Free Fire (FF) vs PUBG mana yang lebih bagus.

Baca Juga :

Perbandingan Gameplay

Perbandingan gameplay free fire vs pubg mobile

Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang mencolok antara dua game ini. Kedua game sama sama mengusung tema battle royale. Ketika permainan dimulai, kamu akan turun pada sebuah wilayah tanpa didampingi oleh apapun. Namun, satu perbedaan yang cukup terlihat antara dua game ini ialah jumlah pemain yang dapat bergabung pada satu kali permainan. Free Fire (FF) bisa membutuhkan 50 orang saja untuk memulai permainan mereka, sedangkan PUBG membutuhkan 100 orang.

Selain itu perbedaan dalam gameplay lainnya adalah dari segi karakter, free fire terlihat lebih mencolok dalam hal ini karena dalam game nya ada beberapa karakter dengan skill masing masing yang bisa kamu mainkan. Seperti misalnya Rafael yang bisa menghilang dari map selama beberapa detik, Laura sniper yang tembakannya tidak pernah meleset dan masih banyak lagi.

Perbandingan Senjata

perbandingan senjata pubg vs free fire (FF)

Pada permainan PUBG, kamu bisa memiliki lebih dari 25 senjata dan tentunya akan terus bertambah, sementara di Free Fire kamu hanya bisa memiliki 18 senjata. Perlengkapan senjata di permainan PUBG juga lebih bervariasi dan lebih lengkap. Kenikmatan menembak di PUBG jauh lebih nyata dibandingkan dengan Free Fire. Senjata PUBG dan senjata Free Fire memiliki kelebihan masing masing yang bisa kamu maksimalkan sesuai dengan tipe permainan kamu.

Loading…

Perbandingan Map

map pubg dan free fire

Jika kamu memainkan PUBG baik di PC maupun handphone kamu, tidak ada perbedaan peta yang terjadi. Peta yang ada di handphone dan PC sama, terdapat 4 peta dalam PUBG yaitu Vikendi, Miramar, Erangel dan Sanhook. Sementara untuk free fire, permainan ini hanya memiliki dua peta yaitu Bermuda dan Mad Dog. Di PUBG semuanya dibuat senyata mungkin mirip dengan aslinya.

Baca Juga :

Perbandingan Grafis

Masalah grafis, PUBG memang lebih unggul dibandingkan dengan free fire. Karena memang free fire bukanlah game berat dengan grafis berkualitas tinggi. Memori yang kamu harus miliki untuk mendapatkan grafis yang baik dari PUBG ialah 3 GB, sementara untuk Free Fire (FF) kamu hanya membutuhkan 600 Mb saja.

Perbandingan Fitur Pendukung

Ketika kamu bermain PUBG, maka kamu akan tertarik dengan banyak hal salah satunya ialah kerjasama antara PUBG dengan Resident Evil. Selain itu outfit dari PUBG disesuaikan dengan musim yang saat ini tengah berlangsung. Jika kamu bermain Free Fire (FF) maka kamu akan dapat menikmati fitur karakter FF dan pet yang membuat permainan kamu lebih menyenangkan.

Perbandingan Jumlah Game Mode

Free Fire memiliki jumlah game mode yang lebih sedikit dibandingkan dengan PUBG, dimna game FF hanya memiliki 7 Game Mode, sementara PUBG memiliki 8 game mode. Mode permainan yang kamu pilih tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda beda bagi kamu nantinya.

Perbandingan Slogan Menang

booyah vs chicken dinner

Ketika kamu berhasil memainkan permainan, maka akan muncul tulisan Winner Winner Chicken Dinner pada permainan PUBG. Sementara pada game Free Fire (FF), kamu akan mendapatkan tulisan Booyah. Jadi kamu bisa membedakan mana pemain PUBG ataupun Free Fire dari slogan yang mereka gunakan selama permainan. Asal jangan sampai tertukar saja ya.

Spesifikasi Free Fire vs PUBG

Free Fire (FF)

  • OS: Android 4.0 Ice Cream
  • RAM: 1 GB
  • STORAGE: 600 MB

PUBG Mobile

  • OS: Android 5.1.1
  • RAM: 2 GB
  • STORAGE: 3 GB

Itulah beberapa perbandingan antara dua game online terbaik bergenre battle royale paling populer, Free Fire (FF) vs PUBG. Jika kamu menginginkan permainan dengan kualitas grafis yang baik dan menyukai gameplay yang lebih menantang kamu bisa memilih untuk memainkan  PUBG, tentu memori yang dibutuhkan lebih banyak.

Namun, jika kamu tidak terlalu memikirkan grafis dan membutuhkan game yang seru namun dengan memori yang rendah, maka Free Fire (FF) adalah permainan yang tepat untuk kamu. Setelah membaca rangkuman perbandingan Free Fire (FF) vs PUBG Mobile di atas, kesimpulan kalian sekarang mana yang lebih bagus?

Untuk Kamu sesama rakyat jelata, jangan lupa baca juga mengenai PUBG Mobile Lite vs Free Fire yah! Dan untuk Kamu sesama sesama pemain PUBG, jangan lupa baca juga mengenai PUBG Mobile Lite vs PUBG Mobile! Nantikan terus kabar terbaru dan terupdate seputar permainan esports dan gadget kesayanganmu hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...