inagloss
8 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

8 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

Dari sekian banyak aplikasi pesan singkat mungkin WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh miliaran pengguna smartphone di seluruh dunia. WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi paling popular di Indonesia. Tapi apakah Kamu tahu jika ada fitur tersembunyi WhatsApp yang jarang orang tahu, yang mungkin bagi kebanyakan orang masih menjadi sebuah rahasia?

Karena konsepnya yang mudah dan praktis membuat banyak pengguna betah berlama-lama memakai aplikasi ini. Apakah Anda salah satunya? Yuk buat pengalaman chatting Kamu lebih seru dengan 8 fitur Tersembunyi dan rahasia WhatsApp yang jarang diketahui berikut ini.

Baca Juga :

Menyembunyikan ‘Last Seen’

whatsapp_android_last_seen

Ada masanya ketika kita sedang tidak ingin membalas pesan apapun dari WhatsApp seseorang. Tetapi karena adanya Setting privasi pada WhatsApp yang memudahkan pengguna lain untuk melihat kapan terakhir kali kita menggunakan WhatsApp.

Namun, bila Anda merasa terganggu, fitur tersembunyi Whatsapp ini memungkinkan Anda bisa menonaktifkan fitur Last Seen dengan cara buka Setting > Account > Privacy , kemudian pilih fitur Last Seen yang ada di Sub menu privacy. Terakhir pilih Nobody agar tidak ada orang lain yang dapat melihat informasi di WhatsApp Anda.

Menyembunyikan Tanda Pesan

fitur tersembunyi whatsapp-read-receipts

Tanda blue tick atau centang biru di sisi pesan menandakan kalau pesan yang masuk sudah dibaca oleh penerimanya. Tetapi, karena alasan tertentu ada beberapa pengguna yang tidak ingin kalau pengguna lain tahu jika pesan tersebut sudah dibaca. Dan ternyata fitur Whatsapp yang tersembunyi ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah hal tersebut.

Loading…

Caranya buka menu Settings > Accounts > Privacy lalu scroll ke bawah hingga menemukan tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang tersebut untuk menon-aktifkannya, sayangnya trick ini tidak bisa digunakan di WhatsApp Web guys.

Kirim Teks Bervariasi

whatsapp-bold-italics-strikethrough

Baca Juga :

Fitur tersembunyi Whatsapp berikutnya yaitu Anda juga bisa mengubah bentuk huruf dari pesan yang akan dikirim. Anda dapat mengubahnya dengan melakukan formatting text atau customize huruf, seperti cetak tebal, miring dan teks yang dicoret. Karena WhatsApp tidak menyediakan menu ataupun tombol tersebut, jadi dibutuhkan trik-trik tertentu supaya dapat mengubah teks pesan tersebut.

Contohnya, jika ingin membuat cetak tebal, gunakan tanda bintang (*) diantara kata yang diinginkan. Jika ingin membuatnya jadi miring, gunakan tanda underscore (_), dan jika ingin membuat teks di pesan WhatsApp memiliki coretan, gunakan tanda tilde (~) diantara kata yang diinginkan.

Menandai Pesan Masuk

WhatsApp-starred-messages

Banyaknya percakapan dan group di WhatsApp, membuat kita seringkali lupa dimana persisnya letak pesan-pesan penting dalam percakapan. Agar tidak lupa dan berakhir pada hilangnya pesan, Anda bisa memberikan ‘tanda bintang’ pada pesan tersebut.

Caranya, cukup dengan menyentuh pesan tersebut lalu tahan beberapa detik kemudian akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp yang ada disamping “Delete”. Bila ingin melihat pesan tersebut, anda cukup menyentuh menu tiga titik disudut kanan atas, selanjutnya pilih “Starred Messages”. Fitur tersembunyi Whatsapp yang satu ini sepertinya akan sangat berguna yah.

Backup Data Otomatis

Whatsapp-google-drive-backup

Untuk mengantisipasi data WhatsApp hilang dikarenakan berbagai hal, Anda bisa menggunakan fitur backup secara otomatis. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, masuklah ke menu Setting, carilah tab yang bertuliskan Chat dan Chat Backup. Ada pengaturan yang dapat menyimpan data percakapan ke Google Drive didalamnya. Masuk dengan akun Gmail, lalu anda dapat mengatur aplikasi agar secara otomatis melakukan backup dengan pilihan waktu tertentu yang dikehendaki.

Menjawab Pesan ‘Tenggelam’

fitur tersembunyi whatsapp_quotes_replies

Seringkali karena terlalu banyak chattingan di grup, membuat Anda terkadang sering lupa harus jawab yang mana dulu. Caranya, cukup menekan lama pesan itu, WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon, salah satunya yang ada di paling kiri, ikon dengan gambar “panah”. Terakhir, cukup tekan sekali, maka WhatsApp secara otomatis akan mengutip pesan yang ingin dijawab (dikomentari).

Matikan ‘Download’ Otomatis

fitur tersembunyi WhatsApp-media-auto-download

Saat Anda berbagi foto atau media melalui WhatsApp, maka akan otomatis terunduh. Hal ini sering membuat paket kuota data dan memori internal cepat habis. Untuk meminimalisirnya, di salah satu fitur tersembunyi Whatsapp Anda dapat melakukan cara berikut yaitu masuk ke menu Setting > Data usage.

Terus didalamnya nanti ada tab “Media Auto Download” yang berisi tentang pengaturan otomatis tersebut. Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa pilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

Mention Teman di Grup

fitur tersembunyi whatsapp-mention

Sama halnya dengan aplikasi lain, misalnya Twitter, WhatsApp juga mempunyai fitur mention teman di grup chating yang tersembunyi. Dengan adanya fitur ini, pengguna yang bergabung di grup akan lebih awas saat di mention. Pasalnya fitur ini akan tetap memaksa agar sistem tetap mengeluarkan tanda notifikasi, walaupun dalam mode mute sekalipun. Fitur ini hanya bisa dipakai jika pengguna menambahkan karakter “@” di kolom percakapan. Setelahnya, sederet nama kontak yang ada di grup pun akan muncul.

Nah itu tadi fitur tersembunyi Whatsapp yang menjadi rahasia selama ini dan mungkin Kamu belum ketahui, siap untuk mencobanya? Jangan lupa untuk share artikel ini jika Kamu menyukainya. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game, anime dan gadget hanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman:
Loading...