legend-banner
3 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh, Pasti Works!

3 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh, Pasti Works!

Dapat notifikasi masuk tentang kapasitas memori smartphone yang mulai penuh adalah salah satu hal menyebalkan bagi kebanyakan orang. Terlebih lagi jika notifikasi tersebut muncul saat Anda sedang merekam video atau berfoto ria. Banyak dari pengguna smartphone Android yang tidak menyadari jika memori internal penuh bisa mengakibatkan kinerja smartphone menjadi lambat Anda pun tak lagi bisa menambah aplikasi tambahan lagi karena tidak cukup memori.

Penuhnya memori internal bisa terjadi karena smartphone sendiri terdiri dari 2 memori yaitu memori penyimpanan data (internal dan eksternal) dan memori penyimpanan data sementara. Ketika smartphone menjalankan aplikasi seperti Facebook, Instagram, BBM, main game dan sebagainya secara bersamaan, maka diperlukan memori RAM yang besar dari aplikasi yang sedang berjalan Ini juga yang membuat cache semakin banyak dan jadi salah satu penyebab smartphone Anda menjadi lambat. Berikut ada 3 cara mengatasi memori internal penuh di Android yang bisa Anda dijadikan referensi.

Baca Juga :

Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

hapus cache

Cache sebenarnya bertujuan untuk mempercepat smartphone dalam membuka aplikasi dengan menyimpan beberapa data setiap aplikasi tersebut dijalankan. Data cache sendiri berasal dari kumpulan file sampah dan bisa di hapus untuk memberikan ruang yang lebih lega pada memori internal.

Namun, data cache akan terus bertambah secara berkala dan bisa menjadi sangat besar jika dibiarkan. Maka dari itu sangat disarankan agar Anda sesekali menghapus cache, caranya pun sangat mudah Anda tinggal membuka menu Setting – Storage – lalu pilih Apps. Anda akan menemukan opsi Clear Data and Clear Cache, kemudian tekan OK dan voila semua cache di aplikasi akan terhapus.

Uninstal Aplikasi Tidak Terpakai

uninstall-app

Salah satu hal yang menyebabkan penuhnya memori di smartphone adalah banyaknya aplikasi yang terpasang dan ada beberapa yang sebenarnya tidak pernah Anda gunakan. Daripada membuat memori internal penuh, cara mengatasi yang paling afdol adalah hapus saja aplikasi – aplikasi yang memang tidak dibutuhkan untuk memberi space lebih di memori. Untuk uninstal aplikasi tersebut, Anda bisa membuka menu – Storage & USB lalu Apps terakhir pilih aplikasi yang ingin di hapus (uninstall) kemudian klik OK. Bisa juga dihapus dari Play Store.

Loading…

Back-up Data ke Tempat Lain

data backup

Penyimpanan foto dan video dalam jumlah besar di smartphone menjadi salah satu penyebab terbesar yang membuat memori penyimpanan internal menjadi penuh. Jika Anda tidak tega untuk menghapus beberapa foto dan video walaupun memori internal penuh, cara mengatasi nya adalah dengan memindahkan data-data tersebut ke dalam penyimpanan memori eksternal (MicroSD atau harddisk eksternal) Anda juga bisa memindahkan file foto dan video ke tempat penyimpanan berbasis cloud. Untuk smartphone Android sendiri sudah disediakan layanan cloud khusus untuk foto dan video adalah Google Photos.

Baca Juga :

Sekarang ini banyak produsen Smartphone yang sudah menambahkan beberapa sistem operasi yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan hampir semua data ke dalam penyimpanan Micro SD sebagai tempat penyimpanan utama. Selain itu, ada baiknya juga untuk memindahkan data ke tempat penyimpanan lain secara berkala dan bisa mem-backup nya ke laptop atau menyimpannya di Google Drive yang menyediakan kapasitas data secara gratis hingga 15GB. Hal ini juga dapat menjaga data Anda agar tidak hilang akibat sesuatu yang tidak diinginkan.

Jadi jangan bingung lagi ketika dapat notifikasi jika memori internal sudah hampir penuh. Lakukan cara-cara diatas untuk mengatasi nya dan membuat memori lebih lega dan smartphone pun bekerja dengan prima. Ikuti terus Kabar Games untuk lebih banyak tips dan trik seputar smartphone, update berita game dan gadget terbaru dan juga review berbagai gadget yang bisa jadi referensi sebelum membeli gadget baru.

Bagikan untuk teman:
Loading...