Layanan Google Drive Dihentikan untuk PC dan Mac

Layanan Google Drive Dihentikan untuk PC dan Mac

Pada tanggal 6 September 2017, Google membuat pengumuman penting bahwa layanan Google Drive dihentikan untuk PC dan Mac. Pengumuman ini lantas membuat terkejut banyak orang kala itu. Di Indonesia, berita ini sendiri baru sampai dan membuat terkejut banyak orang pada 8, dan 9 September 2017.

Aplikasi Google Drive Pensiun

Layanan Google Drive Dihentikan

Layanan Google Drive dihentikan untuk PC dan Mac memang benar adanya. Namun, dihentikannya layanan ini tidak serta merta menjadikan produk cloud storage Google hilang. Produk ini tetap ada, dan yang diberhentikan adalah aplikasinya.

Google Drive ketika diakses melalui web browser masih tetap bisa, meskipun nantinya akan berubah nama. Jadi data Anda sekalian tetap aman, sehingga tidak usah panik karenanya. Aplikasinya sendiri tidak akan mendapatkan support dari Google per tanggal 11 Desember 2017, dan akan dipensiunkan per 12 Maret 2018 dengan notifikasi yang akan diberikan kepada pengguna per Oktober 2017.

Google Drive Digantikan Backup and Sync

Ketika sudah tidak dapat digunakan lagi, para pengguna Google Drive diberikan pilihan untuk menggunakan salah satu dari dua aplikasi terbaru Google, yakni Backup and Sync, dan Drive File Stream. Pengguna tidak dapat menggunakan keduanya bersamaan, dan harus memilih salah satu. Jika sudah menggunakan salah satunya, kemudian pengguna berusaha menggunakan aplikasi yang lainnya, maka Google akan memberikan notifikasi untuk menghapus aplikasi yang terakhir digunakan.

Backup and Sync

Google Backup and Sync

Backup and Sync sendiri sejatinya sudah ada dari beberapa bulan lalu dan mempunyai fungsi yang sama persis dengan Google Drive yang ditambahkan dengan fungsi Photo Uploaders. Dengan Backup and Sync, Anda tetap akan dapat menggunakan fitur Google Drive seperti penggunaan offline dan juga sinkronisasi gawai dengan tambahan fitur upload foto yang menawarkan unlimited storage apabila menggunakan pilihan kompres file. Jika menginginkan kualitas foto sebenarnya, maka pengguna diharuskan membayar biaya ekstra.

Drive File Stream

Google Drive File Stream

Drive File Stream yang tersedia per 26 September 2017 juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Google Drive. Jika Backup and Sync dibedakan dari Google Drive oleh fungsi Photo Uploaders, maka Drive File Stream dibedakan dari Google Drive oleh fungsi file streaming. Jadi pengguna bisa streaming file dari cloud storage Google tanpa harus menyimpan file yang dimiliki secara lokal di komputer. Backup and Sync sendiri sama dengan Google Drive untuk urusan keharusan menempatkan copy file dalam lingkup lokal, dan kemudian backup file ke layanan cloud storage Google. Jadi dengan menggunakan Drive File Stream, Anda seperti mempunyai tambahan hard drive di komputer Anda, sedangkan Backup and Sync tidak.

Demikian lah berita teknologi aplikasi terbaru yang datang dari Google tentang layanan Google Drive dihentikan. Selengkapnya untuk pengumuman mengenai Google Drive, dapat dilihat melalui tautan ini. Jangan lupa untuk sebarkan, dan komentar bila informasi ini berguna, dan nantikan terus kabar terbaru lainnya tentang games, dan gadget hanya di Kabargames.id, portal berita games dan gadget kesayangan Anda!

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!

%d bloggers like this: