legend-banner
Dragon Ball Z Kakarot: Gameplay, Review & Spesifikasi PC

Dragon Ball Z Kakarot: Gameplay, Review & Spesifikasi PC

Pengembang CyberConnect2 dan publisher Bandai Namco Entertainment akhirnya merilis game Dragon Ball Z Kakarot pada tanggal 17 Januari 2020 yang memiliki gameplay open world. Perilisan game open world RPG ini diperuntukkan untuk wilayah Jepang dan seluruh dunia di platform PS4, Xbox, dan PC melalui Steam.

Game ini dibuat dengan mesin Unreal Engine 4, bergenre RPG, dengan mode single player dan harganya dibanderol sebesar Rp. 499.000. Nah buat Kamu yang penasaran dengan trailer, gameplay, review dan Spesifikasi PC game Dragon Ball Z Kakarot, langsung saja simak di bawah ini yah ulasannya.

Baca Juga :

Gameplay Dragon Ball Z Kakarot

Vegeta vs Cell DBZ Kakarot

DBZ: Kakarot diplot di sebuah wilayah yang berbentuk semi open world yang di dalamnya dibubuhi dengan elemen RPG. Game yang masih masuk ke dalam genre petualangan ini mengikuti plot serial anime Dragon Ball Z dengan karakter protagonis utama Son Goku. Karakter lainnya yang dapat dimainkan dalam game ini adalah Gohan (muda, remaja, dewasa), Vegeta, Piccolo, Trunks masa depan, Gotenks, dan Vegito.

Game Dragon Ball Z Kakarot terbagi atas individual hubs yang akan terkunci sampai pemain mencapai poin tertentu dalam cerita, yang akhirnya membuat wilayah baru terbuka untuk dijelajahi. Di dalam game ini, terbang menjadi aspek besar dalam gameplay karena menjadi cara bepergian utama menjelajahi dunia. Namun, berlari dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan mengendarai kendaraan serta awan kinton bisa menjadi pilihan juga.

Bertarung di dalam game Steam ini merupakan kombinasi dari beberapa pukulan, tendangan, menghindar, dan ledakan energi ki yang dikeluarkan dengan gerakan spesial serta kombo. Di luar pertarungan, para pemain dibebaskan menjelajah ke berbagai lokasi yang berbeda, mengumpulkan mineral, dan juga sejumlah ikan. Pada awal permainan, Goku sebagai karakter yang dimainkan tidak disertakan gerakan terkuatnya. Gerakan ini harus dibuka melalui pohon skill dan kemajuan dalam cerita permainan.

Untuk meningkatkan karakter, terdapat empat cara, yakni dengan bertarung, menemukan ki-orbs, makan, dan membuat komunitas. Menghubungkan karakter dengan pemimpin komunitas dari tipe yang berbeda dapat memaksimalkan experience yang didapatkan. Orbs dapat ditemukan melalui eksplorasi, dan berguna sebagai mata uang dalam meningkatkan pohon skill. Makanan berguna dalam meningkatkan status karakter secara permanen. Dengan bertarung dalam pertempuran, poin experience akan didapatkan.

Loading…

Di game ini terdapat misi sampingan selain yang utama. Misi sampingan tidak harus diselesaikan, tetapi kisah di dalamnya menyambung dengan cerita misi utama. Menyelesaikan misi sampingan akan mendapatkan poin experience dan tambahan barang jarahan.  Selain misi sampingan, ada juga kegiatan memancing.

Kegiatan memancing ini merupakan mini game yang disediakan developer game CyberConnect2 yang hanya dapat dimainkan dengan cara menekan tombol yang dibutuhkan pada momen yang tepat. Memancing dengan karakter Goku, tidak menggunakan alat pancing, melainkan buntutnya.

Baca Juga :

Total jam untuk menyelesaikan permainan yang dihitung berdasarkan penyelesaian semua kisah misi utama dan beberapa misi sampingan diperkirakan memakan waktu sampai dengan 30 jam. Namun, jika ingin menyelesaikan semua misi di game Dragon Ball Z Kakarot ini tanpa terkecuali, maka akan memakan waktu lebih dari 100 jam.

Spesifikasi PC Dragon Ball Z Kakarot

Promosi Dragon Ball Z Kakarot

Oleh karena DBZ: Kakarot diluncurkan di platform PC melalui Steam Store, maka terdapat informasi spesifikasi PC yang dirilis pengembang. Ada pun spesifikasi PC yang diumumkan adalah minimum dan rekomendasi, seperti yang dijelaskan di bawah ini dengan lebih detail.

Spesifikasi Minimum PC

  • Sistem operasi Windows 7 SP1 64-bit.
  • RAM PC sebesar 4 GB.
  • Kartu grafis Radeon HD 7950 atau GeForce GTX 750 Ti.
  • DirectX versi 11.
  • Tempat penyimpanan sebesar 36 GB.

Spesifikasi Rekomendasi PC

  • Sistem operasi Windows 10 64-bit.
  • Prosessor AMD Ryzen 3 1200 atau Intel Core i5-3470.
  • RAM sebesar 8 GB.
  • Kartu Grafis Radeon R9 280X atau GeForce GTX 960.
  • DirectX versi 11.
  • Tempat penyimpanan file sebanyak 40 GB.

Review Dragon Ball Z Kakarot

Dragon Ball Z Kakarot Kame Ha Meha

Tutorial dibuat menarik melalui pertarungan Goku melawan Piccolo. Dari pertarungan tersebut, para pemain mendapatkan banyak informasi mengenai pertarungan dalam game yang cenderung tidak kompleks. Para pemain diperkenalkan dengan serangan jarak dekat, ledakan ki, dan serangan super untuk menghasilkan kerusakan pada musuh. Opsi bertahan pun diperkenalkan pada tutorial, yakni menahan, serangan menghilang, dan serangan rentetan yang bersifat area yang mampu memukul mundur lawan. Ki dapat ditumpuk yang berfungsi sebagai energi dari serangan spesial.

Pendekatan visual cell-shading disematkan pada game untuk menangkap tampilan anime Dragon Ball seperti yang diharapkan para pemain. Konsep dunia open-world yang ditawarkan dalam game ini memang belum memuaskan, meskipun masih ada banyak tempat yang bisa dijelajahi.

Penyebab konsep open world belum memuaskan karena begitu banyaknya loading screen yang mengganggu, dan tempat yang harusnya dijelajahi tidak memikat pemain. Suara efek ikonik disertakan dalam game ini untuk memberikan pengalaman familiar kepada para penggemar Dragon Ball. Game ini memiliki animasi gerak yang tidak sebaik dan semulus Dragon Ball FighterZ. Selain itu, terdapat masalah lain, yakni pada UI yang muncul pada saat pemain akan menjalankan misi sampingan.

Scene ikonik DBZ: Kakarot membosankan karena menawarkan yang sudah ditawarkan pada seri-seri Dragon Ball yang lain. Sistem pertarungan cukup seru untuk dinikmati karena dikemas dengan super cepat, dan berisikan serangan ledakan ki yang cepat dan intens. Sistem RPG di dalamnya unik dengan sistem kategorisasi skill berbasis level kedekatan dengan NPC yang berhasil direkrut. Tidak perlu grinding meski RPG, karena experience bisa didapatkan melalui bertarung, misi utama, dan misi sampingan.

Patch DBZ: Kakarot

Pembaruan terakhir dari game Dragon Ball Z Kakarot saat dirilis adalah patch 1.02. Perubahan terjadi pada peningkatan konten agar para pemain mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Ada pun detail dari perubahan, disebutkan, dan dijelaskan, di bawah ini!

Patch 1.02

  • Perbaikan waktu loading.
  • Buat perjalanan secara langsung ke Puncak Korin Tower, dan Capsule Corporation dari peta dunia jadi bisa.
  • Menambahkan cerita sampingan.
  • Menyesuaikan tarif masuk dari waktu serangan.
  • Beberapa penyesuaian lainnya.

Catatan Patch

Perbaikan, dan penyesuaian konten dalam permainan sangat terasa daripada versi sebelumnya, seperti perbaikan waktu loading, dan juga penyesuaian waktu serangan. Sedangkan penambahan konten berupa cerita sampingan terasa menyegarkan permainan. Hanya saja, terdapat satu kendala, yakni besaran ukuran update permainan Dragon Ball Z Kakarot. Untuk PS4, mengunduh update ini memakan tempat penyimpanan sebesar 11 GB. Sedangkan untuk pengguna Xbox One harus menyediakan tempat sebesar 38.44 GB.

Trailer Dragon Ball Z Kakarot

Pada intinya, DBZ: Kakarot adalah game yang menyenangkan, tetapi banyak potensi yang bisa membuatnya menjadi game spesial belum teroptimalkan dengan baik. Apakan kamu tertarik untuk mencoba game Dragon Ball terbaru yang rilis pada Januari 2020 ini? Untuk PC, download game bisa dilakukan via link Steam ini. Jangan lupa, nantikan terus informasi terbaru mengenai Dragon Ball, anime, dan review game lainnya hanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman:
Loading...