sukistreet
15 Fakta Vegeta “The Prince of All Saiyans” di Dragon Ball

15 Fakta Vegeta “The Prince of All Saiyans” di Dragon Ball

Vegeta adalah Pangeran bangsa Saiyan (The Prince of All Saiyans), pejuang hebat, prajurit elit ras Saiyan, dan pelopor industri meme yang tak tertandingi. Awalnya musuh Goku, keinginan Vegeta untuk melampaui Kekuatan Super Saiyan Goku mendorong serial Dragon Ball hingga hari ini. Sebagai penjahat langsung di arc Saiyan, Bezita menunjukkan kedalamannya dalam kisah Frieza dan fakta nya menjadi favorit para penggemar, sementara perkembangannya terus berlanjut setelahnya.

Seiring Goku terus mengalahkan Vegeta (akan lebih dijelaskan di bawah), Pangeran bangsa Saiyan itu mendapatkan rasa hormat dari musuh lamanya tersebut selama serial Dragon Ball Z ini berlangsung, dan keduanya sekarang mempertahankan persaingan yang sehat sebagai pelindung ganda Bumi.

Baca Juga :

Tapi ini semua adalah pengetahuan umum bagi para penggemar Dragon Ball Super ataupun Dragon Ball GT. Mengenai apa yang mungkin tidak kamu ketahui, bersiaplah untuk informasi tersembunyi tentang saudara kandung Bezita, informasi tentang behind the scenes, dan video musik yang tidak ingin kamu lewatkan. Berikut ini adalah 15 fakta tentang Vegeta “The Prince of All Saiyans” yang tidak kamu tahu sebelumnya versi Kabar Games.

Vegeta Z-Fighter Tertua di Dragon Ball

Apakah Vegeta benar-benar seorang Z-Fighter atau bukan adalah perdebatan untuk lain waktu, intinya adalah bahwa dia lebih tua dari para Z-Fighter lain, dengan hanya beberapa pengecualian. Majin Buu dan Kais telah hidup selama ribuan tahun, sementara Master Roshi berusia 300 tahun lebih tua daripada Bezita. Tapi Roshi sedikit banyak keluar dari Dragon Ball Z, dan tidak ada karakter lain yang setua “The Prince of All Saiyans” tersebut.

Vegeta berusia lima tahun ketika Goku lahir, yang membuatnya empat tahun lebih tua daripada Krillin, sementara Piccolo hanya empat tahun lebih tua dari Gohan. Yamcha, Tien, dan Bulma menjadi yang terdekat, ketiganya lahir di Zaman 733, membuat mereka hanya setahun lebih muda dari Bezita.

Karena pelatihannya di Kamar Waktu Hiperbolik, jarak antara Bezita dan yang lainnya benar-benar meningkat seiring waktu. Pada akhir kisah Buu, fakta nya Vegeta secara fisik empat tahun lebih tua daripada Z-Fighter lainnya.

Loading…

Mampu Mempertahankan Kekuatan Majin

Selain melepaskan kejahatan dalam hati seseorang, dan mengukir M yang tampak menyeramkan di dahi mereka, kekuatan Majin juga membuka potensi tersembunyi sang korban. Spopovich adalah bukti nyata akan hal ini, setelah beberapa kali kalah dari Mr. Satan karena persaingan Tenkaichi Budokai yang panjang, tetapi penampilannya berubah dan hampir membunuh Videl setelah kekuatan Majinnya dibangunkan oleh Babidi. Majin Vegeta, atau dikenal sebagai Pangeran Setan, fakta nya juga begitu.

Vegeta membiarkan Babidi mengendalikan pikirannya untuk membebaskannya dari “rasa kasih sayang” (ironisnya, pertama kali Bezita menunjukkan kasih sayang terhadap orang lain, dalam hal ini Trunks dan Bulma sebagai keluarga, adalah ketika dia berada di bawah pengaruh Babidi dengan kekuatan Majiin nya).

Baca Juga :

Pangeran Setan Vegeta lebih dari sekadar musuh setanding untuk Goku Super Saiyan 2, bahkan terkadang mendominasi pertarungan ulang mereka. Ketika Vegeta mengorbankan dirinya untuk keluarganya dan kehilangan bentuk Majin, dia dapat mempertahankan kekuatannya melalui pelatihan lanjutan.

Hasilnya mirip dengan bagaimana Goku mempertahankan kekuatan tak tertandinginya, meskipun kehilangan bentuk Super Saiyan God, sementara Gohan, yang potensinya dibuka oleh Elder Kai, tidak dapat mencapai kondisi Ultimate-nya setelah mengabaikan pelatihannya selama bertahun tahun.

Vegeta Membunuh Seluruh Pasukan Ginyu

Vegeta berhasil melawan hampir setiap anggota Pasukan Ginyu selama waktunya di Namek, itu semua berkat dorongan Zenkai dan beberapa serangan menyelinap. Dia pertama kali memenggal kepala Guldo, yang terganggu dalam melawan Gohan dan Krillin, dengan ledakan energi ke leher. Setelah Goku mengalahkan Recoome dan Burter, Vegeta membunuh Recoome dengan gelombang energi lain, dan membunuh Burter dengan menyentakkan lehernya. Dia kemudian membunuh Jeice dalam pertempuran langsung.

Meskipun Kapten Ginyu sangat kuat, namun Vegeta tidak dapat membunuhnya di Namek, karena Ginyu malah diperdaya untuk bertukar tubuh dengan katak. Katak yang sama kembali di arc Resurrection ‘F’ Dragon Ball Super, bertukar tubuh dengan Tagoma, prajurit terkuat Frieza. Ginyu kembali hanya untuk dikalahkan dengan cepat oleh Gohan, yang membiarkannya hidup. Namun ketika Bezita tiba, dia tidak terlalu lembut: ia membunuh Ginyu hanya dengan satu ledakan.

Bezita Mampu Bertahan di Ruang Angkasa

Di seluruh Dragon Ball Z, dan dalam kisah Frieza secara khusus, sangat jelas bagi kita bahwa seorang Saiyan tidak dapat bernapas dalam ruang hampa udara, tetapi Vegeta telah membantah teori ini dalam saga Saiyan. Dalam episode filler yang berjalan sangat lambat, ia dan Nappa melayang-layang di luar pod Saiyan mereka saat Bezita menghancurkan planet Arlia. Bardock juga muncul di ruang angkasa dalam flashback singkat arc Frieza. Jadi apa yang menyebabkannya?

Ternyata, seorang Saiyan tidak bisa bernapas dalam ruang angkasa, tetapi mereka bisa bertahan di ruang angkasa untuk sementara waktu. Goku bertarung melawan Beerus di stratosfer Bumi, sementara dia dan Vegeta bertahan hidup di bawah air untuk waktu yang lama. Ini dapat dikaitkan dengan kapasitas paru-paru mereka yang diperbesar, yang jauh melampaui rata-rata manusia.

Jadi fakta ini masuk akal bahwa Vegeta dapat bernafas di ruang angkasa cukup lama untuk meledakkan sebuah planet, yang sejak lama dianggap sebagai kesalahan alur, tetapi juga menjelaskan mengapa Goku tidak dapat bertahan hidup dari kehancuran planet Namek pada waktu bertarung dengan Frieza.

Tarble Termasuk Canon di Dragon Ball

Sangat wajar jika tidak tahu bahwa Bezita memiliki saudara lelaki sejak awal. Tarble (karena Vegeta ditambah Tarble menjadi Vegetable khas Toriyama) membuat satu-satunya penampilan anime di OVA Yo 2008! Son Goku and His Friends Return. Acara khusus berdurasi setengah jam ini dibuka dengan Tarble mendarat di Bumi untuk meminta bantuan kakaknya.

Sepasang kaki tangan Frieza, Abo dan Kado, sedang meneror alam semesta, dan Tarble sendiri terbukti tidak sebanding dengan mereka, meskipun ia dianggap memberi waktu yang sulit bagi duo jahat anak buah Frieza itu.

Tarble bukan seorang fighter; kurangnya kekuatan dan agresi membuat ia dibuang dari planet Vegeta pada usia muda. Ini menjelaskan mengapa dia tak hadir di DBZ, dan mengapa Vegeta begitu ambigu terhadapnya ketika mereka dipersatukan kembali, karena Tarble telah disebutkan dalam Dragon Ball Super (canon) baru-baru ini.

Dalam Battle of Gods, Bulma bertanya-tanya apakah mereka dapat memanggil Tarble, mengingat keenam Saiyan yang berhati murni diperlukan untuk melakukan transformasi Super Saiyan God. Vegeta tidak tahu di mana saudara lelakinya berada, dan Tarble belum muncul di serial utama.

Vegeta Bukan “The Prince of All Saiyans”

Jika belum jelas, Bezita senang menyebut dirinya sebagai “The Prince of All Saiyans“. Sebagai putra Raja, Bezita berada di urutan berikutnya di antara takhta Saiyan, tetapi kemudian hadirlah Frieza dan meledakkan planet Vegeta, dan tidak ada yang tersisa untuk diperintah olehnya. Namun, Raja Vegeta tidak terbunuh dalam ledakan itu, tetapi meninggal beberapa saat sebelumnya, gugur akibat satu pukulan di tangan Frieza. Ini berarti bahwa Bezita adalah Raja dari semua Saiyan selama beberapa menit.

Mengapa dia tidak menyebut dirinya sendiri seperti itu masih menjadi misteri. Gagasan bahwa dia menggambarkan dirinya sebagai Pangeran karena menghormati ayahnya, bertentangan dengan semua yang kita ketahui tentang Saiyan, karena Vegeta kemungkinan besar akan meremehkan ayahnya karena begitu mudah dikalahkan.

Bisa jadi seorang “King of All Saiyans” harus secara resmi dilantik, dan sepertinya Vegeta hanya menjunjung tinggi tradisi rasnya. Yang kita tahu dengan pasti adalah fakta bahwa Vegeta secara mengejutkan tidak pernah sama sekali menggunakan kesempatan untuk menyebut dirinya sendiri sebagai seorang Raja.

Komedian Jepang Meniru Vegeta

Dragon Ball Z memiliki penggemar di seluruh dunia, tetapi tidak ada yang lebih baik daripada Jepang sendiri. Serial ini begitu mengakar dalam budaya pop Jepang di mana bahkan komedian negara itu telah berhasil mencari nafkah dari keberhasilan Dragon Ball. Trend ini dimulai oleh R Fujimoto, yang terkenal oleh video musik berjudul “Battleful Days”.

Bintang-bintang dari video ini dikenal sebagai Komedian Dragon Ball. Kelompok ini dimulai ketika R Fujimoto mengenakan baju besi Saiyan dan naik ke panggung sebagai Vegeta, menyamar sebagai “The Prince of All Saiyans” dan mengesankan para penggemar Bola Naga dengan materi dan keahliannya.

Sejak itu, para komedian berpakaian seperti Frieza, Cell, Piccolo, serta Yamcha, dan grup tersebut secara teratur berkumpul, dipimpin oleh Fujimoto, untuk mengadakan pertunjukan komedi secara live yang terus diikuti di Jepang hingga hari ini.

Bezita Tidak Tahu tentang Rambutnya

Vegeta sendiri mengatakan, “rambut Saiyan yang murni tidak berubah sejak hari ia dilahirkan,” menyusul tahun-tahunnya di Hyperbolic Time Chamber, tetapi ini tidak sesuai dengan canon dan fakta nya. Meskipun memang benar bahwa rambut Goku tidak pernah berubah, namun Vegeta ditampilkan dengan helaian rambut yang digantung di dahinya di seri khusus TV Bardock-The Father of Goku.

Dalam seri khusus yang sama, Nappa terlihat dengan kepala penuh rambut, meskipun benar-benar botak selama saga Saiyan. Jadi, meskipun benar bahwa rambut Saiyan tidak tumbuh setelah masa kanak-kanak, namun rambutnya mampu rontok dengan sempurna. Ini umumnya terjadi jauh pada orang-orang usia lanjut usia.

Para Saiyan mempertahankan masa muda mereka untuk jangka waktu yang lebih lama, memungkinkan mereka untuk bertarung pada tingkat yang sama hingga dewasa, tetapi mulai menua dengan cepat sekitar usia 50 tahun.

Bezita Harusnya Hanya Ada di Satu Arc

Pembuat Dragon Ball Akira Toriyama memiliki hubungan yang aneh dengan Vegeta. Karakter tersebut diduga adalah salah satu yang bukan favorit Toriyama (karakter favoritnya adalah Piccolo), tetapi Toriyama merasa Bezita “sangat membantu” dalam mengembangkan alur cerita, dan terus melibatkannya. Pada awalnya Vegeta adalah penjahat di satu arc, tetapi para penggemar menuntutnya untuk kembali, dan Toriyama menurut, hanya untuk membunuhnya di saga Frieza.

Kematiannya adalah karena sedikitnya surat penggemar yang memohon agar Bezita tidak dibunuh. Toriyama berpikir bahwa dengan membunuhnya, itu akan membalikkan harapan, tetapi rumor mengatakan bahwa kematian itu dimaksudkan akan menjadi permanen. Vegeta kembali lagi ketika Dende menggunakan Bola Naga Namekian untuk mengembalikan semua orang yang Frieza bunuh, dan sekarang sepertinya Toriyama telah mengubah pikirannya sepenuhnya.

Sesaat setelah Battle of Gods dirilis, Toriyama menyatakan bahwa dia ingin Vegeta mengambil peran utama dalam film mendatang. Goku akhirnya menang dalam Ressurection ‘F’, tetapi Vegeta juga bertanggung jawab atas kekalahan Frieza.

Vegeta Super Saiyan 3?

Vegeta telah melampaui Super Saiyan 3 di hampir setiap format; ia mencapai level God dalam Ressurection ‘F’ dan Dragon Ball Super, selain itu mencapai Super Saiyan 4 di Dragon Ball GT, sementara satu-satunya penampilannya sebagai Super Saiyan 3 adalah di video game. Super Saiyan 3 Gotenks mudah dikalahkan bahkan oleh Copy Bezita di Dragon Ball Super, menjadikan transformasi kurang lebih tidak berguna, jadi mungkinkah Vegeta memilih untuk tidak menggunakan bentuk tersebut?

Dia memiliki kekuatan lebih dari cukup untuk transformasi, tetapi Bezita, yang mengetahui berapa banyak energi yang terkuras jika menggunakannya, mungkin tidak akan menggunakannya untuk Super Saiyan 3. Walau di bawah kendali Baby di GT, sangat disarankan bahwa Vegeta menjadi Super Saiyan 3, karena hibrida Tuffle/Saiyan tidak memiliki alis dan memperbesar garis alis dalam kondisi terkuat.

Teorinya adalah bahwa Bezita memang memiliki akses terhadap bentuk Super Saiyan 3, tetapi ia sangat mengetahui bagaimana menggunakannya. Mengenai mengapa itu tidak tersedia baginya di Buu saga, Goku telah berlatih di Dunia Lain, di mana bentuk itu tidak akan berpengaruh pada tubuhnya, sementara fakta nya Gotenks jauh lebih kuat daripada Vegeta pada saat itu.

Bezita Memiliki Ipar Perempuan

Ternyata Vegeta bukan satu-satunya yang menyembunyikan saudara. Bulma baru-baru ini mengejutkan suaminya (dengan asumsi bahwa pasangan tersebut benar-benar menikah, karena tidak ada pernikahan yang disebutkan dalam bentuk canon Jepang) dengan berita bahwa ia memiliki saudara perempuan.

Tights, yang tentu saja mengikuti anggota keluarga Brief lainnya yang diberi nama berdasarkan berbagai jenis pakaian dalam, adalah saudara tertua Bulma, dan dia saat ini tinggal di sebuah pulau di luar kota.

Tights adalah novelis fiksi ilmiah terkenal, mendasarkan sebagian besar karyanya pada pertemuan di luar layar dengan Jaco the Galactic Patrolman. Seperti yang dijelaskan dalam manga, keduanya pertama kali bertemu ketika Jaco menyelamatkan Tights dari sekelompok perampok, dan dia telah berbicara dengan Jaco untuk mengajaknya mengunjungi beberapa planet sejak saat itu.

Penampilan Tights di episode 29 DBS adalah yang pertama dalam live-action, dan tentu akan menarik untuk melihat bagaimana dia akan bereaksi terhadap pilihan teman adik perempuannya.

Bezita Muncul di Manga Parodi Toriyama

Nekomajin adalah seri manga parodi Toriyama, yang membintangi semua karakter favorit kamu yang ditata ulang sebagai makhluk mirip kucing. Ceritanya jelas non-canon, tetapi Z-Fighter tersebut diduga ada di dunia yang sama, di mana Vegeta menjadi satu-satunya yang benar-benar tampil. Frieza juga melakukan akting cemerlang, meminta agar Vegeta menemukan putranya Kuriza, yang telah hilang selama berbulan-bulan.

Bezita tiba di tempat kejadian ketika Kuriza bermain sepak bola dengan Saiyan yang masih hidup lainnya, Lord Onio, dan karakter utama, Neko Majin Z. Setelah Kuriza menggambarkan kekuatan luar biasa Neko Majin Z, Vegeta memanggilnya untuk bertempur, dan keduanya ternyata sebanding.

Z berubah menjadi Super Neko Majin, sementara Vegeta berubah menjadi Super Saiyan, tetapi sebelum pertempuran dapat berlanjut, Vegeta mendapat panggilan telepon penting dan harus kembali ke rumah. Kesal karena pertarungan telah ditunda, Bezita berjanji “tidak akan pernah muncul dalam parodi manga lagi”.

“Its Over 9000” adalah Kesalahan Dubbing

Hampir semua orang yang memiliki akses internet telah menemukan meme Vegeta “Lebih dari 9000!” (“It’s over 9000!”). Ungkapan tersebut berasal dari dubbing original Ocean, tetapi ternyata kalimat itu entah bagaimana mengalami kesalahan dalam proses penerjemahan. Baik dalam manga maupun anime versi Jepang, kalimat itu sebenarnya berbunyi “Ini lebih dari 8000!”

Mungkin Ocean Group menganggap “9000” lebih cocok untuk karakter animasi, atau lebih akurat menggambarkan tingkat kekuatan Goku, tetapi konsensus umum adalah bahwa dubbing itu salah menerjemahkan naskah Jepang.

Kalimat itu dengan cepat menjadi slogan budaya pop, hingga ke titik di mana Funimation senang melanjutkan kesalahan tersebut. Itu sampai ketika Dragon Ball Z Kai memperbaiki kesalahan, mengubah kalimatnya kembali pada “8000” dan membingungkan para penonton yang baru menyaksikan pertama kali.

Nama Jurus Vegeta Asli Bahasa Inggris

Teknik khas para Z-Fighter sangat dikenal oleh para penggemar DBZ, tetapi mereka yang hanya melihat dubbing bahasa Inggris mungkin tidak menyadari bahwa judul bahasa Inggris mereka hanyalah terjemahan lepas (dan kadang-kadang lucu) dari nama asli Jepang. Special Beam Cannon Picollo berasal dari nama serangan Jepang, Makankosappo, yang diterjemahkan sebagai sesuatu yang mirip dengan “Demonic Piercing Light Murder Gun“, misalnya.

Jurus Goku Spirit Bomb sebenarnya adalah Genki Dama, Destructo Disc diterjemahkan dari Kienzan, dan Tri-Beam Tien Shinhan adalah Kikoho. Kamehameha, secara kebetulan, diterjemahkan sebagai “Turtle Devastation Wave“, jadi masuk akal bahwa nama itu tetap tidak berubah dalam dubbingnya.

Jika kamu telah melihat anime Jepang, maka kamu mungkin telah memperhatikan bahwa gerakan khas Vegeta sama di kedua versi. Galick Gun, Final Flash, dan teknik Big Bang dinamai demikian di dub asli, menjadikan Bezita satu-satunya karakter yang serangannya memiliki nama bahasa Inggris. Ini karena Toriyama ingin Vegeta tampak asing, dan karena itu nama gerakannya harus sama asingnya dengan dirinya.

Goku Tidak Pernah Mengalahkan Vegeta

Persaingan Son Goku dan Vegeta adalah pusat dari Dragon Ball Z, dan pertempuran mereka dianggap sebagai momen paling berkesan dalam serial ini. Pertemuan pertama mereka berakhir dengan Goku yang dikalahkan secara komprehensif oleh Bezita. Meskipun keduanya bahkan dalam pertempuran jarak dekat, Vegeta mampu berubah menjadi bentuk Kera Besarnya dan mengalahkan Goku.

Pertandingan ulang mereka yang telah lama ditunggu-tunggu di Buu saga juga melihat Bezita keluar sebagai pemenang, kali ini setelah menipu Goku agar membiarkannya lengah dan menjatuhkannya dengan tembakan mudah (meskipun Vegeta akan memberitahu kamu bahwa dia mendominasi pertarungan bahkan sebelum itu).

Keduanya sering terlihat bertanding bersama. Walau Goku berhadapan dengan Copy Bezita di saga Universe 6 baru-baru ini, tetapi tidak pernah ada pemenang yang jelas. Sekarang di Dragon Ball Super, fakta nya Vegeta secara telak telah melampaui Goku lebih dari sekali, setelah mencapai status God sendirian.

Walaupun mungkin terasa seperti Vegeta selalu selangkah di belakang Goku (sebagian karena dia tidak berhenti mengeluh tentang hal itu), namun dia telah membuktikan secara konsisten bahwa dia lebih dari sebanding dengan ‘frenemy’-nya itu.

Nah itulah tadi fakta-fakta penting dan menarik tentang Vegeta atau Bezita “The Prince of All Saiyans” dalam serial Anime Dragon Ball. Apa ada yang terlewat? Beri tahu Kabar Games di kolom komentar ya! Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan gadget hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...