sukistreet
26 Developer Game Terbaik Android dan iOs di 2019

26 Developer Game Terbaik Android dan iOs di 2019

Dari startup hingga perusahaan lama, segmen game mobile telah berkembang pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam beberapa tahun terakhir, industri game mobile telah menjadi semakin signifikan di pasar game digital global. Saat ini, banyak developer game terbaik di platform Android & iOs yang membanjiri Google Play Store dan iTunes store dengan berbagai aplikasi game online terpopuler yang menarik.

Selain berusaha menawarkan pengalaman gaming baru kepada para penggemar setia mereka, para pengembang permainan online ini juga tidak segan untuk terus mengupdate dan memperbaiki fitur – fitur game di dalamnya. kali ini Kabar Games akan informasikan daftar 26 developer game Android serta iOs terbaik dan terbesar di dunia tahun 2019.

Baca Juga :

Supercell

Supercell, salah satu perusahaan game mobile terkemuka dan terkenal, berbasis di Helsinki, Finlandia. Didirikan pada tahun 2010, Supercell telah memiliki kurva pertumbuhan yang menakjubkan berkat game populer seperti ‘Clash of Clans’ dan ‘Hay Day’. Pada tahun 2017, perusahaan ini mencetak keuntungan sekitar $1 miliar dengan 100 juta pengguna aktif setiap bulan. Supercell saat ini bernilai $10 miliar yang sangat mengesankan.

Niantic

Sebuah perusahaan pengembang game Amerika kecil yang sebelumnya dimiliki oleh Google, Niantic telah berubah dari perusahaan yang tidak jelas menjadi perusahaan yang diperhitungkan di antara developer game mobile terbaik dalam waktu singkat. Niantic meledak dengan game augmented reality (AR) yang paling terkenal yaitu Pokémon Go.

Dengan lebih dari 100 juta download, Pokémon Go menjadi salah satu game paling populer di tahun 2016. Tahun lalu, Niantic mengumumkan bahwa penggantinya untuk Pokémon GO akan menampilkan Harry Potter yang tak tertandingi dan sangat menguntungkan.

Tencent

Tencent adalah penyedia layanan internet bernilai tambah terkemuka yang menjadi merek teknologi China pertama yang bernilai lebih dari $500 miliar. Perusahaan berusia 19 tahun itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambatnya lonjakan besar-besaran China dalam kemajuan teknologi. Gaming merupakan bagian penting dari pendapatan Tencent, di mana game yang paling terkenal adalah “Honor of Kings”.

NetEase

Sebagai salah satu developer game online terbaik dan mobile China teratas, NetEase menimbulkan persaingan yang signifikan dengan Tencent. Meskipun lebih dikenal karena distribusinya terhadap World of Warcraft dan game Blizzard lainnya di China, peran NetEase di dunia mobile gaming telah menjadi upaya yang sukses sejauh ini.

Loading…

NetEase saat ini memegang posisi nomor satu di App Store China dengan game Fantasy Westward Journey. Perusahaan ini juga berada di peringkat keempat dalam hal pendapatan global di antara perusahaan game mobile. Saat ini, NetEase juga merupakan penerbit iOS nomor dua di China.

Machine Zone

Sebagai developer game yang sedikit dikenal yang memulai dengan permainan role-playing berbasis teks beberapa tahun yang lalu, Machine Zone sekarang menjadi pemain terkemuka di industri game mobile setelah meluncurkan “Game of War: Fire Age.” Machine Zone sebelumnya dikenal sebagai Addmired dan mengubah citranya setelah mencaplok dana $8 juta dari Menlo Ventures.

Baca Juga :

Netmarble

Netmarble adalah perusahaan developer game mobile terbaik dan terbesar di Korea Selatan yang didirikan oleh Bang Jun-Hyuk (pengusaha paling terkenal). Salah satu game Netmarble berada di peringkat 5 teratas dalam grafik terlaris yang mencakup 78 negara di seluruh dunia, sehingga mendapatkan pengakuan instan di antara perusahaan-perusahaan game mobile global.

Perusahaan ini telah mencapai tonggak sejarah dengan dua game, Lineage 2 Revolution dan Marvel Contest of Champions. Menurut App Annie, Netmarble berada di peringkat No.8 berkaitan dengan penjualan dalam aplikasi global tahun lalu.

King Digital Entertainment

King Digital Entertainment, pembuat ‘Candy Crush’, adalah perusahaan hiburan interaktif terkemuka dunia yang berspesialisasi dalam game mobile. Seri Candy Crush perusahaan ini telah melampaui 2,75 miliar download sejak game pertama dalam seri ini diluncurkan di ponsel lima tahun lalu. Seri King Digital Entertainment meliputi Candy Crush, Pet Rescue, Farm Heroes, dan Bubble Witch.

EA Mobile

EA—perusahaan game video populer—memperoleh keuntungan dan kesuksesan dalam game mobile dengan EA Mobile. Game yang berhubungan dengan olahraga termasuk, FIFA 15 Ultimate Team, dan Madden NFL, EA telah melihat perubahan besar dalam jumlah bisnis yang ditransaksikan melalui perangkat seluler. EA Mobile mencapai tonggak sejarah $500 juta dalam pendapatan selama 12 bulan pada tahun 2016, dan untuk tahun berikutnya, pendapatan dari game mobile melampaui $637 juta.

Gameloft

Gameloft merupakan pengembang game mobile yang berlokasi di Paris, Perancis. Tentu saja sebagai salah satu raksasa di industri developer game Android, Gameloft telah memiliki cabang yang tersebar di seluruh dunia. Ada banyak game terkenal, baik itu untuk Android ataupun iOs, yang diproduksi oleh Gameloft. Sebut saja Minion Rush, seri game balap Asphalt, Brother in Arms, hingga Real Football.

Mixi Inc.

Game Monster Strike dari Mixi Inc. adalah game mobile yang tak terkalahkan di Jepang. Game ini sering dimasukkan ke dalam peringkat aplikasi game mobile terlaris di iOS dan Android, mendapatkan lebih dari 40 juta download, dan telah melahirkan fanbase setia.

GungHo Online Entertainment

Gungho Online Entertainment adalah developer game terbesar di Jepang, terkenal dengan aplikasi ‘Puzzle and Dragons’, kombinasi dari game pencocokan permata standar dan RPG gaya Jepang. Game yang sangat sukses ini telah didownload 47 juta kali di wilayah tersebut. Meskipun telah sangat sukses di negara asalnya, Jepang, namun kesuksesan di pasar AS lebih lambat.

Nintendo

Nintendo adalah salah satu developer game mobile paling dinamis dan salah satu yang terbaik di industri ini. Perusahaan itu pada tahun 2017 mendapatkan keuntungan besar, itu semua berkat Nintendo Switch dan pengalaman lama dalam game mobile. Dari ‘Super Mario Run’ hingga ‘Animal Crossing’ dan ‘Zelda’, Nintendo secara konsisten meluncurkan berbagai aplikasi game mobile yang pada akhirnya akan membantu mereka memberikan andil besar dalam industri ini.

Jam City

Jam City adalah yang teratas di antara banyak perusahaan game mobile berbasis di AS yang populer secara global. Didirikan pada tahun 2010, Jam City telah memperkenalkan beberapa game mobile yang telah diunduh lebih dari 800 juta kali secara kumulatif. Yang paling populer adalah ‘Panda Pop’, yang telah mengumpulkan lebih dari 100 juta download dengan 9,3 juta pengguna aktif bulanan.

Sony

Sony Interactive Entertainment membentuk perusahaan baru yang didedikasikan untuk mengembangkan game mobile, yaitu ForwardWorks Corporation. Dukungan Sony terhadap game mobile didorong oleh Nintendo yang menonjol di pasar game mobile. Tahun lalu, Sony mengungkapkan kloter pertama game mobile, termasuk game baru Wild Arms, Hot Shots Golf, dan seri Arc the Lad.

Peak Games

Peak Games—perusahaan Turki—membuat penampilan pertamanya dalam permainan kasino pada tahun 2016 dengan Bid Whist dan Gin Rummy. Sepanjang tahun 2016 dan 2017, game-game perusahaan ini termasuk ‘Toy Blast’ dan ‘Toon Blast’ yang masuk dalam top 20 App Store di Inggris dan AS.

Bagian penting dari kesuksesan Peak Games didorong oleh bagaimana perusahaan ini menjangkau pasar yang kurang terlayani dengan game yang secara spesifik berbau budaya, dan menggunakan strategi monetisasi dan keterlibatan yang kuat.

Com2uS

Sebagai developer game mobile berbasis Korea, Com2uS Corporation secara konsisten membangun reputasinya dan memenangkan penghargaan di dalam dan luar negeri. Perusahaan ini menyediakan banyak pilihan olahraga online, arcade, aksi, musik, dan game role-playing, yang dapat diakses di berbagai platform termasuk Android dan iOS. Game mobile perusahaan Com2uS termasuk Homerun Battle, Derby Days, Tiny Farm, Las Vegas Story, Witch Wars, Zombie Band, Escape the Ape, Chocohero, dan MiniGame Paradise.

NCSOFT

Setelah dua dekade berinovasi, NCSOFT yang berbasis di Korea Selatan telah menjadi salah satu perusahaan game mobile terbesar di planet ini. NCSOFT menawarkan daftar panjang hit dan serial yang sangat sukses. Game andalannya, ‘Lineage’, adalah film laris di Asia. NCSOFT juga telah menghasilkan beberapa game menarik termasuk WildStar, Guild Wars, City of Heroes, dan Aion.

Square Enix

Square Enix Holdings Co—developer video game android dan iOs di Jepang—telah menjadi pemain aktif di industri game mobile dengan pembuatan game berdasarkan genre role-playing yang populer dan game seperti ‘Final Fantasy XIV yang beberapa waktu lalu sempat booming di Indonesia.

Miniclip

Sebagai pembuat 8 Ball Pool, Agar.io, dan Football Strike, Miniclip adalah legenda di antara perusahaan game mobile. Perusahaan ini mencapai tonggak penting baru-baru ini dengan menambah satu miliar download dalam portofolio game mobile-nya. Saat ini, Miniclip memiliki hampir 200 juta pengguna aktif bulanan, dan game mobile andalannya ‘8 Ball Pool’ dan War Wings telah menjadi nomor satu teratas di UK App Store pada Januari 2017. Dengan game mobile Football Strike yang baru diluncurkan, Miniclip siap untuk kesuksesan di masa depan.

I Got Games

I Got Games (IGG) adalah perusahaan developer game android terbaik yang berbasis di Singapura yang meraih sukses luar biasa dengan game yang paling populer, ‘Castle Clash’. Castle Clash terus mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun yang kuat, menghasilkan lebih dari $120 juta per tahun.

Rovio

Dirilis pada tahun 2009 dan telah didownload lebih dari 3 miliar kali, game ‘Angry Birds’ adalah aplikasi game mobile berbayar teratas sepanjang masa. Angry Birds adalah ide dari Rovio yang berbasis di Finlandia. Setelah awal yang lambat, Rovio telah mengalami kebangkitan selama dua tahun terakhir dengan ‘Angry birds 2’.

Angry Birds 2 telah menjadi game top 50 yang konsisten setelah serangkaian pembaruan. Pada tahun 2017, perusahaan ini meluncurkan beberapa game mobile baru seperti Angry Birds Match, Angry Birds Evolution, dan Battle Bay.

Nexon

Didirikan pada tahun 2013, Nexon adalah developer dan operator game mobile yang berbasis di Los Angeles dan Oakland. Nexon terutama berfokus pada game gratis untuk bermain untuk seluler, dan memasukkan beberapa developer terkemuka dunia sebagai mitranya, termasuk Ndoors, Shiver Entertainment, Secret New Co, dan Turbo. Game Nexon yang baru-baru ini dirilis, Dynasty Warriors Unleashed, meraup enam juta download pada tahun 2017.

Pocket Gems

Pocket Gems, developer game android dan iOs yang berbasis di San Francisco dan pencipta ‘War Dragon’ yang sangat populer, tumbuh pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Produk-produknya telah didownload lebih dari 280 juta kali di seluruh dunia. Dengan dukungan dari Tencent dan Sequoia Capital, Pocket Gems membuka terobosan baru dengan genre baru hiburan seluler yang menyenangkan, game mobile yang kaya grafis dan inovasi seperti Mantis Engine.

Scopely

Scopely—studio startup game mobile yang berbasis di Los Angeles—sedang menangani pasar game mobile global dengan pendekatan yang benar-benar unik. Scopely telah membangun platform unik untuk mempromosikan dan memonetisasi game mobile, baik yang dibuat sendiri maupun oleh studio pihak ketiga. Game-gamenya termasuk Wheel of Fortune Free Play, The Walking Dead: Road to Survival, dan WWE Champions. Baru-baru ini, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan $60 juta dalam pembiayaan Seri C.

Playdemic

Didirikan pada tahun 2010, Playdemic adalah developer game android dan iOs gratis untuk bermain yang berbasis di Inggris. Game ‘Golf Cash’ yang menjadi terdepan di pasar mereka memiliki semua hal yang menentukan bagi sebuah ‘game viral’ populer, dan dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan kompetitif.

Pada bulan Juli 2017, Golf Clash dikatakan telah menghasilkan lebih dari $1 juta dalam satu hari. Keberhasilan ini membuat Playdemic diakuisisi oleh TT Games milik Warner Bros dengan maksud untuk mengembangkan proyek mobile baru.

Flaregames

Flaregames adalah developer game mobile yang tumbuh cepat yang berbasis di Jerman. Tahun 2016 adalah titik balik bagi Flaregames, berkat petualangan ‘Nonstop Knight’ dari Kopla Games (anak perusahaan Flaregames). Dikatakan bahwa game itu sendiri melipattigakan pendapatan sang developer, dan laba yang signifikan mengubah arus kas perusahaan menjadi positif.

Nah itulah tadi beberapa daftar developer game terbaik dan terbesar untuk platform mobile di Android dan iOs tahun 2019 ini. Semoga cerita dari masing masing CEO para pengembang game mobile tersebut dapat menginspirasi Kamu semua yah! Nantikan terus berita terbaru dan terupdate tentang game dan gadget kesayanganmu hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...