6 Tips Memilih Smartphone Hp Gaming Berkualitas

6 Tips Memilih Smartphone Hp Gaming Berkualitas

Smartphone tak hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi, namun dengan segala fitur yang dimiliki, main game di smartphone pun sudah menjadi favorit banyak orang. Namun tak semua smartphone bisa dipakai untuk bermain game, apalagi game-game berat seperti game RPG yang membutuhkan spesifikasi tinggi dari smartphone itu sendiri, tips atau cara untuk memilih smartphone hp gaming terbaik pun bermacam – macam.

Nah, bagi Anda yang suka main game dan ingin beli smartphone baru untuk gaming, perhatikan dulu 6 Tips Memilih Smartphone hp untuk Gaming ya!

Baca Juga :

Perhatikan Pemilihan Chipset atau Prosesor

Chipset Atau Prosesor?

Chipset atau System on Chip merupakan komponen penting saat memilih smartphone gaming terbaik. Hal ini karena chipset merupakan otak dalam smartphone yang membuat pengalaman bermain game lebih maksimal. Di dalam chipset terdapat beberapa komponen berbeda yang bertugas untuk pemrosesan data, yaitu prosesor, GPU, modem dan sebagainya.

Banyak orang yang masih bingung apakah chipset dan prosesor adalah hal yang sama. Jawabannya adalah tidak! Prosesor memiliki jenis single-core, dual-core, quad-core, hexa-core, octa-core dan deca-dore. Sedangkan chipset misalnya Qualcomm Snapdragon maupun MediaTek. Untuk smartphone gaming, ada baiknya pilih smartphone dengan prosesor quad-core atau versi lebih tingginya untuk mendapatkan pengalaman main game yang nyaman dan smooth.

Pilih Chipset Terbaik

Tips Memilih Smartphone Gaming - Pilih Chipset Terbaik

Sebelum memutuskan membeli sebuah smartphone yang akan Anda khususkan untuk bermain game, ada baiknya lihat dulu chipset yang dimiliki smartphone tersebut. Hal ini karena chipset menentukan ngebut tidaknya performa smartphone. Namun biasanya semakin baru dan tinggi versi chipset yang dibenamkan di smartphone, maka semakin mahal pula harganya.

Loading…

Jika Anda punya budget yang lumayan besar untuk beli smartphone gaming baru, beli smartphone dengan chipset sekelas Snapdragon 820 / 821 tentu bisa jadi pilihan. Namun jika Anda memiliki budget yang lumayan strict, Anda bisa membeli smartphone dengan model chipset generasi yang lebih tua, namun masih ngebut jika dipakai untuk main game. Misalnya seri Snapdragon 800 (800, 801, 805, 808, 810, 820, 821 dan 835), seri Snapdragon 600 (600, 610, 615, 616, 617, 650 dan 650) dan seri Snapdragon 400 (400, 410, 412, 415, 425, 430 dan 435).

Jika Anda gamer sejati namun tidak ada budget untuk beli smartphone flagship brand terkenal, Anda bisa beli smartphone paling tidak dengan chipset Snapdragon 810 atau Snapdragon 808. Bisa juga dipakai dengan beli smartphone flagship tahun lalu yang pasti harganya sudah lebih murah. Sementara itu untuk smartphone gaming murah kelas menengah bisa dicari minimal dengan chipset Snapdragon 615 / 625 agar gaming tetap lancar.

Baca Juga :

Perhatikan Jumlah Core di Prosesor

Jumlah Core di Prosesor

Jumlah core di prosesor smartphone juga harus jadi bahan pertimbangan sebelum beli smartphone baru. Meski demikian, tidak ada jaminan jika core tingkat tinggi juga akan hasilkan performa kelas dewa, namun core memiliki pengaruh pada kecepatan smartphone saat dioperasikan. Ada baiknya Anda banyak membaca review smartphone yang Anda inginkan agar tahu bagaimana performanya jika dipakai untuk bermain game.

Perhatikan Jumlah RAM dan Memori Internal

Jumlah RAM dan Memori Internal

RAM dan memori internal memiliki hubungan yang penting dalam hal penyimpanan smartphone. RAM jadi wadah penyimpanan sementara saat Anda bermain game, sementara memori internal akan menyimpan data game secara permanen. Untuk kenyamanan saat bermain game, beli lah smartphone dengan RAM minimal 2 GB dan untuk memori internal paling tidak minimal 16 GB dan idealnya 32 GB.

Perhatikan Ukuran Layar Smartphone

Ukuran Layar Smartphone

Karena visual menjadi salah satu faktor penting saat bermain game, maka besar kecilnya layar smartphone juga perlu diperhatikan untuk dapatkan pengalaman bermain game yang maksimal. Jika Anda punya budget terbatas, pilihlah smartphone minimal dengan layar HD namun layar SUPER AMOLED sangat dianjurkan karena mampu menampilkan gambar dan visual tingkat tinggi.

Perhatikan Kapasitas Baterai

Tips Memilih Smartphone Gaming - Kapasitas Baterai

Pemilihan smartphone dengan baterai berkapasitas besar patut jadi pertimbangan saat beli smartphone untuk gaming. Minimal dibekali baterai 3000 mAH dan akan jauh lebih baik jika dilengkapi dengan fitur fast charging.

Itulah tadi 6 Tips Memilih Smartphone hp Untuk Gaming karena bermain game di smartphone membutuhkan dapur pacu yang mumpuni RAM dan memori internal yang lega serta resolusi layar dan baterai yang mumpuni. Ikuti terus Kabar Games untuk berita games dan gadget terbaru, berbagai turnamen game nasional dan internasional serta tips dan trik untuk smartphone Anda.

Bagikan untuk teman:
Loading...