7 Chipset Terbaik Untuk Smartphone Gaming di 2019

7 Chipset Terbaik Untuk Smartphone Gaming di 2019

Saat membeli smartphone, selain kemampuan kameranya Anda juga harus memperhatikan chipset yang dipakai di smartphone tersebut. Terlebih lagi bagi Anda yang kecanduan bermain game mobile, Chipset memegang peranan penting dalam menjalankan game-game online karena chipset merupakan otak dalam smartphone yang membuat pengalaman bermain game lebih maksimal. Chipset juga menjadi salah satu tolok ukur terbaik apakah smartphone tersebut bisa ngebut saat dipakai bermain game atau tidak.

Berikut ini ada 7 chipset terbaik yang sering digunakan untuk smartphone gaming yang harus Anda tahu sebelum memutuskan ingin membeli smartphone gaming baru.

Baca Juga :

1. Snapdragon

chipset terbaik Snapdragon

Snapdragon merupakan chipset yang paling banyak ditemukan di perangkat smartphone saat ini,baik untuk smartphone kelas entry level maupun flagship. Snapdragon merupakan produk keluaran Qualcomm yang diklaim memiliki keunggulan dalam segi performa, konsumsi daya, dukungan grafis dan koneksi jaringan 4G. Chipset terbaru dari Snapdragon adalah Snapdragon 835 dengan octa-core yang diklaim mampu memainkan game HD tanpa lag.

Beberapa merk smartphone yang menggunakan Snapdragon 835 antara lain Google Pixel 2, LG V30, Samsung Galaxy Note 8 dan Sony Experia XZ. Sementara untuk varian Snapdragon lainnya bisa ditemukan di perangkat Xiaomi, HTC, Oppo, Motorola dan juga Asus.

Baca Juga :

2. MediaTek

chipset terbaik Mediatek

MediaTek atau biasa disingkat MTK merupakan chipset yang juga banyak dipakai di perangkat smartphone saat ini, terutama keluaran Asia. Meski tergolong murah karena menargetkan pasar smartphone menengah, namun bukan berarti prosesor Mediatek memiliki kualitas buruk. Salah satu chipset terbaik MTK saat ini adalah Helio Series-X dan Series-P yang sudah dilengkapi dengan processor 10 inti core 64 bit up to 2.2 GHz dan GPU Mai 450 yang mengutamakan grafis dan performa.

Meski baterai lebih boros namun mampu memberikan pengalaman gaming yang baik karena didukung grafis yang mumpuni. Beberapa merk smartphone yang menggunakan MediaTek antara lain Sony varian Xperia, HTC varian Desire, Lenovo, Xiaomi, Alcatel, Oppo, Acer, Meizu, bahkan Flagship LG G3 Stylus juga menggunakan chipset ini.

3. Exynos

Exynos

Tidak hanya dikenal sebagai penyedia smartphone, Samsung juga memiliki divisi pengembangan System On Chip (SoC) yang diberi nama Exynos. Chipset Exynos ini diklaim mampu menjalankan game-game HD tanpa lag sedikitpun. Chipset ini memiliki keunggulan di grafis dan juga konsumsi daya sehingga cocok untuk smartphone gaming. Terlebih lagi chipset ini disandingkan dengan GPU Mali yang merupakan salah satu GPU terbaik.

Meski dibuat Samsung, namun chipset ini juga bisa ditemukan di smartphone keluaran Meizu dan Lenovo. Samsung varian galaxy A7, j3, j5, dan j7 serta Galaxy S8, S8+, dan Samsung Galaxy note 8 juga sudah dilengkapi dengan Exynos series terbaru.

4. Nvidia Tegra

Nvidia Tegra

Tak mau ketinggalan, Nvidia yang dikenal sebagai produsen kartu grafis PC dan laptop gaming murah ternyata juga memiliki chipset untuk smartphone; Nvidia Tegra. Chipset keluaran Nvidia ini dikenal sebagai pencetus penggunaan quad core di lini smartphone dimana chipset lain masih menggunakan dual core. Chipset terbaru dari Tegra adalah Nvidia Tegra X1 yang sudah quad Core dan memakai Cortex A57.

Chipset ini dikhususkan buat pecinta game yang tahan berlama-lama bermain game HD. Kekurangan chipset ini adalah terlalu banyak mengkonsumsi daya. Meski demikian, banyak brand smartphone yang tetap menggunakan chipset ini, seperti HTC One, Xiaomi Mi Pad, Asus Nexus, NVIDIA Shield, Samsung Galaxy Tab, Motorola, Sony Tablet dan Microsoft Surface.

5. Intel

Intel

Tak hanya membuat chipset untuk PC atau Laptop, Intel juga memiliki chipset untuk smartphone yang diklaim tidak boros baterai dan minim overheat yaitu Intel Atom X3 (soFIA). Salah satu keunggulan chipset ini yaitu kemampuan prosessor dual core yang diklaim hampir sama dengan quad core. Beberapa merk smartphone yang mencoba chipset intel ini antara lain Asus Zenfone, Dell Venue, Lenovo, Acer Iconia, Samsung Galaxy Tab, Motorola dan Axioo Picophone i1.

6. OMAP

OMAP

OMAP (Open Media Application Platform) adalah chipset yang dikembangkan oleh Texas Instrument. Meskipun tidak begitu terkenal, namun OMAP sudah memiliki 5 versi yang diklaim lebih baik dari versi chipset lain yang pernah mereka buat. Chipset OMAP sendiri lebih banyak digunakan di Amerika Serikat. Beberapa vendor smartphone ternama yang pernah menggunakan chipset ini yaitu Samsung Galaxy Nexus, Blackberry Q10, Lenovo, LG Optimus, Motorola Droid, Amazon Kindle dan Huawei Ascend.

7. PXA

PXA

PXA merupakan jenis chipset yang diproduksi oleh perusahaan bernama Marvell. Meskipun jarang terdengar, tapi sebenarnya chipset ini sudah memiliki 8 versi, salah satunya adalah PXA1918 yang sudah menggunakan 32 bit dan 64 bit. Chipset ini jarang dipakai untuk smartphone di Indonesia, namun bukan berarti tidak ada yang memakai chipset ini. Jajaran smartphone yang pernah menggunakan chipset PXA adalah HP Slate Voicetab Series, Samsung Galaxy Tab, Motorola Moto, HTC Advantage X7510 dan smartphone keluaran Coolpad.

Bagikan untuk teman: