12 Alasan Kenapa Mobile Legends Booming di Indonesia

12 Alasan Kenapa Mobile Legends Booming di Indonesia

Tahun 2017 adalah tahun kemenangan bagi Arena of Valor bila dihitung dari besaran pemain games mobile yang mengunduh games MOBA tersebut. Namun, besaran unduhan tersebut belum mampu mengalahkan jumlah pemain yang memainkan games mobile MOBA peringkat pertama di Indonesia, Mobile Legends. Ada banyak faktor yang menyebabkan para gamers mobile enggan berpindah dari Mobile Legends meskipun sering diterpa isu miring dan munculnya kompetitor baru semacam AOV. Beberapa alasan mengenai booming Mobile Legends diantaranya, dijelaskan di sini. Kabargames merangkum 12 alasan kenapa Mobile Legends booming di Indonesia. Penjelasan, seperti di bawah ini!

Fleksibel Dimainkan di Mana Saja

Mobile Legends Fleksibel

Baca Juga :

Mobile Legends yang notabene adalah games mobile punya sifat yang fleksibel alias bisa dimainkan di mana dan kapan pun. Ini menjadi salah satu keuntungan tersendiri dari games mobile MOBA yang akhirnya mampu menyingkirkan kepopuleran games MOBA yang legendaris, seperti DOTA 2. Bahkan, banyak pemain DOTA 2 yang beralih ke Mobile Legends, alih-alih sebaliknya.

Bukan Game Pay to Win

Mobile Legends Bukan Pay to Win

Di Indonesia bisa booming Mobile Legends karena tak memakai sistem Pay To Win (yang membayar yang menang). Item mall seperti skin tak terlalu berpengaruh banyak terhadap jalannya pertandingan. Malahan, sekarang hanya dibuat sebagai pemanis hero saja.

Baca Juga :

Dapat Dimainkan Bersama Teman

Mabar Mobile Legends

Ada fitur multiplayer online dalam Mobile Legends. Ini adalah fitur yang diharuskan ada pada setiap game online, karena kebanyakan dari mereka yang bermain games online ingin bermain bersama dengan temannya.

Cukup Mudah Dimainkan

Tutorial Mobile Legends

Games MLBB cukup mudah dimainkan karena cara bermainnya simpel dan di dalamnya dilengkapi dengan banyak tutorial untuk beradaptasi dengan permainan. Bahkan, saat ini, tutorial pun disediakan oleh Moonton di luar games yang mana bisa diakses via Google Assistant.

Kontroller Game Mudah

Analog Mobile Legends

Mekanisme kontrol yang mudah ada dalam games MLBB. Karena kemudahannya, games ini menjadi sangat disukai oleh para gamers kasual. Salah satu kemudahannya dikarenakan keberadaan kontrol analog yang akhirnya menjadi ciri khasnya.

Grafik Lumayan Bagus

Grafik Bagus MLBB

Kebanyakan pemain sangat menyukai grafik games yang lumayan bagus. Games MOBA MLBB memenuhi syarat grafik yang lumayan bagus. Di dalam games ini, karakter, maps, item, dan efek skill yang dikeluarkan membuat mata kita menjadi terpuaskan.

Dapat Dimainkan di Smartphone Low End

Smartphone Low End Mobile Legends

Mobile Legends mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan games mobile genre sejenis. Ukuran data awalnya mencapai 500MB, yang bertambah besar seiring update. Namun, meski begitu, tak terlalu berpengaruh terhadap smartphone low end, karena masih sanggup dimainkan di sana.

Sistem Permainan Lumayan Adil

Sistem Permainan Adil Mobile Legends

Sistem game yang adil dimiliki oleh Mobile Legends. Di sini tak ada hero yang overpower yang mampu membunuh 5 hero lawan sendirian sekaligus. Perlu bantuan rekan setim untuk dapat membuat penta kill dalam permainan.

Ada Hero Unik dari Pelbagai Negara

Hero Lokal Mobile Legends

Moonton selaku pengembang MLBB tau cara yang tepat untuk menarik hati para pemain dan calon pemainnya.  Demi mendapatkan loyalitas pemain lama dan dilirik oleh pemain potensial, maka perusahaan games asal China ini membuat karakter yang terinspirasi dari tokoh yang ada pada negara yang memainkan games Mobile tersebut, seperti GatotKaca dari Indonesia, dan Hang Tuah dari Malaysia.

Memiliki Hero Yang Sulit Dimainkan

Fanny Mobile Legends

Memang memainkan Mobile Legends itu mudah, tetapi ada karakter tertentu yang dibuat sulit yang sangat cocok untuk tipe pemain games mobile yang menyukai tantangan. Contohnya seperti Fanny yang sulit dikuasai.

Memiliki Gameplay Unik

Gameplay Fanny Mobile Legends

Tak dipungkiri, di dalam Mobile Legends ada gameplay hero yang unik sekaligus menyenangkan untuk dimainkan, seperti Fanny. Ke depannya, Moonton akan banyak membuat hero seperti Fanny karena sesuai dengan fokus utama perusahaan yang mengedepankan user experience dari segi gameplay.

Strategi Marketing dari User untuk User

Share MLBB ke FB

Moonton membiarkan usernya berbagi sebebas-bebasnya tentang MLBB via sosial media. Share permainan via Facebook dipermudah yang membuat seorang pemain dapat membanggakan aktivitas bermain Mobile Legends kepada teman-temannya.

Selain itu, livestreaming dan record gameplay dibuat mudah, sehingga pemainnya mampu membagikan gameplaynya via YouTube dan lain-lain. Belum lagi informasi terbaru games via sosial media dan website resmi MLBB sengaja dibuat lebih lama daripada para Youtuber, dan influencer Mobile Legends, sehingga simbiosis mutualisme didapatkan pihak Moonton dengan promosi gratisnya, dan konten kreator MLBB bisa mendapatkan keuntungan via konten monetisasi mereka.

Itulah beberapa daftar alasan kenapa Mobile Legends booming di Indonesia. Nantikan konten Mobile Legends Indonesia lainnya ya!

Bagikan untuk teman: