sukistreet
10 Tips Main Dota 2 untuk Pemula Jadi Pro Player

10 Tips Main Dota 2 untuk Pemula Jadi Pro Player

Ingin bermain Dota 2 tanpa dicap sebagai newbie yang hanya akan membebani team? Atau Kamu telah sering bermain namun masih tidak bermain dengan baik juga? Artikel ini akan membantu Kamu untuk mempelajari cara dan tips bermain Dota 2 yang sangat ampuh untuk pemula seperti Kamu, iya Kamu!

Dota 2 merupakan game yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di Dunia. Dota 2 mempunyai banyak variabel yang sanggup memilih kemenangan team kamu. Salah satu hal yang sederhana tapi sering terlupakan yaitu kolaborasi dalam team. Berikut ini beberapa tips ampuh cara bermain Dota 2 untuk pemula yang bisa kamu terapkan agar lebih cepat menguasai game MOBA terbaik ini. Buat kamu yang newbie alias pemain baru, simak baik-baik ya.

Baca Juga :

Berlatih Bersama Bot

Berlatih bersama bot

Ketika Kamu baru belajar bermain atau istilahnya pemula, tips yang pertama yaitu Kamu disarankan untuk bermain melawan bot terlebih dahulu di game Dota 2. Dengan begini, Kamu akan belajar tentang dasar-dasar permainan dan membiasakan diri dengan kontrol di dalam permainan tersebut, sehingga ketika Kamu bermain bersama teman, Kamu tidak akan menjadi beban di dalam tim. Pilih tab “Play” di bagian atas dan pilih “Practice with bots” untuk memulai sebuah permainan latihan melawan bot.

Mulailah belajar dengan bermain bersama bot terlebih dahulu. Orang-orang yang Kamu temui dalam permainan tidak akan ramah jika Kamu membebani team dalam permainan. Cara lain untuk bermain dengan bot adalah dengan bergabung dengan Co-op bot match. Tipe permainan ini adalah di mana Kamu bisa bermain setim dengan teman Kamu atau teman random dan melawan tim bot.

Berlatih Bersama Teman

Berlatih bersama teman

Pilihan lain jika bosan berlatih dengan Bot Kamu bisa berlatih bersama teman. Yang perlu di ingat adalah, menyusahkan teman-teman Kamu dan mencemooh mereka dengan kata-kata kasar tidak akan membuat teman team Kamu ramah terhadap Kamu. Buatlah sebuah lobby pada menu play dan berikan kata sandi untuk tidak membiarkan orang asing masuk ketika Kamu hanya ingin bermain dengan teman saja atau Kamu bisa membiarkannya terbuka agar Kamu dapat bermain melawan orang-orang asing yang Kamu temui.

Loading…

Gunakan Hero Termudah

Tips Bermain Dota 2 Untuk Pemula

Bagi seorang pemula, pemilihan Hero menjadi hal yang krusial. Terdapat 113 pilihan Hero yang bisa kamu gunakan di game Dota 2. Semua Hero tersebut pun memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Selain itu, Hero-Hero tersebut juga memiliki tingkat kesulitan dan pemakaian yang berbeda. Jangan ketinggalan untuk mengetahui role hero di Dota 2 yang juga penting untuk Kamu ketahui.

Baca Juga :

Salah satu hero yang paling mudah digunakan adalah Sniper, kamu bisa mencoba untuk memainkan Hero Sniper terlebih dahulu jika memang kamu masih tidak terbiasa dengan hero lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Alasannya, Hero Dota 2 ini memiliki jangkauan serangan paling jauh di Dota 2 serta mudah di kontrol. Sniper juga memiliki jurus Assasinate dengan damage besar, memungkinkan untuk membunuh Hero lawan dari kejauhan. Cara bermain Dota 2 menggunakan karakter ini pun bakal cukup aman untuk pemula.

Lupakan Auto Attack

Auto Attack Dota 2

Istilah auto-attack berkaitan dengan last hit, yang merupakan prosedur terpenting bagi kamu dalam menguasai Dota 2. Mengapa kebiasaan ini harus kamu tinggalkan? Karena auto-attack hanya akan mempersulit kamu untuk mendapatkan last hit sebanyak mungkin. Alasan kedua, auto-attack akan mendorong creep maju ke tower musuh, yang mengakibatkan hero kamu berada dalam posisi yang berbahaya, karena hero musuh lebih mudah membokong hero kamu yang sudah terlalu maju dari batas aman.

Biasakan Melihat Mini Map

Mini map dota 2

Mini map yang terletak di ujung kiri bawah itu bukanlah tanpa fungsi. Dari peta kecil itu kita sanggup melihat dan mengira-ngira posisi dari hero musuh. Saat tidak ada icon hero musuh yang terlihat di mini map, sebaiknya kamu mundur ke titik aman. Mengapa? Karena hal tersebut sanggup jadi menunjukan jikalau tim musuh sedang melaksanakan mobilisasi untuk membokong hero kamu.

Selalu Bawa Town Portal

Town Portal dota 2

Apapun hero yang kau mainkan, sebaiknya selalu bawa item Town Portal Scroll, alasannya fungsi dari item seharga 50 gold itu yaitu melaksanakan teleportasi. Mengapa item ini penting? Karena item ini sanggup jadi penyelamat di ketika kamu dikejar oleh hero musuh. Sedikit masukan perihal cara memakai Town Portal Scroll ketika dikejar-kejar musuh: carilah lokasi yang kondusif sebelum melakukan teleport.

Di sisi lain, Town Portal Scroll juga sanggup menjadi penyelamat nyawa rekan seteam kamu. Saat rekan seteam tengah di-gank oleh musuh, kamu sanggup segera melakukan teleport ke building/structure terdekatnya dan menyelamatkannya dari maut. Singkat cerita, sebaiknya sisakan 1 slot item untuk membawa Town Portal Scroll.

Jangan Beli Sepatu di Awal

Boots of Speed

Boots of Speed, sebuah item yang harganya 400 gold. Item ini mempunyai kegunaan menambah 45 movement speed. Para newbie Dota 2 biasanya eksklusif membeli item ini di awal permainan. Kabar Games sarankan sebaiknya janganlah eksklusif membeli item ini, karena gold awal kamu jauh lebih baik dibelikan item yang lebih kuat di awal permainan menyerupai Tango, Healing Salve, Faerie Fire, Clarity, Magic Stick, Iron Branch, Stout Shield, Quelling Blade, dan masih banyak lagi. Setelah mempunyai 400 gold dari hasil farming, Boots of Speed sanggup dijadikan salah satu opsi untuk item pertama yang dibeli untuk hero kamu.

Sesuaikan Pengaturan

tips bermain Dota 2 untuk pemula

Jangan lupa untuk menyesuaikan pengaturan dengan benar sebelum Kamu memulai sebuah permainan. Pengaturan yang tepat akan mempertemukan Kamu dengan orang-orang yang tepat.

  • Pengaturan Server

    • Pengaturan paling penting adalah pengaturan lokasi server (regional). Lebih disarankan untuk memilih regional yang dekat (contoh: Kamu di Indonesia dan memilih lokasi server Asia Tenggara) agar Kamu tidak merasakan lag dalam permainan. Pemain yang memilih lokasi server yang jauh dari tempat mereka tinggal biasanya akan merasakan lag dalam permainan (contoh: Kamu di Indonesia dan memilih permainan dengan lokasi server Amerika Serikat).
  • Pengaturan Bahasa

    • Kamu juga harus memperhatikan pengaturan bahasa yang Kamu gunakan, karena menggunakan bahasa asing akan mempersulit Kamu dalam mengerti istilah-istilah di dalam permainan. Hal ini tentu menjadi kunci penting dalam proses mempelajari cara bermain Dota 2.

Pastikan bahwa koneksi internet Kamu cukup kuat dan stabil agar tidak terjadi lag di game (permainan berjalan tersendat-sendat). Ingatlah, meskipun Kamu hebat dalam memainkan permainan sejenis Dota 2, lag akan membuat Kamu bermain seperti pemula.

Kenali Jenis Rune

jenis jenis rune dota 2

Rune yang ada di dalam permainan Dota sangatlah membantu progress tim kamu. Pada awal permainan, akan muncul empat rune ‘Bounty’ yang akan memberikan gold ekstra bagi hero yang mengambilnya. Jika kamu bermain di midlane, mengontrol rune merupakan sebuah kewajiban. Bagi yang berada di lane lainnya, sanggup membantu mengingatkan pemain midlane atau sanggup juga mengambilnya sendiri sebelum diambil oleh hero musuh. Dan inilah jenis – jenis rune di Dota 2:

  • Bounty Rune

    • Bounty Rune pada awal pertandingan (menit nol) memberikan gold sebesar 100. Selanjutnya, gold yang diberikan adalah sebesar 50 gold dan memberikan experience sama besarnya. Seiring berjalannya waktu, jumlah gold dan experience yang bisa kamu dapatkan terus bertambah. Bounty Rune bertambah dua gold dan lima experience setiap menitnya. Sejak patch 7.00, Bounty Rune berpindah tempat. Bounty Rune kini berada di posisi strategis di dekat hutan safelane dan offlane masing-masing tim. Empat Bounty Rune ini harus dimaksimalkan masing-masing tim, jangan sepelekan Bounty Rune!
  • Haste Rune

    • Rune ini akan memberikan movement speed maksimal (550) selama 22 detik, yang dapat membuatmu bisa mengejar ataupun lari dari musuh-musuh kamu! Haste adalah salah satu rune terkuat di Dota 2. Tetapi, bukan berarti Haste tidak memiliki kelemahan, apa kelemahannya? Purge! Haste dapat dihilangkan oleh hero yang membawa Diffusal Blade atau skill yang memiliki Purge seperti ultimate Shadow Demon, Tornado Invoker, ultimate Doom, dan Fortune End milik Oracle.
  • Double Damage Rune

    • Ini dia power up andalan para hero hitter, apalagi kalau bukan Double Damage! Rune berwarna biru ini memang rune yang dapat mengubah arah pertandingan. Memiliki Double Damage membuatmu mendapatkan bonus damage sebesar 100 persen untuk durasi 45 detik. Double damage selalu berguna, baik pada early maupun late game. Pada early game dapat membantu kamu melakukan last hit dan menyiksa musuh, sedangkan pada late game dapat dipakai untuk membunuh musuh! Apakah Double Damage membuat damage hero kita menjadi dua kali lipat? Sebenarnya, tidak juga. Double damage hanya memberikan bonus dua kali lipat dari base damage (attribute). Double damage tidak melipatgandakan damage yang berasal dari item misalnya Desolator, Monkey King Bar, dan Daedalus.
  • Arcane Rune

    • Rune paling baru di Dota 2 adalah Arcane. Ketika hero kamu memiliki Arcane, skill kamu akan berkurang cool down-nya sebesar 30 persen. Kamu juga hanya membutuhkan mana sebesar 50 persen dari total mana yang dibutuhkan ketika menggunakan suatu skill. Arcane adalah rune yang sangat kuat bagi hero yang mengandalkan skill ultimate panjang seperti Ravage Tidehunter, Blackhole Enigma, dan Sonic Wave Queen of Pain. Arcane rune juga dapat kamu stack dengan Octarine Core, sehingga skill kamu memiliki cooldown yang sangat cepat! Arcane rune memiliki durasi selama 50 detik, maka manfaatkan sebaik-baiknya!
  • Invisibility Rune

    • Saatnya menghilang! Tidak harus menjadi Riki atau Bounty Hunter untuk bisa menghilang. Invisibility rune membuat kamu dapat menghilang dalam seketika! Invisibility rune sangat kuat, apalagi jika musuhmu tidak memiliki Sentry Ward atau Gem of True Sight. Invisibility memiliki durasi selama 45 detik. Gunakan durasi ini sebaik-baiknya dan manfaatkan kemampuan kamu untuk menghilang dengan melakukan scout terhadap musuh. Buat musuh kamu terkejut!
  • Regeneration Rune

    • Darah kamu sekarat? Mana kamu habis? Shrine masih cooldown? Tenang saja, mungkin kamu sedang beruntung dan menemukan rune berwarna hijau! Regeneration memberikan kamu regenerasi sebesar 100 HP dan 67 mana setiap detiknya. Total HP dan mana yang bisa kamu dapatkan adalah 3000 HP dan 2010 mana. Regeneration akan menghilang ketika kamu terkena damage. Manfaatkan rune ini sebaik-baiknya dengan menggunakan manamu ketika dalam efek regenerasi. Hero seperti Storm Spirit dan Tinker sangat terbantu ketika memiliki rune ini, karena kamu dapat terus melempar skill tanpa takut kehabisan mana!
  • Illusion Rune

    • Seperti namanya, Illusion rune membuat bayangan dari hero kamu. Dua bayangan yang dibuat oleh rune ini memberikan damage sebesar 35 persen, namun menerima damage sebesar 200 persen (melee) atau 300 persen (range). Kalau kamu menganggap Illusion adalah rune terlemah, mungkin kamu saja yang belum tahu cara memakainya! Kekuatan utama Illusion rune adalah untuk melakukan bait, buat musuh kamu mengira bayangan adalah hero yang asli! Kamu juga dapat melakukan stacking camp dengan rune ini atau bahkan membantu push.

Setiap menit genap, di sungai bagian bawah atau atas akan muncul juga aneka macam rune, di mana semua macam rune tersebut sanggup dijadikan alat bantu untuk membunuh hero musuh.

Bermain Bersama Orang Asing

tips bermain Dota 2 untuk pemula

Ketika Kamu mulai mengerti tentang dasar-dasar permainan, Kamu dapat bermain melawan orang asing. Jika Kamu tidak keberatan ketika cara bermain, jenis kelamin dan segala hal yang ada pada diri Anda diejek orang, atau jika Kamu senang menyiksa orang asing di dalam permainan, maka Kamu dapat memilih untuk bermain bersama orang asing. Pilih “Play a Match” atau “Play a Team Match” (jika Kamu memiliki team sendiri).

Nah itu tadi rangkuman tips bermain Dota 2 untuk pemula agar menjadi pro player. Tips di atas jauh dari lengkap untuk membuat Kamu mahir bermain Dota 2, namun cukup menjadi perhatian jika Kamu memang benar-benar pemula dalam permainan ini. Sering bermain, mencari informasi sampai dengan menonton pertandingan di YouTube adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan level bermain Kamu.

Bagikan untuk teman:
Loading...