legend-banner
Penipuan WhatsApp Gold Marak Lagi di Group WA, Awas Hoax!

Penipuan WhatsApp Gold Marak Lagi di Group WA, Awas Hoax!

Bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi WA di Android/iOs maupun WhatsApp Web, berhati hatilah karena belum lama ini muncul penipuan dan hoax yang memberikan penawaran WhatsApp Gold. Dalam “promosinya” modus ini memberikan janji fitur tersembunyi WA yang hanya bisa digunakan oleh segelintir orang saja, yaitu para orang kaya, influencer terkenal dan selebritis. Jebakan ini digunakan supaya banyak orang yang berminat menggunakannya.

Sebenarnya ini adalah modus lama yang sudah pernah terjadi sekitar 2 tahun yang lalu, dimana ada pemberitahuan mengenai versi khusus aplikasi WA. Namun hoax WA Gold ini kembali muncul dengan memanfaatkan isu WhatsApp berbayar yang akan diberlakukan oleh Facebook. Padahal link yang diberikan oleh pesan berantai itu cukup berbahaya untuk handphone kamu.

Baca Juga :

Pesan Penipuan WhatsApp Gold

penipuan whatsapp gold

Sejak WhatsApp hadir pada tahun 2014 silam sudah cukup banyak terjadi kasus penipuan atau scammer seperti ini, selain WA ada juga hoax mengenai Martinelli dan Dance of the Pope. Ada banyak versi mengenai pesan penipuan WhatsApp Gold ini, namun yang paling banyak ditemukan adalah pesan yang seperti ini.

“Hey, akhirnya WhatsApp versi emas yang rahasia telah keluar. Versi ini hanya digunakan oleh selebriti ternama. Sekarang kita juga bisa gunakan,”

Pesan ini biasanya bervariasi namun dengan maksud yang sama yaitu supaya kamu mendownload melalui link yang disertakan dalam pesan tersebut. Namun kamu harus sangat berhati hati karena link yang diberikan bukanlah link resmi dari Play Store, App Store ataupun link resmi dari WhatsApp.

Cek Fakta WA Gold Hoax atau Bukan

hoax alert

Link yang menyertai pesan penipuan tersebut apabila kamu klik akan sangat berbahaya, karena kamu bukannya mendownload aplikasi WhatsApp Gold, tapi kamu malah akan menginstall malware yang berbahaya di handphone kamu. Salah satu malware berbahaya yang siap mengintai adalah Covidlock, dimana malware termasuk dalam rumpun mobile ransomware dan akan mengenkripsi atau mengunci handphone kamu. Peringatan mengenai malware ini juga sudah ada dalam website resmi BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara)

Loading…

Melalui halaman FAQ atau pusat bantuan yang bisa kamu temukan di website resmi https://www.whatsapp.com/ sudah jelas tertera kalau WhatsApp hanya memiliki dua produk resmi yaitu WA yang sekarang kamu gunakan dan WhatsApp Business yang bisa di download secara resmi melalui Play Store ataupun App Store. Selain kedua aplikasi tersebut maka sudah dipastikan kalau itu adalah penipuan.

Selalu Waspada Berita Hoax

Demikian fakta penting mengenai penipuan WhatsApp Gold yang kembali marak menjadi bahan hoax di group WA akhir akhir ini. Apabila kamu mendapatkan berbagai pesan yang menjanjikan adanya fitur spesial dan meminta kamu untuk mengklik link yang diberikan maka sebaiknya hapus dan abaikan saja pesan tersebut. Ini adalah cara yang paling mudah mengantisipasi penipuan ini.

Baca Juga :

Selain itu di saat sekarang ini kamu harus mewaspadai bahaya lainnya yaitu HOAX yang tersebar amat sangat masif di Indonesia. Tidak hanya mengenai WA Gold ini saja, masih ada sangat banyak info menyesatkan yang beredar di berbagai WhatsApp Group (WAG) seperti video bayi yang sedang viral dan menyuruhmu untuk memakan telur di tengah malam.

WhatsApp Group (WAG) adalah medan pertempuranmu sekarang untuk meluruskan informasi sesat. Kamu harus sangat waspada terkait berbagai hoax. Kabar Games juga sudah pernah mengulas mengenai ciri ciri berita hoax dan cara cerdas untuk mengatasinya yang bisa kamu jadikan senjata kamu dalam berperang melawan hoax.

Bagikan untuk teman:
Loading...