Jelang Perilisan iPhone 8, Samsung Ungkap Akan Rilis Smartphone Lipat

Jelang Perilisan iPhone 8, Samsung Ungkap Akan Rilis Smartphone Lipat

Beberapa jam sebelum perilisan resmi iPhone 8, Samsung kembali mencuri perhatian saat CEO Samsung Dongjin Koh melakukan konferensi pers di Korea Selatan tentang rekor pre-order Galaxy Note 8 di Korea Selatan dan juga kemungkinan Samsung merilis smartphone lipat dalam waktu dekat.

Banyak yang berspekulasi jika Samsung berusaha merebut perhatian dunia yang saat ini tertuju pada perilisan iPhone 8 yang akan dilaksanakan salam beberapa jam kedepan. Terlebih lagi dengan berita leak soal iPhone X yang rumornya akan hadir dengan layar OLED super besar yang dibekali facial recognition.

Langkah Besar Samsung

samsung foldable samrtphone
Meski Apple telah berusaha mengejar Samsung dalam hal desain smartphone dan juga fitur untuk smartphonenya, sepertinya pabrikan smartphone asal Korea Selatan ini memiliki road map yang ambisius dalam hal teknologi.

Seperti dilansir dari laman Korea Heral, Koh mengatakan Samsung telah memiliki roadmap yang jelas untuk urusan inovasi untuk smartphone-nya di kemudian hari. Salah satu plan yang ada di dalam roadmap tersebut adalah smartphone lipat.

“Kami memiliki rencana untuk mengadaptasi display yang bisa dilipat dalam roadmap kami. Saat ini kami (Samsung) tengah mengatasi beberapa tantangan teknologi untuk benar-benar mewujudkan device yang seperti itu (smartphone lipat)” ujar Koh.

“Kami akan merilis foldable smartphone saat kami benar-benar sudah siap dalam hal teknologi maupun desain dan kami berencana akan merilis smartphone tersebut pada tahun depan” tambahnya.

Hambatan teknologi yang dimaksudkan Koh bisa jadi merujuk pada produksi massal plastic film yang fleksibel dan juga tangguh yang nantinya akan dipakai untuk layar foldable smartphone mereka. Disebut Polyimide Film, material ini dikabarkan akan diproduksi oleh supplier dari Korea yaitu Kolon Industries. Berdasarkan report yang dikutip dari laman Android Authority, Kolon Industries dikabarkan tidak bisa memproduksi massal material tersebut hingga Januari 2018. Samsung diprediksi membutuhkan dua atau tiga bulan untuk memproduksi smartphone lipat sehingga wild guess untuk launch resmi foldable smartphone dari Samsung diprediksi terjadi paling cepat pada kuartal pertama 2018.

Galaxy X

galaxy x
Samsung telah lama dirumorkan akan merilis smartphone lipat yang saat ini tentative disebut Galaxy X. Namun konfirmasi langsung dari CEO Samsung ini seakan menjawab rasa penasaran publik mengenai kemungkinan adanya foldable smartphone oleh Samsung. Bahkan, hal ini secara tidak langsung menunjukkan jika Samsung sudah menemukan ‘jawaban’ bagaimana cara memproduksi smartphone lipat.

Sebelumnya dirumorkan jika Galaxy X akan jadi seri smartphone tersendiri menyusul seri Galaxy S dan Galaxy Note. Namun Koh menyatakan bahwa smartphone lipat Samsung nantinya akan masuk dalam salah satu atau kedua seri flagship Samsung. Hal ini berarti publik akan segera bisa melihat smartphone lipat untuk seri Galaxy S maupun Galaxy Note.

Galaxy Note 8 Catat Rekor Pre-Order

Galaxy-Note-8
Selain sesumbar mengenai rencana Samsung untuk merilis smartphone lipat di tahun depan, Koh juga mengumumkan rekor pre-order Galaxy Note 8 yang melebih ekspektasi, apalagi setelah kasus meledaknya Note 7 tahun lalu. Koh menyatakan hingga hari ini (12/9/2017) ada 650.000 pre-order Note 8 di Korea Selatan sendiri dan diprediksi angka terebut akan terus naik hingga 800.000 pada 15 September 2017 saat smartphone ini dijual ke pasar. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari pre-order Galaxy Note 5.

Sementara itu pre-order Galaxy Note 8 juga telah dibuka di Indonesia. Meski demikian, Samsung Indonesia masih belum mau mengungkap berapa jumlah pasti pre-order Note 8 hingga hari ini. Namun jika melihat dari situs galaxylaunchpack.com, sudah beberapa kali paket produktivitas sold out yang mengindikasikan besarnya minat pengguna gadget di Indonesia untuk membeli smartphone ini.

Ikuti terus KabarGames untuk tahu lebih banyak soal smartphone lipat milik Samsung sekaligus berita peluncuran iPhone 8 yang akan dilakukan hari ini, Selasa (12/9/2017) pukul 10 pagi waktu Amerika atau pukul 12 malam di Indonesia (13/9/2017).

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!

%d bloggers like this: