inagloss
5 Bagian Hp yang Mudah Rusak dan Cara Merawatnya

5 Bagian Hp yang Mudah Rusak dan Cara Merawatnya

Smartphone yang kini sudah menjadi salah satu benda penting dalam kehidupan sehari-hari memang dibekali dengan berbagai teknologi untuk memudahkan pemakainya. Namun tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk smartphone. Ada banyak bagian Hp atau komponen yang terdapat di dalam smartphone yang rentan dan mudah rusak jika penggunanya tidak bisa menjaga smartphonenya dengan benar.

Dari sekian banyak komponen pembuat smartphone, ternyata ada 5 tempat yang sangat rentan, yaitu layar, sudut bingkai smartphone, colokan charger, tombol home/power/volume serta baterai. Berikut ini adalah 5 bagian smartphone atau Hp yang mudah rusak dan cara merawatnya.

Baca Juga :

Bagian Layar Smartphone

layar-smartphone

Hampir semua smartphone terbaru menggunakan full layar sentuh tanpa ada tombol fisik. Hal ini membuat layar memiliki peran penting dalam menggunakan smartphone. Layar smartphone terbuat dari kaca yang bisa pecah dan kurang responsif jika jatuh, terbentur benda keras, sering bergesekan dengan benda keras, misalnya sering diletakkan di dalam kantong celana yang ketat sehingga layar secara tidak langsung bergesekan dengan material celana dan ketumpahan air.

Cara Merawat Layar Smartphone

  • Gunakan Tempered Glass

Fungsi tempered glass adalah untuk melindungi permukaan layar smartphone dari debu dan kemungkinan tergores yang bisa membuat layar tidak responsif. Meski smartphone Kamu sudah diengkapi dengan protection, misalnya Gorilla Glass, memasang pengaman tambahan berupa tempered glass juga tidak ada salahnya bukan!

  • Gunakan Flip Cover

Jika Kamu menganggap protection yang diberi pembuat smartphone Kamu sudah oke, ada baiknya Kamu menggunakan flip cover untuk smartphone demi melindungi layar dari kemungkinan terkena benda tumpul, terbentur dan sebagainya

Sudut Bingkai Smartphone

bingkai-smartphone

Loading…

Bingkai merupakan bagian terluar smatphone yang mudah sekali tergores, tak peduli apakah smartphone Kamu memiliki body dari aluminium atau plastik. Selalu saja ada hal-hal tidak terduga oleh kita yang membuat pinggiran bingkai smartphone tergores hingga terkelupas.

Cara Merawat Sudut Bingkai Hp

  • Gunakan Bumper Case

Bumper Case disini adalah bumper case yang terbuat dari material yang kuat sehingga selain melindungi sisi bingkai smartphone dari goresan, tetapi juga menjaga keadaan hp jika tanpa sengaja tiba tiba terjatuh, misalnya.

Baca Juga :

  • Gunakan Jelly Case

Jelly Case juga bisa jadi opsi perlindungan bagi smartphone. Tak hanya melindungi sudut bingkai smartphone, jelly case juga akan melindungi keseluruhan bodi smartphone dari kotoran dan goresan benda tajam. Harganya pun murah dan hadir dalam banyak pilihan warna.

Bagian Colokan Charger

colokan-smartphone

Colokan charger memiliki peran vital bagi setiap smartphone sebagai sumber masuknya energi listrik ke baterai. Bagian penting smartphone ini pun bisa rusak jika Kamu terlalu sering ‘pasang – cabut’ kabel charger karena terbiasa mengisi baterai Hp lebih dari satu kali sehari. Selain itu, bagian dalam colokan ini memiliki komponen logam yang bisa berkarat dan kotor sehingga bisa mempengaruhi proses charging atau bahkan membuat Kamu tak bisa sama sekali men-charge baterai.

Cara Merawat Colokan Charger

  • Jangan memasukkan kabel charger dengan cara dipaksa
  • Jangan Gunakan Kabel Charger yang Tidak Sesuai
  • Jauhkan HP Dari Benda Cair

Karena jika ada air yang masuk ke colokan charger ini bisa mengakibatkan karat dan merusak smartphone secara keseluruhan. Terkecuali jika smartphone Kamu sudah memiliki sertifikat tahan debu dan juga air

Tombol Home, Power dan Volume

Bagian hp yang Mudah Rusak tombol-smartphone

Meski sebagian besar smartphone terdiri dari layar sentuh tanpa tombol fisik, namun masih banyak pula produk Hp yang masih memiliki tombol Home di bagian depan yang berfungsi untuk navigasi dan multitasking di smartphone. Ada juga tombol Power dan Volume di sisi smartphone. Tombol-tombol fisik ini juga rentan rusak karena tingginya frekuensi pemakaian. Tombol-tombol ini tentu sangat penting dalam mengoperasikan smartphone. Agar tak sampai rusak.

Cara Merawat Tombol Home, Power dan Volume

  • Jangan Terlalu Kuat Menekan

Setiap produsen smartphone telah membuat tombol-tombol fisik tersebut responsif terhadap tekanan, jadi biasa saja dalam mengunakan tombol-tombol tersebut agar tak sampai rusak sebelum waktunya.

  • Gunakan Jelly Case

Untuk melindungi bodi smartphone secara keseluruhan gunakan Jelly Case, termasuk tombol fisik seperti tombol Power dan Volume. Apalagi bagi Kamu yang sering meletakkan smartphone di kantong celana atau tas. Case ini berfungsi untuk meminimalisir gesekan tombol dengan benda tumpul dalam waktu yang lama agar tetap sensitif ketika digunakan

Bagian Baterai Smartphone

Bagian hp yang Mudah Rusak charge-smartphone

Tidak perlu dibahas lagi bagaimana pentingnya baterai untuk smartphone. Namun komponen ini juga sering kali rusak dikarenakan pemakaian tidak wajar maupun perilaku pengguna yang tidak baik. Misalnya saja menggunakan smartphone untuk hal berlebihan saat sedang di-charge, mengunakan charger yang tidak sama tegangannya dengan yang dibutuhkan hingga terlalu sering di-charge.

Cara Merawat Baterai Smartphone

  • Selalu Gunakan Charger Asli
  • Jangan Gunakan Smartphone Saat di-Charge
  • Matikan Smartphone Saat Charging

Nah itu tadi tips ampuh cara merawat bagian Hp yang mudah rusak, ada yang ketinggalan? Jangan lupa untuk comment yah, agar bisa Kabar Games tambahkan. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan gadget hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...