6 Cara Melacak HP Yang Hilang, PASTI KETEMU!

6 Cara Melacak HP Yang Hilang, PASTI KETEMU!

Kehilangan hp bisa jadi salah satu hal yang paling menyebalkan yang bisa dialami siapa saja. Tak hanya kehilangan data-data penting seperti foto, video dan dokumen, informasi Anda juga bisa dicuri oleh orang lain dan bisa mengakibatkan kerugian yang lebih besar. Misalnya saja sang pencuri bisa meng-hack akun sosial media Anda dan menipu teman atau kenalan Anda tanpa sepengetahuan Anda. Bisa juga tabungan dan data kartu kredit Anda dicuri.

Mencari cara menemukan hp yang hilang bisa jadi salah satu hal paling menjengkelkan. Tapi ada lho Cara melacak HP yang hilang, entah itu dicuri atau jatuh di suatu tempat dengan menggunakan Google dan aplikasi lainnya, begini caranya!

Baca Juga :

Gunakan Google Maps dan Gmail

Google Maps

Kamu bisa melacak smartphone kamu terutama ponsel pintar Android menggunakan Google Maps dengan membuka tautan google.com/android/devicemanager atau https://www.google.com/android/find kamu bisa menggunakan perangkat laptop/PC, tablet, atau smartphone android untuk membukanya. Lalu login ke akun Gmail pribadi kamu. Kemudian secara otomatis Gmail akan mensingkronkan gmail kamu dengan perangkat smartphone kamu.

Di halaman tersebut akan ada berbagai pilihan menu yang bisa kamu gunakan fiturnya, seperti fitur putar suara untuk menderingkan ponsel, memblock ponsel agar tak ada seorang pun yang bisa membuka ataupun mengotak atik smartphone kamu. Terakhir ada fitur menu untuk menghapus semua konten dan data yang kamu punya di smartphone.

Baca Juga :

Bila tidak memilih salah satu dari fitur tersebut, kamu bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan lokasi smartphone kamu. Tetapi jika ternyata GPS di smartphone Android kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-reset smartphone kamu dengan menekan tombol Erase. Sehingga smartphone akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian menyetel kembali GPS agar menyala. Kemudian, kamu bisa menemukan lokasi smartphone kamu yang hilang, dan secara otomatis sudah bisa dideteksi kembali.

Gunakan Find My Device

find my device

Cara kedua dalam melacak dan menemukan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi Find My Device yang dimana cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja pertama, hanya saja ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan ponsel kamu yang hilang. Caranya adalah:

  • Download aplikasi Find My Device dari Play Store di hape teman kamu
  • Setelah selesai di download, buka aplikasi tersebut dan login dengan akun Gmail yang terhubung dengan smartphone kamu yang hilang
  • Secara otomatis aplikasi akan menemukan lokasi keberadaan smartphone kamu

Kemudian kamu bisa memanfaatkan fitur untuk mengunci, menghapus data, dan membunyikan ponsel kamu untuk mengetahui keberadaannya dimana.

Gunakan Hidden Eye

Hidden Eye

Ini merupakan aplikasi pelacak smartphone Android, dimana yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah mampu untuk mengambil dan menangkap objek foto yang dicurigai sebagai pencuri smartphone kamu. Dimana aplikasi ini akan mengambil objek foto apabila si pencuri salah membuka kunci password yang sudah kamu atur. Selain itu, aplikasi ini mampu menyalakan alarm apabila si pencuri smartphone kamu salah memasukkan password yang sudah kamu set sebelumnya lebih dari tiga kali.

Gunakan Family Locator

Family Locator

Aplikasi ini merupakan aplikasi pelacak smartphone Android yang akan menampilkan dan mengetahui keberadaan ponsel yang dicuri atau hilang dengan menggunakan GPS kamu yang sedang aktif. Menariknya, dengan aplikasi ini, para anggota keluarga kamu juga bisa ikut melacak keberadaan ponsel kamu. Jadi, proses pencarian smartphone bisa berjalan lebih mudah. Sayangnya, aplikasi pelacak hp hilang ini belum bisa berfungsi untuk mengambil gambar dari tersangka yang mengambil ataupun mengambil gambar tepatnya berada dimana lokasi smartphone kamu.

Gunakan Find My iPhone

Cara Melacak HP Yang Hilang find my iphone

Nah, selain itu bagi kamu pengguna smartphone merk Apple kamu bisa juga menggunakan web “Find My iPhone” dimana pertama kamu harus membuka website akses https://icloud.com/find dan login ke Apple ID kamu. Kemudian setelah berhasil login dengan ID icloud, kamu akan bisa melihat langsung lokasi keberadaan iPhone kamu. Kamu bisa memilih beberapa fitur juga, diantaranya; PlaySound untuk menyalakan ringtone agar iPhone kamu berbunyi, kemudian ada fitur Lost Mode untuk mengunci iPhone kamu dengan password, dan fitur terakhir kamu bisa Erase iPhone untuk menghapus semua data kamu yang ada di iPhone yang hilang agar tidak disalahgunakan.

Gunakan Google Account

Where's My Phone

Cara terakhir melacak Hp yang hilang yaitu, buka Google search menggunakan laptop atau smartphone lain. Di kolom search, ketik ‘Where`s My Phone’. Di hasil pencarian, klik opsi paling atas “Find your phone – My Account – Google”. Hasil pencarian Google akan membawa Anda pada daftar device yang terhubung ke akun Google Anda. Pilih smartphone Anda yang hilang di opsi tersebut jika ada lebih satu device yang dihubungkan dengan akun Google. Untuk menjamin keamanan dan memastikan bahwa smartphone tersebut milik Anda, Google akan meminta password e-mail yang digunakan untuk log in.

Google memberikan opsi untuk menderingkan smartphone yang hilang dengan volume penuh selama mungkin meski kondisi smartphone dalam keadaan mute. Jika smartphone Anda di tangan orang yang tak berkepentingan, bunyi dering secara tiba-tiba akan mengagetkan orang tersebut dan bisa cepat sadar untuk mengembalikan smartphone tersebut kepada Anda. Hal ini juga praktis saat Anda lupa dimana meletakkan smartphone. Tinggal pilih opsi dering dan Anda bisa mencari dimana keberadaan smartphone dengan mengikuti suara dering.

Jika Anda tidak bisa juga menemukan smartphone dengan cara dideringkan maupun dicari melalui Google Maps, Google memberikan lima opsi lainnya yang bisa membantu Anda, yaitu:

Cara Melacak HP Yang Hilang

Kunci Ponsel

Anda bisa secara remote mengunci smartphone agar tidak bisa diotak-atik oleh orang yang tidak berkepentingan. Anda bisa membuat kata sandi untuk mengunci layar sembari mengirim pesan kepada siapa saja yang sedang memegang smartphone Anda. Secara default Google menuliskan pesan “Ponsel ini hilang. Tolong bantu mengembalikannya’ disertai dengan opsi untuk mencantumkan nomor yang bisa dihubungi penemu smartphone untuk mengembalikan smartphone Anda.

Coba Telepon Ponsel

Opsi ini memungkinkan Anda untuk menelepon ke smartphone Anda yang hilang dengan menggunakan Google Hangouts.

Keluar di Ponsel

Opsi ini akan membuat Anda keluar (sign out) secara otomatis dari email terdaftar yang terkoneksi dengan smartphone sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. Anda tetap bisa menderingkan, mencari lokasi, mengunci, dan menghapus ponsel.

Hubungi Operator

Operator mungkin dapat membantu Anda dengan menonaktifkan kartu SIM, memesan kartu SIM baru, atau mengalihkan panggilan ke nomor baru. Tindakan ini juga dapat membantu melindungi Anda dari pencurian identitas karena si penemu dapat menggunakan SMS untuk mengakses informasi, mengirim pesan atas nama Anda, atau melakukan panggilan telepon yang mahal.

Hapus Perangkat

Menghapus perangkat mencegah orang lain melihat konten. Jika Anda memilih untuk menghapus ada beberapa hal yang akan terjadi yaitu Google tidak dapat menghapus semua data di kartu memori secara menyeluruh di smartphone atau mengunci ponsel secara remote dan Anda akan kehilangan akses secara permanen ke semua info di perangkat yang baru-baru ini tidak diback-up ke Google. Jika Anda memilih opsi ini, maka perangkat smartphone akan terhapus otomatis saat smartphone online. Jika smartphone tidak online lagi, maka perangkat tidak akan dihapus.

Bagi kamu yang menggunakan hp non Android seperti iOS tetap bisa melacak smartphone kamu dimana keberadaannya dengan mudah. Di mana kamu tetap bisa melakukan cara pertama atau kedua, karena pada dasarnya smartphone iOS tetap akan meminta data email kamu pada saat pemakaiannya.

Nah itu tadi cara melacak hp yang hilang dengan menggunakan berbagai macam aplikasi. Semoga tips ini bisa membantu Anda yang lagi sedih campur galau karena kehilangan smartphone ya! Ikuti juga terus Kabar Games untuk lebih banyak tips dan trik tentang gadget, berita games dan gadget terbaru dan tak ketinggalan review berbagai gadget keren yang lagi hits saat ini.

Bagikan untuk teman: