3 Cara Melacak HP Yang Hilang [Update 2019]

3 Cara Melacak HP Yang Hilang [Update 2019]

Terkadang kamu mungkin lupa meletakkan atau menaruh ponsel pintar kamu dimana, ataupun kamu mungkin pernah mengalami kehilangan smartphone. Biasanya apabila ponsel  kamu hilang, pasti kamu akan panik karena mungkin saja di ponsel tersebut terdapat beberapa data-data penting yang belum kamu simpan atau khawatir data tersebut dapat dimiliki dan disalahgunakan oleh orang lain yang menemukan ataupun mengambil smartphone kamu. Tapi saat ini kamu tidak perlu khawatir dan panik apabila kamu lupa meletakkan smartphone kamu ataupun hilang, saat ini ponsel pintar yang kamu miliki sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan high technology. Kamu bisa melacak smartphone kamu yang hilang menggunakan fitur “Find My Device”. Fitur ini dikenalkan pertama kali oleh Google pada 2013 lalu, dimana Google telah mengenalkan fitur Device Manager, yang dimana berfungsi melacak lokasi perangkat smartphone kamu yang hilang ataupun terselip. Fitur untuk melacak perangkat telah terpasang secara default di perangkat yang berjalan dengan sistem operasi (OS) Android Kitkat ke atas. Sama juga halnya seperti perangkat Apple kamu bisa juga menggunakan fitur “Find My Iphone”.  Kita tentunya tidak ingin smartphone yang kita punya hilang, tetapi untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu harus pastikan GPS yang ada di smartphone kamu aktif dengan mode akurasi tinggi agar apabila sewaktu – waktu kamu lupa meletakkan ponsel pintar kamu, ataupun lenyap dicuri kamu bisa segera langsung menemukannya.

Nah, Bagi kamu yang ingin melacak smartphone kamu yang hilang, KabarGames akan memberikan kamu beberapa informasi bagaimana menemukan smartphone Android atau iPhone iOS kamu yang hilang. 3 cara melacak smartphone yang hilang ini mungkin bisa sedikit membantu menemukan kembali lokasi terakhir perangkat smartphone kamu dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi apapun. Caranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga :

1. Menggunakan Google Maps dan Gmail

Google Maps

Kamu bisa melacak smartphone kamu terutama ponsel pintar Android menggunakan Google Maps dengan membuka tautan google.com/android/devicemanager  atau https://www.google.com/android/find kamu bisa menggunakan perangkat laptop/PC, tablet, atau smartphone android untuk membukanya. Lalu login ke akun Gmail pribadi kamu. Kemudian secara otomatis Gmail akan mensingkronkan gmail kamu dengan perangkat smartphone kamu. Di halaman tersebut akan ada berbagai pilihan menu yang bisa kamu gunakan fiturnya, seperti fitur putar suara untuk menderingkan ponsel, menglock ponsel agar tak ada seorang pun yang bisa membuka ataupun mengotak atik smartphone kamu. Terakhir ada fitur menu untuk menghapus semua konten dan data yang kamu punya di smartphone . bila tidak memilih salah satu dari fitur tersebut, kamu bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan lokasi smartphone kamu. Tetapi jika ternyata GPS di smartphone Android kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-reset smartphone kamu dengan menekan tombol Erase. Sehingga smartphone akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian menyetel kembali GPS agar menyala. Kemudian, kamu bisa menemukan lokasi smartphone kamu yang hilang, dan secara otomatis sudah bisa dideteksi kembali.

2. Menggunakan Aplikasi Find My Device

find my device

Baca Juga :

Cara kedua dalam melacak dan menemukan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi Find My Device yang dimana cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja pertama, hanya saja ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan ponsel kamu yang hilang. Caranya adalah :

    • Download aplikasi Find My Device dari Playstore kamu
    • Setelah selesai di download, buka aplikasi tersebut dan login dengan akun Gmail yang terhubung dengan smartphone kamu yang hilang.
    • Secara otomatis aplikasi akan menemukan lokasi keberadaan smartphone kamu. Kemudian kamu bisa memanfaatkan fitur untuk mengunci, menghapus data, dan membunyikan ponsel kamu untuk mengetahui keberadaannya dimana.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sama halnya seperti cara kedua, menggunakan aplikasi pihak ketiga ini merupakan aplikasi yang hampir sama tetapi bukan berasal dari platform google seperti “Find My Device”. Kamu bisa menggunakan dan memanfaatkan aplikasi lain selain Find My Device. Aplikasi itu diantaranya adalah :

Hidden Eye

Hidden Eye

Ini merupakan aplikasi pelacak smartphone Android, dimana yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah mampu untuk mengambil dan menangkap objek foto yang dicurigai sebagai pencuri smartphone kamu. Dimana aplikasi ini akan mengambil objek foto apabila si pencuri salah membuka kunci password yang sudah kamu atur. Selain itu, aplikasi ini mampu menyalakan alarm apabila si pencuri smartphone kamu salah memasukkan password yang sudah kamu set sebelumnya lebih dari tiga kali

Family Locator

Family Locator

Aplikasi ini merupakan aplikasi pelacak smartphone Android yang akan menampilkan dan mengetahui keberadaan ponsel yang dicuri atau hilang dengan menggunakan GPS kamu yang sedang aktif. Menariknya, dengan aplikasi ini, para anggota keluarga kamu juga bisa ikut melacak keberadaan ponsel kamu. Jadi, proses pencarian smartphone bisa berjalan lebih mudah. Sayangnya, aplikasi pelacak smartphone hilang ini belum bisa berfungsi untuk mengambil gambar dari tersangka yang mengambil ataupun mengambil gambar tepatnya berada dimana lokasi smartphone kamu.

Nah, selain itu bagi kamu pengguna smartphone merk Apple kamu bisa juga menggunakan web “Find My iPhone” dimana pertama kamu harus membuka website akses https://icloud.com/find dan login ke Apple ID kamu. Kemudian setelah berhasil login dengan ID icloud, kamu akan bisa melihat langsung lokasi keberadaan iPhone kamu. Kamu bisa memilih beberapa fitur juga, diantaranya ; PlaySound untuk menyalakan ringtone agar iPhone kamu berbunyi, kemudian ada fitur Lost Mode untuk mengunci iPhone kamu dengan password, dan fitur terakhir kamu bisa Erase iPhone untuk menghapus semua data kamu yang ada di iPhone yang hilang agar tidak disalahgunakan.

find my iphone

Pada dasarnya, bagi kamu yang menggunakan hp non Android seperti iOS tetap bisa melacak smartphone kamu dimana keberadaannya dengan mudah. Di mana kamu tetap bisa melakukan cara pertama atau kedua, karena pada dasarnya smartphone iOS tetap akan meminta data email kamu pada saat pemakaiannya

Beberapa langkah diatas mungkin bisa membantu kamu menemukan smartphone kamu yang hilang. Walaupun cara melacak keberadaan smartphone sangat mudah dilakukan, jangan sampai terjadi smartphone kamu hilang. Taruhlah smartphone kamu ditempat yang aman saat berpergian, seperti di tas ataupun di kantong saku celana depan. Namun, jika suatu saat smartphone kamu lenyap karena dicuri, maka kamu bisa melakukan langkah di atas untuk menemukan ponsel kamu yang diambil sesegera mungkin. Terakhir jika memang kamu sudah menemukan lokasi smartphone kamu yang hilang karena dicuri, jangan mencoba mendapatkannya sendirian, ajaklah teman atau segera laporkan kehilangan/pencurian pada polisi. Kamu mungkin beresiko menghadapi bahaya jika mencoba mengambilnya sendiri.

Semoga bermanfaat!

Bagikan untuk teman: