8 Cara Merawat Baterai Tanam (Non Removable) di Hp

8 Cara Merawat Baterai Tanam (Non Removable) di Hp

Jika beberapa tahun lalu penggunaan baterai smartphone masih didominasi oleh baterai yang bisa dilepas, semakin kesini penggunaan non removable battery atau baterai tanam semakin banyak dilakukan oleh produsen smartphone. Ada banyak tips dan cara untuk merawat serta pertimbangan mengapa produsen membuat smartphone dengan baterai tanam (non removable), misalnya membuat smartphone memiliki ketebalan yang lebih tipis sehingga terlihat lebih keren.

Namun namanya juga baterai yang tidak bisa dilepas dan diganti sesuka hati, pengguna smartphone dengan baterai jenis ini pun harus menjaga kondisi baterai tetap baik atau akan mengeluarkan biaya yang lumayan untuk reparasi. Namun jangan khawatir. Berikut ini ada 8 tips ampuh cara merawat baterai tanam (non removable) di smartphone yang bisa jadi panduan Anda.

Baca Juga :

Gunakan Charger Asli

phonecharging

Saat membeli smartphone, Anda pasti mendapat charger asli bawaan dari smartphone tersebut. Gunakan charger asli tadi untuk men-charge smartphone Anda. Hal ini karena charger asli sudah disesuaikan oleh pabrikan smartphone agar dapat mengisi baterai dengan efektif.

Namun, jika Anda terpaksa menggunakan charger yang bukan buatan pabrik, pastikan arus yang diterima smartphone sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh smartphone dengan baterai tanam atau non removable tersebut.

Batasi Penggunaan Power Bank

powerbank

Power bank memang jadi item penyelamat baterai smartphone saat Anda beraktifitas di luar ruangan maupun saat bepergian. Namun ada baiknya untuk menggunakan power bank seperlunya saja karena seringkali daya yang dihantarkan power bank ke smartphone tidak sesuai dengan daya yang dibutuhkan baterai yang jika dilakukan terlalu sering bisa merusak baterai tanam Anda.

Loading…

Charge Baterai Sebelum 20%

phone charging

Sering membiarkan baterai smartphone sampai benar-benar habis baru di-charge merupakan kebiasaan tidak baik yang bisa mempengaruhi umur baterai tanam smartphone Anda. Ada baiknya jika baterai smartphone sudah menunjukkan 20% atau dibawahnya agar segera charge smartphone tersebut.

Baca Juga :

Hindari Over Charging

battery-charging

Meskipun banyak smartphone yang memiliki kemampuan untuk memutus daya ketika baterai sudah mencapai 100%, tetapi membiarkan smartphone tetap tercolok di charger setelah 100% juga akan membuat umur baterai tidak akan bertahan lama dan juga menjadikan hp cepat panas. Jika dilakukan dalam waktu lama, tak hanya mengurangi kemampuan baterai secara drastis, tetapi di beberapa kasus ada juga yang sampai menyebabkan baterai tanam meledak.

Jangan Gunakan HP Saat di Cas

playing-while-charging

Aturan ini juga berlaku bagi smartphone yang memiliki baterai yang bisa dilepas dan diganti. Ada baiknya Anda menahan diri untuk tidak menggunakan smartphone yang sedang di-charge kecuali ada hal urgent yang harus dilakukan. Tetap mengoperasikan smartphone saat sedang di-charge akan membuat proses charging semakin lama dan membuat baterai cepat panas yang bisa memicu kerusakan baterai tanam.

Bijak Bermain Game

main-game

Jika Anda termasuk orang yang suka bermain game mobile, disarankan untuk bijak dalam pengaturan waktu bermain game agar tidak membuat baterai smartphone tanam atau non removable mudah panas dan membuatnya cepat rusak. Bermain game tidak dilarang, namun ada baiknya jika Anda jeda sebentar saat baterai tanam sudah terasa panas atau membatasi diri hanya bermain game sekian jam.

Jangan Mengisi Baterai Setiap Hari

tips cara merawat Baterai smartphone Non Removable - charging phone

Produsen smartphone biasanya membuat baterai tanam atau Non removable memiliki kapasitas besar sehingga tahan seharian dengan pemakaian normal. Untuk menjaga umur pakai baterai, apalagi Anda tak bisa menggantinya jika rusak, ada baiknya batasi charging baterai hanya satu hari sekali.

Hidupkan Wi-fi dan GPS Seperlunya

tips cara merawat Baterai smartphone Non Removable - free-wifi

Jika tidak sedang membutuhkan koneksi internet, ada baiknya tidak mengaktifkan wi-fi. Begitu juga untuk GPS. Hal ini karena membiarkan wi-fi dan GPS tetap aktif akan membuat baterai smartphone bekerja secara terus-menerus dan jika dilakukan dalam jangka waktu lama maka kan mengurangi kemampuan baterai tanam smartphone Anda. Hidupkan wi-fi dan GPS seperlunya saja ya.

Nah itu tadi tips ampuh cara merawat smartphone dengan baterai tanam atau non removable yang dapat kamu praktekan dengan mudah. Ikuti terus Kabar Games untuk dapat tips & trik penggunaan smartphone yang lebih banyak. Selain itu ada juga update berita gadget dan games terbaru yang bisa dibaca, sekaligus review dan berbagai tutorial menarik.

Bagikan untuk teman:
Loading...