High School League 2018, Liga eSports Khusus SMA

High School League 2018, Liga eSports Khusus SMA

Setelah hiruk pikuk eSports di Asian Games 2018 selesai, beberapa hari setelahnya, dunia eSports Indonesia kembali riuh lewat pengumuman kompetisi besar lainnya yang  membuat heboh. Kali ini, gelaran eSports yang dikedepankan memiliki konsep yang unik dengan mengedepankan anak SMA sebagai pesertanya. Ada pun gelaran eSports yang dimaksud diberi tajuk High School League 2018.

Jumpa Pers High School League (HSL) 2018

Baca Juga :

Apa Itu High School League 2018?

High School League 2018 merupakan sebuah Liga eSports khusus pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mempertandingkan DotA 2 sebagai game utama dalam kompetisinya.

Selain populer di Indonesia, game MOBA tersebut dipilih karena dianggap sesuai dengan keinginan pihak penyelenggara yang ingin mengedepankan game yang mampu membuat pesertanya memiliki peningkatan daya ingat, peningkatan koordinasi, peningkatan kesehatan kognitif, mengurangi stres dan depresi, serta meningkatkan persentase pengambilan keputusan yang lebih baik.

Di dalam kompetisi tahun 2018 ini, selain game utama, terdapat status game eksibisi yang diberikan kepada Mobile Legends yang juga sedang populer di Indonesia. Tidak seperti DotA 2 yang dipertandingkan dengan format liga, game mobile ini dipertandingkan dengan format turnamen.

Baca Juga :

Penyelenggara, dan Pihak Terkait

Pihak penyelenggara dari HSL 2018 adalah Yamisok yang dibantu oleh Mooba TV dengan sponsor utama JD.ID, Lenovo Legion, dan Corsair. Penyelenggaraan liga didukung oleh warnet dengan status GeForce-Certified iCafe. Untuk partner media resmi yang digandeng adalah Kompas TV yang saat ini tengah gencar membidik kaum milenial sebagai target pasarnya melalui tayangan eSports Indonesia dan internasional.

Alasan Dibuatnya Kompetisi

Penyelenggaraan High School League 2018 (HSL 2018) dibuat untuk membuat siswa memprioritaskan kembali akademik di atas game, seperti dahulu kala. Penyelenggara ingin para siswa mempunyai nilai akademik yang baik, meski aktif bermain game.

High School League hanya diperuntukkan bagi mereka yang punya nilai akademis baik. Pada bagian pendaftaran telah ada aturan yang jelas” kata Project Leader High School League 2018, Gisma Priayudha Assyidiq “Melon” kepada media di Hotel Atlet Century, Kamis (6/9/2018).

Oleh karenanya, persyaratan utama untuk dapat mengikuti game ini adalah mempunyai nilai akademik yang baik daripada kemampuan bermain. Para siswa yang mengikuti liga ini juga harus didaftarkan dari sekolah bila ingin berlaga dalam kompetisi.

Pendaftaran, Pelaksanaan, dan Final

High School League 2018 dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober hingga 18 Nopember 2018 dengan final liga yang akan diselenggarakan pada tanggal 15-16 Desember 2018. Untuk pendaftaran sudah dimulai dari tanggal 6 September 2018, dan akan dibuka hingga tanggal 12 Oktober 2018.

Cara Mengikuti Liga

Pihak sekolah yang ingin siswanya mengikuti liga harus mendaftarkan sekolahnya secara online melalui situs ihsl.id. Pendaftaran diikuti dengan penyerahan nama siswa yang akan bertanding mewakili sekolah pada periode pendaftaran yang telah ditentukan. Pada 14 Oktober, jadwal tanding tiap sekolah akan dirilis. Pihak sekolah bisa melakukan pengecekkan via situs resmi.

Lokasi Pertandingan

Lokasi penyelenggaraan liga eSports khusus SMA ini dilakukan di 10 warnet besar yang mempunyai status GeForce-Certified iCafe. Ke-10 warnet besar yang dimaksud tersebar di 8 kota besar Indonesia, yakni: iCafe Highgrounds dan BarracX di Jakarta, iCafe Immortal di Bandung, iCafe RedFox di Bogor, iCafe Three kingdoms di Surabaya, iCafe Poseidon di Solo, iCafe Noblenation, dan Medan di Medan, iCafe Hardcore di Malang, dan iCafe GIX di Makassar. Untuk final liga, pertandingan diselenggarakan di iCafe Highgrounds, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Total Hadiah yang Disediakan

HSL 2018 menawarkan total hadiah 1,2 miliar rupiah kepada peserta DotA 2 dan juga Mobile Legends. Hadiah yang diberikan berisikan item PC, beasiswa, dan juga subsidi guru ekskul. Untuk rincian jelasnya, para peminat kompetisi eSports ini dapat melihatnya di situs ihsl.id laman info.

Keuntungan Peserta

Selain total hadiah, keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh sekolah adalah dibuatkan kurikulum eSports, dukungan lab sekolah untuk game, dan juga peningkatan branding sekolah. Sedangkan siswa, mendapatkan keuntungan lain berupa dukungan dalam bermain game, arahan, serta kesempatan untuk menjadi pemain profesional.

Rilis Media High School League 2018

Itu dia berita eSports terbaru tentang High School League 2018. Jangan lupa, cek kelanjutan beritanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman: