legend-banner
Benarkah Among Us Akan Diblokir Kominfo? Cek Faktanya Disini!

Benarkah Among Us Akan Diblokir Kominfo? Cek Faktanya Disini!

Among Us di blokir Kominfo? Tersiar kabar bahwa game Among Us akan diblokir oleh Kominfo. Bukan tanpa alasan, pelaranggan oleh Kominfo ini kabarnya game besutan Innersloth ini dianggap memberikan dampak buruk untuk orang yang memainkannya, seperti berbohong dan suka fitnah.

Game Among Us saat ini memang sedang trending di kalangan para gamer. Bahkan keberadaannya sudah menempati puncak teratas di Google Play Store. Lantas apakah kabar tersebut benar adanya? Berikut fakta terkait kabar Among Us akan diblokir Kominfo.

Baca Juga :

Berawal dari Media Sosial

Berawal dari Media Sosial Among US Diblokir Kominfo

Media sosial memang pusatnya informasi. Melalui media sosial, informasi apa saja tersebar dengan cepat. Tidak hanya hitungan jam maupun menit, bahkan dalam hitungan detik ada kabar yang beredar. Tak terkecuali kabar tentang game Among Us ini.

Rumor di blokirnya Among Us oleh Kominfo berawal dari gambar screenshot yang tersebar luas di media sosial Facebook dan Twitter. Setidaknya ada lima gambar screenshot terkait Among Us yang menjadi biang masalah. Pro dan kontra ramai menanggapi berita tersebut. Ada yang mendukung, namun tidak sedikit yang menolak.

Salah satu warganet yang mendukung berkata bahwa game Among Us memang pantas diblokir karena membawa pengaruh buruk bagi anak-anak, seperti suka berbohong. Sementara warganet yang menolak mengatakan bahwa tidak seharusnya Among Us diblokir. Justru game Free Fire lah yang harusnya diblokir oleh Kominfo (entah apa hubungannya).

Penelusuran Kabar Games

Penelusuran Kabar Games Among US Diblokir Kominfo

Loading…

Lima gambar screenshot tentang kabar Among Us yang tersebar di media sosial memppertama kali diposting oleh redaksi Among News. Namun ketika Kru Kabar Games mencoba mencari melalui search engine, situs maupun kabar tersebut tidak dapat ditemukan. Hal itu mengindikasikan bahwa kabar tersebut hanyalah hoaks semata.

Lima kabar dari screenshot tersebut bertuliskan mulai dari KPAI hingga Kominfo. Dari KPAI berisikan ‘Banyak Laporan Tentang Among US, KPAI: Anak Menjadi Suka Berbohong.’ Sementara yang Kominfo bertuliskan ‘Kominfo: Game Among US Akan Diblokir Di Indonesia.’ Namun semuanya tidak dapat ditemukan kebenarannya.

Baca Juga :

Keanehan berikutnya, selain situsnya yang tidak ada, redaksi dan waktu yang tertulis dalam gambar screenshot tersebut juga abstrak. Pasalnya, nama redaktur yang tertulis dalam gambar tersebut tidak menggunakan nama asli, melainkan nama samaran. Contohnya seperti Mantan Impostor, Mayat Crewmates hingga Impostor Insyaf.

Selain itu, waktu yang terlihat dalam gambar screenshot tersebut juga tidak masuk akal. Bagaimana mungkin, waktu yang tertulis dalam gambar screenshot tersebut menunjukkan tahun 2021, sementara saat ini masih tahun 2020. Jelas bahwa kabar yang menyebutkan Among Us akan diblokir Kominfo tersebut hanyalah editan orang-orang yang tidak bertaggung jawab.

Lagu Lama

Tersebarnya hoaks tentang sebuah game yang sedang viral tidak hanya sekali ini terjadi. Sebelumnya sudah ada banyak hoaks yang mengatakan game viral seperti Free Fire, PUBGM, dan Mobile Legend akan diblokir oleh Kominfo. Tapi apa yang terjadi? Hingga kini game-game tersebut masih bebas mengudara di server Indonesia. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin memainkan game Among Us ini.

Kesimpulan

Kesimpulan

Sebagai penghuni palnet bumi yang baik, ada baiknya kamu menyerap setiap informasi dengan baik. Hal itu supaya bisa membedakan mana yang benar-benar berita dan mana yang hoaks. Sehingga kamu tidak terperdaya dengan adanya hoaks yang beredar. Untuk menanggapi sebuah informasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Perhatikan Sumbernya: Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika menerima sebuah kabar atau informasi adalah dengan memperhatikan sumbernya. Pastikan bahwa sumber tersebut benar-benar dapat dipercaya. Jika tidak, jangan asal percaya dengan kabar atau informasi tersebut.
  • Bandingkan dengan Informasi Lain: Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membandingkan sebuah informasi dengan informasi yang lain. Jika informasi tersebut tidak ada bandingannya atau tidak ada yang serupa dengannya, bisa jadi itu adalah hoaks semata.
  • Tanya kepada Orang Lain: Jika kamu masih ragu dengan informasi yang beredar, kamu bisa menanyakannya kepada orang yang lebih tahu. Atau kamu bisa juga bertanya kepada Google jika memang terpaksa. Melalui Google, kamu bisa mencari kebenaran informasinya benar-benar ada atau tidak. Namun apa yang dihasilkan Google juga jangan langsung percaya. Pastikan kembali apakah sumber tersebut kredibel atau tidak. Caranya? tanya ke yang lebih tahu.
  • Lapor Pihak Berwajib Jika Menemukan Hoaks: Ketika kamu benar-benar yakin bahwa ada informasi bohong (hoaks) kamu bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib. Dengan begitu akan dilakukan penyelidikan terkait kebenaran dari informasi tersebut.

Pilih dan pilahlah informasi yang tersebar. Baca, lakukan cek dan ricek informasi tersebut. Jangan asal menerimanya secara mentah-mentah. Jadilah gamer yang bijak dalam berinformasi. Kabar Games telah merangkum beberapa informasi terkait Among Us, diantaranya Tips jadi Crewmate di Among Us, Tips dan Trik Jadi Impostor di Among Us dan Tips Among Us Untuk Pemula Biar Jadi Pro.

Nantikan terus informasi menarik tentang game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa Kru KaGe tunggu komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...