Anime Sepak Bola Terbaik Selain Tsubasa yang Tak Kalah Seru
Anime

Anime Sepak Bola Terbaik Selain Tsubasa yang Tak Kalah Seru

250 Views

Apakah kamu penggemar anime sepak bola? Jika iya, maka kamu berada di frekuensi yang sama. Sepak bola memang menjadi salah satu olahraga paling populer yang mempunyai jumlah penggemar paling banyak di dunia. Bahkan saking populernya, sampai-sampai banyak kisah dalam industri sepak bola yang diangkat ke dalam anime dengan cerita menarik dan inspiratif.

Seperti kamu ketahui, ada banyak sekali anime bertemakan sepak bola yang beredar. Bahkan tak sedikit anime yang diangkat dari kisah nyata. Berbicara anime sepak bola terbaik tentu tidak lepas dari Captain Tsubasa yang menjadi cikal bakal lahirnya anime sepak bola di Jepang. Lantas, adakah anime sepak bola lain selain Kapten Tsubasa yang layak menjadi anime terbaik? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak daftar anime sepak bola terbaik berikut ini.

Giant Killing

Anime ini terbilang anime yang cukup unik dan berbeda dari anime sepak bola lainnya. Mengapa? Pasalnya jika umumnya dalam anime sepak bola yang menjadi sang tokoh utama adalah seorang pemain sepak bola atau anak yang bercita-cita menjadi seorang pemain profesional, maka tidak demikian dengan serial anime yang satu ini.

Alih-alih mengangkat kisah inspiratif pemain sepak bola, Giant Killing justru menjadikan tokoh utama sebagai pelatih kesebelasan. Keunikan jalan cerita inilah yang kemudian membuat Giant Killing sebagai salah satu anime sepak bola terbaik selain Kapten Tsubasa.

Adapun keseruan Giant Killing dimulai ketika Tatsumi yang tak lain adalah sang karakter utama memulai perjuangannya menjadi pelatih klub kecil nan lemah bernama East Tokyo United (ETU) yang hampir terjungkal ke jurang degradasi. Pesan yang disampaikan serial ini pun cukup menarik yaitu bahwa sebuah klub sekecil apapun tetap mempunyai peluang untuk menjadi yang terbaik.

Inazuma Eleven

Inazuma Eleven Adalah anime yang diangkat dari game dengan judul yang sama. Jika kalian masih ingat, anime ini pernah tayang di TV Indonesia pada tahun 2010 silam. Sayangnya, kemunculan di TV Indonesia tidak bertahan lama setelah pihak stasiun TV memberhentikan penayangan tanpa alasan yang jelas.

Padahal anime ini minim meperlihatakan tindakan kekerasan seperti anime lain. Serial Inazuma Eleven bercerita tentang klub lawas bernama Raimon yang hanya memiliki 7 anggota saja. 40 tahun lalu Raimon adalah klub besar yang punya banyak prestasi tapi kini selain kekurangan anggota team klub ini juga tidak punya lapangan sendiri. Miris ya!

Singkat cerita, Raimon ditantang untuk bertanding melawan klub Teikoku. Bilamana Raimon kalah dalam pertandingan maka keberadaan klub Raimon harus ditiadakan untuk selamanya. Tentu saja Mamoru Endou sebagai tokoh utama tidak membiarkan hal tersebut terjadi. Seperti apa kelanjutannya? silahkan tonton sendiri.

Shoot (Aoki Densetsu Shoot)

Bosan dengan anime sepak bola dengan kisah yang begitu-begitu saja? Cobalah untuk menonton anime terbaik yang satu ini. Shoot (Aoki Densetsu Shoot) menghadirkan kisah yang lain daripada yang lain. Shoot (Aoki Densetsu Shoot) merupakan anime sepak bola remaja buah karya Tsukasa Oshima yang bercerita tentang suka duka perjuangan tiga sahabat bernama Toshi, Kenji, dan Kazuhiro dalam melakoni kompetisi sepak bola antar SMA se-Jepang.

Ketiga sahabat tersebut tergabung dalam sebuah kesebelasan SMA Kakegawa. Berbeda dengan kapten Tsubasa yang banyak menyuguhkan adegan-adegan dengan kekuatan di luar nalar, Shoot (Aoki Densetsu Shoot) justru tampil lebih realistis, khususnya pada tendangan dan jurus yang digunakan. Meski dirilis puluhan tahun silam namun anime ini masih sangat menarik untuk ditonton.

Whistle!

Satu lagi anime sepak bola selain Tsubasa yang cukup populer di kalangan pecinta anime yaitu Whistle!. Hadir dengan 39 episode Whistle menyuguhkan kisah inspiratif dari seorang anak bernama Sho Kazamatsuri yang mempunyai mimpi besar menjadi pemain sepak bola profesional.

Cerita Whistle menjadi semakin dramatis karena sebagai tokoh sentral Sho Kazamatsuri tidak didukung fisik dan skill memadai. Sho Kazamatsuri memiliki tinggi badan dibawah ideal seorang pemain sepak bola dan secara skill permainan yang juga biasa-biasa saja.

Demi meraih cita-citanya Sho Kazamatsuri mengerahkan segala cara salah satunya dengan pindah sekolah untuk berlatih meningkatkan skill nya dan menjadi pemain inti di sebuah klub. Singkat cerita, Sho Kazamatsuri bertemu dengan Tatsuya Mizuno yang bersedia melatihnya dengan tekun hingga berhasil menjadi pemain terbaik.

Offside

Layaknya anime sepak bola populer lainnya, offside juga pernah tayang di tv Indonesia dan menjadi tontonan menarik di zamannya. Offside menghadirkan cerita perjalanan panjang sebuah team di sekolah sepak bola Jepang. Selain menceritakan perjalanan team, offside juga banyak mengulas kisah sang tokoh utama yang bernama Goro Kumagaya.

Sebagai karakter utama Goro Kumagaya memiliki kisah yang unik. Misalnya ia harus berpindah-pindah posisi dari mulai penjaga gawang sampai striker, secara keseluruhan anime ini sangat layak untuk kita tonton karena banyak menyuguhkan pesan moral.

Area no Kishi

Anime bergenre sport bertema sepak bola memang banyak, namun tidak banyak yang menggabungkan antara tragedi dan komedi. Area no Kishi adalah salah satu anime yang berhasil menggabungkan keduanya. Area no Kishi merupakan salah satu karya terbaik dari Hiroaki Igano selain Doraemon dan Crayon Shinchan. Untungnya, Area no Kishi tidak senasib dengan Crayon Shincan yang dilarang tayang di beberapa negara termasuk Indonesia.

Plot yang dibawa Hiroaki Igano ke dalam tidak berbeda jauh dari anime lainnya. Dimana pada episode awal sampai episode 25 sang tokoh utama mengalami banyak kekalahan dalam pertandingan hingga akhirnya ia mampu membalas kekalahan tersebut dengan manis. Singkatnya, kalau kamu mencari anime sepak bola pengganti Kapten Tsubasa dengan berbagai adegan lucu dan kocak, Area no Kishi bisa jadi jawabannya.

DAYS

Bisa dibilang DAYS adalah salah satu anime sepak bola yang mencerminkan gambaran nyata realita kehidupan dalam dunia sepak bola. Tidak seperti Tsubasa yang diceritakan telah memiliki bakat dan skill sepak bola sejak lahir, disini kamu tidak akan menemukan hal tersebut.

Melainkan kamu akan dipertontonkan adegan penuh perjuangan dari karakter utama bernama Tsukushi yang tidak memiliki skill sepak bola alias tidak bisa apa-apa sampai akhirnya ia menemukan skillnya yang tidak dimiliki pemain lain.

Dalam anime ini kamu juga tidak akan menemukan tendangan dengan kekuatan atau jurus-jurus tertentu diluar nalar seperti yang ada pada anime Kapten Tsubasa. Satu hal yang bisa dipetik dari anime Days yaitu bahwa “Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil”. Camkan ya!

Fantasista

‌Manga Fantasista mengangkat kisah seorang pemuda bernama Teppei Sakamoto yang berjuang menjadi seorang pemain hebat di team sepak bola sekolahnya. Bersama rekan satu sekolahnya, Keisuke Honda, keduanya berusaha mengejar mimpinya untuk dapat tampil dalam ajang Piala Dunia 2014 pada musim panas di Brazil. Pertandingan yang disuguhkan dalam anime ini juga cukup realistis dan tidak terkesan mengada-ada. Oleh karenanya, Fantasista layak untuk mendapat label anime sepak bola terbaik.

Akakichi no Eleven

Kisah yang diangkat dalam anime yang berjudul Akakichi no Eleven juga syarat akan realita kehidupan sehari-hari. Dimana sifat buruk yang ada dalam diri manusia justru menjerumuskan diri sendiri. Begitulah yang terjadi pada Singo Tamai si karakter utama. Sifat egois yang ada dalam dirinya Justru menghalangi kontribusinya pada sebuah team. Padahal Singo Tamai adalah pemain yang memiliki skill dan kemampuan fisik yang kuat.

Orang yang melatih klub sepak bola Akakichi no Irebun juga bukan orang biasa tapi mantan pemain Timnas Jepang yang pernah menjadi juara Olimpiade di Meksiko. Meski sudah dirilis sejak tahun 1970-an silam, tapi Akakichi no Eleven masih sangat menarik untuk ditonton di tahun 2021 ini.

Hungry Heart: Wild Striker

Apakah kamu pernah merasakan bagaimana rasanya hidup dalam bayang-bayang saudara sendiri? Sedih, marah dan kecewa karena selalu dibanding-bandingkan mungkin sudah menjadi makan sehari-hari. Hal itulah yang dialami Kanou Kyosuke, lelaki berambut oranye yang selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya, Kanou Seisuke yang merupakan seorang pemain sepak bola jenius.

Meski pada kenyataannya Kanou Kyosuke bukanlah pemain hebat seperti kakaknya, namun Kanou Kyosuke memiliki semangat perjuangan yang besar. Berkat perjuangannya tersebutlah akhirnya ia berhasil menjadi pemain yang tidak pernah menyerah untuk memberikan gol pada team yang dipimpinnya. Kendati bukan anime terbaru, tapi anime selain Tsubasa ini masih layak untuk dinikmari kisahnya.

Nantikan terus informasi terbaru seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia