7 Anime yang Dilarang Tayang di Dunia, Bikin Terkejut!
Anime

7 Anime yang Dilarang Tayang di Dunia, Bikin Terkejut!

235 Views

Layaknya sebuah game, sejatinya anime juga dibuat untuk menghibur. Sayangnya niat baik tersebut terkadang tidak dapat diterima dengan baik. Hingga sering kita dengar bahwa ada anime yang dilarang tayang di dunia. Alasannya Pun beragam, ada yang karena terlalu vulgar, hingga perbedaan budaya antara Jepang dengan negara-negara lain, seperti Indonesia.

Misalnya, budaya Jepang yang menganggap sesorang ayah mandi telanjang bersama putrinya adalah hal yang biasa, namun di Indonesia dan negara lain hal tersebut menjadi perilaku yang tidak pantas. Berikut adalah 7 anime yang dilarang tayang di dunia.

Attack on Titan

anime yang dilarang di dunia Attack on Titan

Salah satu anime yang penuh kontroversi hingga berujung dengan penolakan tayang adalah Attack on Titan. Dan salah satu negara yang melarang Attack on Titan untuk tayang adalah Tiongkok. Anime Action yang di produksi tahun 2009 silam ini dilarang karena banyak menampilkan adegan-adegan sadis. Contohnya saat Attack on Titan memakan manusia hidup-hidup yang terlihat sangat brutal.

Alasan lain mengapa Attack on Titan dilarang di Tiongkok sebab Attack on Titan mengangkat tema pemberontakan. Dimana menurut pemerintah Tiongkok tema ini dapat memicu terjadinya aksi yang sama di negara tirai bambu tersebut. Meski di larang tayang, Attack on Titan menjadi anime yang paling di sukai di Jepang.

Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul

Serupa dengan Attack on Titan Tokyo Ghoul juga dilarang karena banyak menampilkan adegan kanibalisme. Namun, masalah utama yang membuat Tokyo Ghoul mendapat penolakan di Tiongkok adalah karena Tokyo menayangkan adegan kekerasan warga kepada anggota kepolisian dan tentara. Meski cerita ini hanya fiktif belaka namun pada kenyataanya tetap anime ini tetap dilarang tayang di Tiongkok.

Transformers: Robots in Disguise

Transformers: Robots in Disguise

Kalian tentu tahu bahwa Amerika dikenal sebagai negara paling terbuka di dunia. Lantas mengapa Amerika justru melarang anime Transformers: Robots in Disguise tayang di negaranya? Melihat judulnya mungkin kamu akan bingung mengapa anime dilarang tayang di Amerika.

Secara garis besar anime Transformers: Robots in Disguise memang tidak menampilkan adegan kekerasan hingga kanibal, tapi ada satu hal yang membuat anime ini dilarang, yaitu karena anime ini disebut-sebut dapat memicu trauma untuk warga Amerika. Kok bisa?

Makin bingung ya? Begini, di dalam anime hasil kerjasama Jepang dan Amerika ini ada satu adegan pada episode pertama dimana Megatron menghancurkan sebuah gedung tinggi di salah satu Kota di Amerika. Tak lama setelah episode tersebut tayang, terjadi peristiwa memilukan yang dikenal dengan nama WTC 9/11.

Menurut pemerintah Amerika kejadian mengerikan tersebut mirip dengan adegan yang ada pada anime Transformers: Robots in Disguise. Sejak saat itu anime ini dilarang tayang karena memicu trauma bagi penduduk AS.

Death Note

Death Note

Death note menjadi anime selanjutnya yang dilarang tayang di sejumlah negara, salah satunya China. Negara ini memang dikenal cukup selektif dalam memberikan hiburan untuk warganya. Kalian pecinta anime pasti tahu lah ya benang merah Death note. Harus diakui memang ada unsur kekerasan yang ditampilkan Death Note yang rawan ditiru anak anak dan remaja.

Awalnya, Death Note sempat diputar di China, namun setelah para pelajar di China membuat Death Note versi mereka sendiri dengan menuliskan nama guru dan teman yang tidak disukai, otoritas China langsung memblokir serial Jepang tersebut. Selain China, Rusia juga melarang serial Death Note tayang di negaranya.

Pokemon

anime yang dilarang di dunia Pokemon

Pokemon juga menjadi salah satu film kartun yang dilarang tayang di seluruh dunia. Pokemon sebenarnya termasuk anime yang paling populer di dunia, tidak hanya serial kartunya saja bahkan game dengan judul yang sama pun sukses memikat hati gamers.

Namun, anime paling disukai di Jepang ini dilarang tayang di Arab Saudi karena dianggap mengekspos perjudian dan mempromosikan simbol-simbol ajaran agama nasrani dan shinto. Hal ini tentu bertentangan dengan Arab yang kental dengan ajaran agama Islam.

Crayon Shinchan

Crayon Shinchan

Tidak hanya China, Rusia dan Arab Saudi yang melarang anime tayang. Indonesia juga sempat melarang penayangan beberapa anime yang dianggap menyimpang dari norma di Indonesia. Salah satu anime yang dilarang tayang di Indonesia yaitu Crayon Shinchan.

Harus diakui anime komedi ini begitu populer di Tanah Air, tak hanya anak-anak bahkan orang dewasa banyak yang mengidolakan karakter Shincan. Adapun alasan mengapa Shinchan dilarang tayang di Indonesia adalah karena anime ini banyak menyuguhkan adegan-adegan yang tidak mendidik bagi anak-anak. Misalnya saja Shinchan yang masih kecil tapi suka menggoda wanita dewasa.

Detective Conan

anime yang dilarang di dunia Detective Conan

Selain Shinchan, Detective Conan juga tak luput dari pelarangan tayang di Indonesia bahkan dunia. Mungkin kamu agak sedikit binggung mengapa anime ini dilarang. Pasalnya, sebelum akhirnya dilarang, Detective Conan sudah tayang di berbagai TV di dunia sejak 1997 silam. Di TV Indonesia sendiri, Detective Conan pernah tayang di Indosiar setiap Minggu pagi. Banyaknya adegan terkait langkah-langkah terjadinya pembunuhan dan kekhawatiran ditiru orang lain akhirnya membuat Detective Conan dilarang tayang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Itulah beberapa anime yang dilarang yang di seluruh dunia. Selain anime diatas, masih banyak anime asal Jepang yang dilarang tayang di seluruh dunia karena beberapa sebab. Diantarnya karena mengadung konten dewasa dan adegan wik wik yang cukup vulgar.

Nantikan terus informasi terbaru seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia