8 Tips Memilih Laptop Gaming Berkualitas Terbaik

8 Tips Memilih Laptop Gaming Berkualitas Terbaik

Bermain game di PC maupun laptop kini semakin digemari banyak gamer di seluruh dunia. Namun tak semua laptop yang ada di pasaran bisa dipakai untuk bermain game, terutama game yang tergolong berat dan hadir dengan grafis keren, seperti Dota 2, AOV, Mobile Legends hingga PUBG.

Nah, bagi Anda yang termasuk gamer baru dan ingin membeli laptop gaming untuk bermain game favorit, berikut ini ada 8 tips jitu cara memilih laptop gaming terbaik yang bisa jadi acuan Anda agar tak salah beli laptop gaming.

Baca Juga :

Processor Harus Mumpuni

Tips jitu cara Memilih Laptop Gaming - Processor Harus Mumpuni

Tips pertama dalam memilih laptop gaming adalah prosesor harus jadi perhatian utama Anda ketika ingin membeli laptop. Prosesor yang mumpuni akan mendukung performa yang baik, stabil dan tidak cepat panas ketika dipakai bermain game. Anda bisa memilih laptop dengan prosesor Intel maupun AMD. Untuk prosesor Intel, ada dua versi yaitu M untuk Mobile dan U untuk ULV. Pilihlah laptop dengan prosesor Intel jenis M karena cocok untuk gaming. Selain itu pilihlah laptop dengan prosesor Core i5 ke atas untuk pengalaman gaming yang lebih maksimal.

Sementara untuk prosesor AMD, seri yang cocok untuk kebutuhan gaming adalah A8, A10 dan FX series. Selain jenis prosesor, Anda juga harus melihat kecepatan prosesor tersebut yang ditandai dalam satuan Ghz. Semakin tinggi angka Ghz, maka semakin cepat pula kinerja laptop tersebut sehingga cocok dipakai untuk aktivitas berat seperti gaming.

Loading…

Perhatikan Ukuran RAM

Perhatikan Ukuran RAM

Tips ke dua yang tidak kalah penting dalam memilih laptop gaming adalah RAM. Pilihlah laptop dengan RAM yang besar, misalnya 4GB ke atas untuk pengalaman gaming yang lancar dan mulus. RAM sangat berpengaruh pada kinerja laptop saat digunakan gaming, jadi semakin besar RAM semakin baik pula ketika dipakai untuk bermain game. Selain itu, jika RAM laptop pilihan Anda tergolong standar, cari tahu apakah RAM tersebut bisa diupgrade atau tidak untuk menambah kecepatan dan juga kinerjanya di kemudian hari.

Baca Juga :

Tipe VGA yang Sesuai

Tipe VGA (Kartu Grafis) yang Sesuai

Kartu grafis juga sangat penting untuk laptop gaming karena sangat berpengaruh pada tampilan dan kualitas saat Anda bermain game, khususnya game-game berat dengan visual tingkat tinggi. Ada banyak tipe kartu grafis yang disematkan di laptop, namun kartu grafis NVIDIA dan AMD adalah yang paling banyak diminati gamer ketika membeli laptop untuk gaming. Hal ini karena kartu grafis ini dikenal memiliki kinerja baik dan harga yang terjangkau.

Harddisk Internal Harus Besar

Tips jitu cara Memilih Laptop Gaming - Harddisk Internal Harus Besar

Selain RAM, kapasitas harddisk internal juga harus diperhatikan sebelum membeli laptop untuk gaming. Pilihlah laptop dengan kapasitas harddisk internal yang besar karena kebanyakan PC game membutuhkan resource yang sangat besar dan menyita sebagian besar harddisk internal, sehingga Anda harus mengusahakan memilih laptop dengan kapasitas harddisk internal yang besar.

Perhatikan Ukuran Layar

Perhatikan Ukuran Layar

Layar sangat penting saat bermain game karena menjadi media visual dari game yang dimainkan. Untuk pengalaman gaming yang lebih wow, Anda harus memastikan besarnya ukuran layar laptop sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap gamer memiliki kriteria layar gaming yang pas untuk mereka, namun kebanyakan memilih laptop dengan layar diatas 14 inci.

Perhatikan Kapasitas Baterai

Perhatikan Kapasitas Baterai

Bermain game membutuhkan baterai yang besar karena ada banyak resource yang diaktifkan secara bersamaan. Selain laptop dengan performa kencang, Anda juga jangan lupa melihat kapasitas baterai laptop tersebut karena bermain game membuat baterai cepat habis. Carilah laptop dengan kapasitas baterai yang besar untuk mendukung bermain game yang lebih lama.

Pertimbangkan Kualitas Audio

Pertimbangkan Kualitas Audio

Audio yang bagus tentu akan menambah keseruan saat bermain game. Jadi tidak ada salahnya jika Anda juga turut mempertimbangkan kualitas audio dari laptop yang akan dibeli. Saat membeli laptop gaming, pastikan Anda mengetes kualitas audio yang dihasilkan agar saat nanti bermain game bisa lebih puas. Namun ini opsional karena Anda bisa menambah speaker eksternal jika diperlukan.

Pertimbangkan Harga Laptop

Tips jitu cara Memilih Laptop Gaming - Pertimbangkan Harga Laptop

Tips terakhir dalam memilih laptop gaming selain kualitas hardware, Anda juga harus mempertimbangkan harga laptop gaming yang sesuai dengan kantong. Banyak laptop yang memang dikhususkan untuk gamer yang harganya lumayan mahal dibandingkan laptop biasa. Jadi pastikan memilih laptop dengan kualitas yang sesuai dengan harga yang dibayar ya!

Nah itu tadi tips jitu cara memilih laptop gaming yang berkualitas, jangan sampai salah salam memilih karena laptop gaming murah dan berkualitas yang tepat akan berpengaruh besar pada kepuasan saat bermain game, maka pastikan Anda memilih laptop terbaik sesuai kebutuhan Anda ya. Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak soal tips memilih laptop gaming terbaik. Ada juga berita gadget dan games terbaru di setiap harinya, berbagai tutorial hingga review dan tips & trik menarik seputar game dan juga smartphone.

Bagikan untuk teman:
Loading...