3 Cara Ampuh Mengatasi Kamera Smartphone Buram

3 Cara Ampuh Mengatasi Kamera Smartphone Buram

Resolusi kamera kini menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli smartphone baru. Hal ini karena tren selfie dan vlog masih terus populer tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Namun, meski smartphone Anda dibekali kamera beresolusi tinggi, dikarenakan beberapa hal hasil jepretan kamera Anda bisa terlihat buram. Penyebab kamera smartphone buram yang paling sering ditemui, yaitu, Debu, Penutup lensa kamera tergores dan Lensa berembun.

Jika Anda sedang menghadapi masalah dengan kamera smartphone yang terlihat buram saat mengambil gambar maupun video, berikut ini ada tips mudah cara mengatasi kamera smartphone buram yang bisa Anda coba.

Baca Juga :

Gunakan Bumper/Silicon Case

Bumper Silicon Case

Meski smartphone biasanya sudah dilengkapi dengan bodi solid, namun bagian kamera belakang bisa terekespos banyak hal yang bisa menimbulkan goresan. Misalnya sering meletakkan smartphone di sembarang tempat, sering menyimpan smartphone di kantong celana yang ketat, di dalam tas yang berantakan dan sebagainya.

Untuk melindungi smartphone sekaligus lensa kamera bebas dari goresan, pakailah bumper case atau silicon case ke perangkat smartphone Anda. Selain membuat smartphone terlihat lebih stylish, smartphone Anda pun jauh lebih terlindungi dari kemungkinan goresan di bagian lensa kamera maupun bagian bodi smartphone. Lagi pula saat ini tersedia banyak jenis bumper dan silicon case yang dijual dengan berbagai warna dan harga yang terjangkau. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membekali smartphone Anda dengan casing tambahan ya!

Loading…

Bersihkan Tutup Lensa

bersihkan kamera smartpohne

Jika penutup lensa kamera smartphone terlanjur memiliki goresan, ada cara mudah untuk menghilangkan goresan tersebut. Sebagai informasi, goresan tersebut berada di lapisan “oleophobic coating” yang bukan lensa kamera jadi sangat aman untuk dibersihkan tanpa merusak kamera smartphone itu sendiri. Cara menghilangkan goresan di lapisan pelindung kamera smartphone ini adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Baca Juga :

Ambil pasta gigi berwarna putih, lalu oleskan sedikit ke bagian penutup lensa kamera smartphone. Setelah itu gosok secara perlahan dengan menggunakan cotton bud. Ingat untuk tidak meletakkan terlalu banyak pasta gigi agar tidak meluber hingga ke bagian belakang smartphone. Gunakan cotton bud untuk meratakan pasta gigi di lensa kamera lalu gunakan kain microfiber atau tisu yang sudah diberi air sedikit untuk membersihkan pasta gigi tadi hingga tak ada yang tersisa di lensa kamera smartphone. Mudah bukan?

Simpan Smartphone Dengan Baik

smartphone

Selain goresan karena bergesekan dengan benda tajam, seperti permukaan meja, debu juga jadi salah satu penyebab blur-nya kamera smartphone. Masuknya debu ke dalam lensa kamera menandakan Anda lumayan sembarangan ketika meletakkan smartphone, terutama di tempat yang berdebu. Hindari juga meletakkan smartphone di tempat yang terlalu lembab untuk menghindari lensa berembun yang juga bisa buat hasil foto menjadi buram. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah menyimpan smartphone Anda dengan baik untuk menghindari terjadinya goresan maupun debu masuk ke dalam lensa kamera smartphone.

Nah itu tadi tips ampuh cara mengatasi kamera smartphone buram. Karena kamera termasuk komponen penting dalam kamera dan bisa bantu Anda meng-capture banyak hal dalam kegiatan sehari-hari, jangan sampai kamera smartphone Anda tertutupi debu maupun goresan ya! Pantau terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak tips & trik mengenai smartphone, update berita games dan gadget terbaru serta review berbagai gadget dan gaming gear.

Bagikan untuk teman:
Loading...