legend-banner
5 Aplikasi Android untuk Mengatasi Kecanduan Smartphone

5 Aplikasi Android untuk Mengatasi Kecanduan Smartphone

Mengatasi kecanduan Hp android sepertinya akan menjadi tantangan yang lumayan berat mengingat saat ini smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi banyak orang dikarenakan hadirnya berbagai macam aplikasi serba guna. Satu hari saja tidak menggunakan smartphone, pasti rasanya ada yang hilang. Jangan kan satu hari, satu jam banyak yang tidak bisa lepas dari Handphone.

Hadirnya smartphone memang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita, utamanya dalam mengakses informasi dan kemudahan dalam komunikasi. Namun, terlalu sering menggunakan handphone juga tidak bagus. Orang yang sudah kecanduan dengan smartphone cenderung tidak terlalu memperhatikan keadaan sekitarnya karena terlalu asik dengan apa yg dilihatnya. Nilai sosial seseorang dalam bersosialisasi dengan orang lain juga menurun.

Baca Juga :

Terlalu sering menggunakan smartphone juga bisa mengurangi produktivitas seseorang karena tidak bisa fokus pada yang dikerjakan. Buat Kamu yang mulai merasa hari-harinya terganggu karena sering ketergantungan menggunakan ponsel pintar, berikut ini 5 aplikasi Android yang bisa mengatasi kecanduan pada smartphone.

Checky

Checky app

Diurutan pertama ada aplikasi yang bernama Checky. Dengan menggunakan aplikasi Checky ini, pengguna bisa menghitung sudah berapa kali menggunakan dan memakai smartphone setiap harinya. Kamu akan terkejut dengan hasil yang didapatkan jika terlalu sering menggunakan smartphone. Jadi, dengan aplikasi ini Kamu bisa lebih mudah untuk membatasi penggunaan smartphone setiap harinya agar tidak kecanduan.

Offtime

Offtime app

Diurutan kedua ada aplikasi Offtime. Offtime adalah aplikasi yang membantu penggunanya agar lebih fokus dengan pekerjaan di dunia nyata. Offtime akan membebaskan Kamu dari segala jenis notifikasi mengganggu yang sering masuk ke smartphone. Dan Kamu pun tidak perlu terlalu sering mengecek saat ada notifikasi yang masuk sehingga bisa lebih fokus pada hal yang tengah dilakukan ketimbang mengecek handphone.

Loading…

Quality Time

Quality Time app

Diurutan ketiga ada aplikasi Quality Time. Dengan menggunakan aplikasi ini, Kamu bisa mengetahui berapa kali Kamu mengakses aplikasi yang ada di dalam smartphone. Quality Time akan menyajikan laporan penggunaan smartphone secara detail. Mulai dari seberapa sering Kamu menggunakan Hp Android, aplikasi apa yang sering dibuka dan besarnya kuota data yang dihabiskan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa membatasi penggunaan dalam mengakses aplikasi yang dirasa kurang penting dan jarang dipakai.

Baca Juga :

Forest

Kecanduan Smartphone - forest app

Urutan ke empat ada aplikasi Forest. Forest merupakan aplikasi yang unik. Saat diaktifkan, aplikasi ini akan mencatat waktu lamanya seseorang menggunakan smartphone dalam bentuk pohon virtual. Cara kerja aplikasi ini pun sangat unik, jika para pengguna tidak menggunakan smartphone maka pohon yang ditanam akan semakin membesar, dan sebaliknya jika menggunakan smartphone maka pertumbuhan pohon tersebut akan terhambat.

Jika Kamu tidak menggunakan smartphone dalam waktu lama maka pohon yang ditanam lama kelamaan akan berubah menjadi hutan. Ternyata unik dan lucu juga aplikasi ini guys, selain tentunya pasti keren banget!

BreakFree Cell Phone Addiction

Kecanduan Smartphone - BreakFree Cell Phone Addiction app

Diurutan kelima ada aplikasi BreakFree Cell Phone Addiction. Aplikasi ini akan membantu para pengguna untuk mengurangi frekuensi pemakaian Hp Android. Aplikasi ini akan mengukur seberapa lama Kamu dalam menggunakan smartphone dan jika terlalu lama, aplikasi ini secara otomatis akan memutuskan koneksi internet dengan smartphone. Wow!

Aplikasi ini juga akan menghitung seberapa jauh tingkat seseorang dalam kecanduan smartphone. BreakFree juga dilengkapi dengan data dan statistik yang bisa menjadi acuan Kamu untuk mengurangi kecanduan. Semakin jarang pengguna dalam menggunakan smartphone, maka semakin rendah pula nilai Addiction Score yang didapatkan. Pengguna juga bisa mengecek Addiction Score nya dalam rentang waktu sehari, seminggu dan sebulan.

Itulah tadi 5 aplikasi Android terbaik untuk mengatasi kecanduan smartphone. Aplikasi di atas memang bisa membantu, tetapi hal terpenting untuk mengurangi kecanduan menggunakan Hp Android adalah komitmen. Ikuti terus Kabar Games untuk update berita gadget terbaru, games dan juga review berbagai gadget serta gaming gear.

Bagikan untuk teman:
Loading...