legend-banner
Terganjal Covid-19, ITS Gelar Wisuda Pakai Game Minecraft

Terganjal Covid-19, ITS Gelar Wisuda Pakai Game Minecraft

Masih tingginya kasus postif Covid-19 di Kota Surabaya membuat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memilih menggelar acara wisuda dengan cara yang unik. Yap, prosesi kelulusan mahasiswa tersebut digelar dilakukan secara daring dengan memanfaatkan game Minecraft.

Prosesi wisuda yang dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus kemarin ini dirancang sedemikian rupa hingga tampak mirip dengan gedung Graha Sepuluh Nopember ITS. Tak hanya itu, para peraga (pemain) seperti para mahasiswa, rektor hingga dekan juga turut dibuat semirip mungkin.

Baca Juga :

Inisiatif Awal

Inisiatif Awal

Selalu ada orang hebat dibalik suksesnya sebuah acara. Begitu pun dengan Hadziq Fabroyir, SKom, PHD, beserta 14 orang lainnya yang berhasil menyuguhkan acara wisuda yang tak biasa ini. Dalam keterangan resminya, Dosen Departemen Teknik Informatika ITS ini menjelaskan bahwa inisiatif awal muncul karena dirinya beserta 14 rekannya memang menyukai game Minecraft.

Atas dasar kesukaan tersebut akhirnya ia membuat bangunan virtual khusus tersebut. Hadziq mengaku pembuatan gedung tersebut menggunakan Minecraft edisi berlangganan, yakni Minecraft Education Edition. Mengutip dari website resmi ITS, pembangunan gedung wisuda menggunakan Minecraft ini sebenarnya sempat mengalami beberapa kendala.

Salah satunya kurangnya referensi terkait desain dan bentuk bangunan. Pasalnya, mereka tidak begitu ingat detail dari gedung Graha Sepuluh Nopember ITS yang akan mereka buat. Mengingat mereka tidak bisa mendatangi gedung secara langsung disaat pandemi seperti ini. Walhasil, Hadziq bersama team tetap berusaha menghadirkan bangunan Graha Sepuluh Nopember ITS dengan hanya mengambil referensi gambar gedung Graha Sepuluh Nopember ITS dari internet.

“Kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet,” ujar Hadziq sebagaimana dikutip KompasTekno dari ITS.ac.id, Senin (3/8/2020).

Masih menurut Hadziq, ia menyebut pembuatan gedung virtual tersebut menggunakan Minecraft edisi berlangganan, yakni Minecraft Education Edition. Adapun tujuannya supaya acara wisuda yang sedianya digelar bulan Maret lalu tersebut dapat berlangsung dengan meriah dan dapat diikuti dengan semenarik mungkin.

Loading…

Dioperasikan Secara Langsung

Sebagaimana terlihat dalam kanal resmi YouTube ITS, prosesi wisuda dengan format game Minecraft tersebut dilakukan secara langsung saat wisuda dilaksanakan. Adapun komunikasi antar pemain dilakukan menggunakan aplikasi Discord. Sementara aplikasi Zoom hanya dipakai untuk menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS. Tak lupa, Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M.Eng., turut memberi sambutan secara virtual. Baik di dalam video streaming maupun di permainan Minecraft.

Peserta Wisuda

Peserta Wisuda

Tak kurang dari 570 mahasiswa mengikuti prosesi wisuda yang ke-121, yang dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) melalu rumah masing-masing.

Sebagaimana nampak dalam video, di dalam gedung para wisudawan yang menjadi pemain (player) terlihat berdiri dengan rapi sesuai jarak aman sembari mengikuti prosesi wisuda. Seperti berjalan menuju panggung, serah terima ijazah kemudian dipindahkan tali toganya dan diberikan ucapan selamat oleh rektor dan dekan yang berada di atas panggung.

Kendati begitu, para pimpinan ITS tetap menghadiri prosesi wisuda dengan format Minecraft tersebut di Gedung Research Center RC) ITS. Karena masih dalam pandemi kehadiran mereka tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Saat ditanya apakah wisuda selanjutnya akan digelar dengan konsep yang sama, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M.Eng., selaku Rektor ITS mengaku sekarang ini pihaknya belum bisa menentukan. Ashari mengatakan jika wisada selanjutnya akan dilakukan sesuai dengan kondisi pada saat itu. Meski begitu, menurutnya banyak mahasiswa ITS yang memilih untuk dilaksanakan wisuda secara luring.

“Namun sebetulnya, banyak mahasiswa ITS yang memilih untuk dilaksanakan wisuda secara luring”, tambahnya.

Beberapa tokoh ternama seperti Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan komedian Cak Lontong juga turut memeriahkan acara wisuda daring tersebut. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game, anime, gadget serta Esports lainnya hanya di Kabar Games yah.

Bagikan untuk teman:
Loading...