legend-banner
Game Foldit di Pakai Ilmuwan untuk Lawan Virus Corona (Covid-19)

Game Foldit di Pakai Ilmuwan untuk Lawan Virus Corona (Covid-19)

Wabah corona tengah mengancam kehidupan manusia. Hal ini menimbulkan ketakutan sosial di tengah-tengah masyarakat. Kecepatan penyebarannya membuat banyak orang menjadi kesulitan untuk melakukan sesuatu. Ditengah keganasan Virus Corona memangsa manusia, ada kabar baik yang datang dari industri game. Ialah Foldit, game yang digadang gadang mampu melawan penyebaran virus corona (COVID-19).

Berbagai upaya telah dilakukan penduduk bumi untuk melawan penyebaran virus corona agar penyebarannya tidak semakin meluas. Masing-masing negara turut meningkatan kewaspadaan. Para Ilmuan dan peneliti terus berpacu dengan waktu mencurahkan tenaga, sumber daya, dan uang untuk melawan virus mematikan itu dengan berbagai cara.

Baca Juga :

Tim peneliti dan ilmuan dari Universitas Washington mencoba menggunakan game ini untuk mencari solusi menangkal penyebaran wabah COVID-19. Foldit adalah game puzzle, saat memainkan game tersebut para pemain ditantang untuk menyusun struktur protein sesempurna mungkin.

Kami ingin memberikan pemain Foldit kesempatan untuk mendesain protein yang dapat menghambat protein duri (virus Corona) dan mencegah penularan,” ucap Brian Koepnick selaku salah satu peneliti yang mengembangkan Foldit.

Konsep yang diusung game Foldit hampir menyerupai proyek Folding@home yang ada di PlayStation 3. Bedanya, Folding@Home bersandarkan pada kekuatan komputasi console. Sedangkan Foldit diorientasikan pada solusi dari pemain. Bahkan sang developer mengklaim bahwa manusia mempunyai kemampuan yang lebih baik dari komputer dalam hal melipat rantai asam amino di bidang tiga dimensi.

Penjelasan Game Foldit bisa Melawan Covid-19

Game yang disajikan secara gratis ini dirancang untuk membantu ekskplorasi dalam bidang biokimia yang diharapkan mampu mendorong ditemukannya pengobatan suatu penyakit. Pihak developer game android Foldit sengaja memangkas aspek yang terlalu teknis atau rumit agar mudah dinikmati oleh orang awam.

Tak cukup sampai disitu game yang dirilis oleh University of Washington pada tahun 2008 lalu itu dibekali dengan happy musik dan visual penuh warna. Istilah-istilah lucu seperti ‘wiggle‘, ‘shake‘ dan ‘freeze‘ pun turut digunakan sebagai nama-nama perkakas yang ada di dalam game tersebut.

Loading…

kabarnya hingga saat ini pihak developer yang memakai game Foldit untuk hadapi virus Corona berhasil menghimpun kurang lebih 200 ribu pemain. Dalam laman resminya Foldit menyuguhkan teka-teki baru untuk pemain: virus corona. Game dimainkan dengan cara pemain harus mendesain protein anti-virus untuk menghalau spike protein SARS-CoV-2 berinteraksi dengan sel manusia.

Developer menjelaskan para Ilmuan yang tergabung dalam tim itu telah memahami bagaimana cara virus tersebut menginfeksi manusia. Lewat protein yang di telah di desain oleh pemain maka spike protein virus corona akan di ikat sebelum akhirnya dimanfaatkan untuk memblokir infeksi.

Baca Juga :

Selanjutnya hasil desain yang telah dimainkan nantinya akan akan dikumpulkan dan akan dikirim untuk diuji oleh Institute for Protein Design di Seattle, USA. Jika uji coba itu membuahkan hasil, protein tersebut akan diproduksi di Seattle. Meski terdengar menjanjikan, namun kreator Foldit mengingatkan bahwa proses untuk menanggulangi virus corona membutuhkan waktu. Dalam melakukan uji coba para Ilmuan perlu memastikan apakah molekul-molekul tersebut aman dan efektif menangkal SARS-CoV-2.

Score Tertinggi Pemain Game Foldit

Ilmuan Pakai Game Foldit Untuk Melawan Virus Corona

Game Foldit yang di pakai Ilmuan untuk melawan virus Corona meluncur pada tahun 2008. Foldit merupakan permainan video puzzle online tentang pelipatan protein. Foldit masuk dalam proyek penelitian eksperimental yang dikembangkan oleh University of Washington, Pusat Ilmu Permainan yang bekerja sama dengan Departemen Biokimia.

Dalam perjalanannya Foldit banyak mengalami perkembangan dari segi konten. Kemampuan visualisasi yang apik memudahkan pemain daalam menyelesaikan puzzle. Foldit bukanlah game yang sulit dimainkan, oleh karena nya seseorang yang hendak turut andil dalam uji coba ini tidak dituntut memiliki keahlian khusus.

Dalam table high score utuk perolehan skor tertinggi di pegang oleh pemain bernama toshiue dan para peneliti dari kelompok Go Science. Sayangnya, antusiasme yang tinggi dari para pemain kabarnya menyebabkan server Foldit mengalami gangguan.

Mengutip data dari Johns Hopkins University, secara keseluruhan sudah ada 141 negara yang mengonfirmasi terkena pandemi virus Corona. Total hingga sekarang kasus pandemi virus corona mencapai 156.112. Tercatat jumlah kematian mencapai 5.829 kasus, sedang yang dinyatakan sembuh sebanyak 73.955. Cina, Italy dan Iran menjadi negara dengan jumlah kematian terbanyak.

Bagikan untuk teman:
Loading...