legend-banner
Smartphone 5G Diprediksi Mulai Dipasarkan di 2019

Smartphone 5G Diprediksi Mulai Dipasarkan di 2019

Perkembangan teknologi kian hari kian canggih. Tak hanya dari segi perangkat mobile, teknologi jaringan pun juga ikut berkembang dari waktu ke waktu. Setelah jaringan 4G yang hampir digunakan oleh kebanyakan besar smartphone dunia, kini jaringan 5G sedang menjadi pembicaraan hangat di dunia telekomunikasi. Meski saat ini pengembangan jaringan 5G masih sebatas infrastruktur jaringan, namun dikabarkan dua tahun lagi atau pada 2019 nanti smartphone dengan teknologi 5G akan mulai beredar. Wow!

Hal ini diungkapkan oleh CEO Qualcomm Steven Mollenkopf dalam event Frankfurt Motor Show, Jerman yang diadakan September 2017 lalu. Dia mengatakan jika pemasaran perdana smartphone 5G secara komersial akan dimulai pada 2019 atau lebih cepat dari perkiraan sebelumnya (2020) karena adanya permintaan dari konsumen dan juga segi bisnis.

Baca Juga :

“Kamu akan melihat perangkat sungguhan di 2019. Jika aku menjawab pertanyaan serupa tahun lalu, aku akan menjawab 2020,” kata Mollenkopf (19/9/2017), seperti diikuti dari laman detikINET.

Mollenkopf juga menambahkan jika saat ini sudah ada beberapa operator jaringan di Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan yang sedang mempersiapkan peluncuran jaringan 5G pada 2019. Selain itu ada juga operator seluler China yang juga melakukan persiapan serupa.

Pengujian Jaringan 5G di Dunia

Smartphone 5G

Meski masih sebatas pengembangan infrastruktur jaringan, namun banyak pihak yang sudah mulai mempersiapkan uji coba jaringan 5G. Contohnya saja Qualcomm yang sudah melakukan pengujian jaringan 5G di seluruh dunia.

Di Februari 2017 Qualcomm mengumumkan kemitraan dengan Ericsson dan Telstra untuk melakukan uji coba jaringan 5G. Di saat yang sama, Qualcomm bersama Ericsson juga akan menjadi mitra percobaan jaringan 5G dengan NTT DoCoMo yang merupakan operator telekomunikasi Jepang dan Vodafone yang merupakan raksasa telekomunikasi di Eropa.

Loading…


Percobaan jaringan 5G dengan NTT DoCoMo di Jepang akan dilakukan pada paruh pertama 2018 nanti, sementara Vodafone akan melakukan hal yang sama di Inggris sebelum akhir 2017. Saat ini Qualcomm juga tengah membantu Verizon untuk menggelar percobaan jaringan 5G pro-komersil dengan Samsung, Cisco, Ericsson, Nokia, Intel dan LG.

ZTE Uji Coba Jaringan 5G di India

Smartphone 5G

Seperti disebutkan diatas, tak hanya operator telekomunikasi yang menunjukkan ketertarikan untuk menguji coba jaringan 5G, operator seluler dari China pun dikabarkan tengah melakukan hal serupa. Hal ini dipertegas dengan ZTE yang sudah memulai uji coba teknologi jaringan 5G di India pada Selasa (3/10/2017). Selain ZTE yang merupakan perusahaan asal China, ada juga perusahaan telekomunikasi asal India yang melakukan hal yang sama, yaitu Bharti Airtel, Vodafone India, dan Reliance Jio.

Baca Juga :

India adalah salah satu pasar wireless global dan smartphone terbesar yang terus tumbuh dengan sangat cepat sekaligus salah satu pasar penting bagi produk ZTE. Tak heran kiranya jika perusahaan asal China ini melakukan uji coba penggunaan jaringan 5G di India. Langkah ini juga dilakukan untuk lebih kompetitif dengan kompetitor lain yang juga membidik pasar India, seperti Huawei, Nokia, dan Ericsson.

Indonesia Terapkan 5G di 2019?

Smartphone 5G

Jika sudah banyak operator dunia yang menguji coba jaringan 5G, lantas bagaimana dengan Indonesia. Apakah juga akan terapkan jaringan 5G di 2019?

Menurut Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika  (Kominfo), Basuki Yusuf Iskandar, masih ada pekerjaan rumah yang banyak jika Indonesia ingin mengimplementasikan jaringan 5G karena sebagai perbandingan saat ini penggunaan jaringan 4G di Indonesia baru mencapai 55%. Menurutnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari regulasi pemerintah, kesiapan operator telekomunikasi hingga mengedukasi masyarakat agar bisa memanfaatkan jaringan 5G dengan maksimal.

Bagikan untuk teman:
Loading...