11 Karakter Avengers Era Kerajaan Majapahit, Keren!

11 Karakter Avengers Era Kerajaan Majapahit, Keren!

Avengers: Endgame (2019) mempunyai hype yang sama seperti film superhero Marvel yang telah dibuat sebelumnya. Banyak pembicaraan mengenai film, karakter, dan jalan ceritanya di media, sosial media, bahkan di dalam pembicaraan sehari-hari. Masyarakat Indonesia termasuk ke dalam orang-orang yang turut antusias akan hadirnya film ini. Saking antusiasnya, bahkan ada seorang seniman yang membuat ulang pelbagai karakter Avengers Endgame, seperti sekarang ini yang di buat ulang ala kerajaan Majapahit.

Karakter-karakter tersebut dibuat ulang ala Indonesia oleh ilustrator sekaligus komikus Is Yuniarto. Selain perubahan nama dan juga desain karakter Marvel, nama Avengers pun dirubah oleh Is Yuniarto menjadi ADIWIRA yang menyesuaikan dengan latar tempat karakter ini berasal, yakni Kerajaan Majapahit atau Wilwatikta. Karya Is Yuniarto ini diunggahnya di media sosial berbagi foto, Instagram. Oke deh, tanpa lama-lama, langsung aja, ini dia karakter-karakter Avengers Endgame yang dibuat ulang oleh Is Yuniarto versi kerajaan Majapahit!

Baca Juga :

Captain America Menjadi Senopati Satya Roja

Senopati Satya Roja

Pahlawan Marvel yang menjadi Avengers pertama versi Kerajaan Majapahit, Captain America, menjadi karakter pertama pula yang dirilis Is Yuniarto ke publik. Dalam karyanya, Is Yuniarto menyebut Captain America sebagai Senopati Satya Roja. Diceritakan bahwa Ia masuk ke dalam prajurit yang mendampingi Raden Wijaya semenjak Wilwatikta didirikan. Suatu hari, ketika ia sedang mengejar musuh, Satya Roja kena jurus tapak beracun. Jurus yang dikeluarkan oleh gembong pemberontak ‘Tengkorak Abang’.

Akibat terkena jurus itu, ia terjatuh ke dalam kawah Gunung Wilis. Setelahnya, tubuh Satya Roja menjadi membeku selayaknya batu. Namun, 70 tahun kemudian, efek racun yang mengenainya sirna. Satya Roja kembali dari tidurnya dan kembali menyandang perisai ‘Surya Wilwatikta’ yang bercorak panji kerajaan merah putih. Ia sekali lagi kembali mengabdi untuk Wilwatikta, yakni mengabdi untuk Sang Rajasanegara Hayam Wuruk.

Baca Juga :

Iron Man Menjadi Wesijalma

Wesijalma

Karakter manusia besi yang selalu berebut kepemimpinan di Avengers, Iron Man, dibuat ulang juga oleh Is Yuniarto untuk versi Kerajaan Majapahit. Nama Tony Stark diganti menjadi Tosan Attarka, dan Iron Man menjadi Wesijalma. Diceritakan bahwa Tosan Attarka merupakan seorang saudagar flamboyan yang kaya raya. Ia berasal dari kota pelabuhan Tuban. Kota ini memiliki jaringan dagang hingga ke Siam, Campa, Tiongkok, serta Gujarat.

Dalam perjalanan berdagangnya, Tosan mengumpulkan pelbagai jenis senjata dan juga baju zirah guna dipelajari dan juga dikembangkan demi kebutuhan militer dari kerajaan Wilwatikta. Salah satu senjatanya mampu membuat armada perang Wilwatikta menjadi superior. Senjata yang dimaksud adalah meriam mini cetbang.

Thor Menjadi Mpu Geledek

Mpu Geledek

Karakter Avengers Thor namanya diganti menjadi Mpu Geledek dalam versi Kerajaan Majapahit. Tidak seperti aslinya, sebelum mendapat julukan, Mpu Geledek mempunyai nama asli Tora Indraputra. Ia dikenal sebagai seorang brahmana yang berdomisili di gunung Semeru. Dirinya mempunyai keahlian membuat senjata pusaka.

Para bangsawan dan juga pendekar datang kepadanya untuk ditempakan senjata pusaka. Senjata-senjata itu ditempa dengan Palu Saktinya, ‘Brajagodam’. Mpu Geledek, dirumorkan sebagai titisan dewa petir Batara Indra. Selain rumor itu, rumor lainnya mengatakan bahwa dirinya merupakan golongan ‘Amertajiwa’, yakni orang-orang suci yang abadi.

Hulk Menjadi Ra Bulus

Ra Bulus

Karakter Avengers Hulk yang tergabung di dalam Adiwira diilustrasikan Is Yuniarto sebagai Ra Bulus dalam versi Kerajaan Majapahit. Sebelum menjadi Ra Bulus, ia dikenal sebagai Bulus Ijo. Pekerjaannya adalah seorang sastrawan yang tugasnya mempelajari kitab-kitab kuno yang ada di Istana Tumapel.

Suatu ketika, Bulus Ijo berhasil memecahkan sandi aksara kuno, untuk kemudian membaca kitab terlarang ‘Gamaraga’. Akibat dari tindakannya itu, kesadarannya menghilang, dan ia berubah menjadi Ra Bulus yang berbadan raksasa dan berkulit hijau serta dipenuhi amarah. Sebelum menjadi bagian dari Adiwira, Ra Bulus pernah meluluh-lantakkan Trowulan dan menjadi buronan dari para pasukan Bhayangkara.

Black Widow Menjadi Randa Ireng

Randa Ireng

Is Yuniarto dalam karyanya tidak melupakan Black Widow. Karakter Avengers Endgame ini turut dibuat ulang dalam versi Kerajaan Majapahit. Namanya menjadi Randa Ireng dengan nama asli Dyah Nata Shamahita. Asalnya dari Kahuripan dan ia masuk ke dalam Anggota Telik Sandi Wilwatikta.

Oleh karena keahliannya yang mumpuni, Randa Ireng pernah dijadikan sebagai pengawal pribadi dari Rani Tribhuwana Tungga Dewi. Sejak kecil, Randa Ireng dilatih bela diri ‘Sundang Majapahit’. Latihan itu membuatnya mahir dalam penyusupan, penaklukan, dan perlindungan. Dengan keahliannya itu pula, menjadikannya, terseret ke dalam ekspedisi penumpasan pemberontakan di pelbagai daerah.

Hawk Eye Menjadi Soca Dedali

Soca Dedali

Soca Dedali menjadi karakter Avengers yang dibuat ulang dalam versi Kerajaan Majapahit menyerupai Hawkeye. Namun tidak seperti aslinya, di Adiwira, ia tidak mendapatkan nama asli. Keahliannya, tentu saja memanah. Ia merupakan seorang mantan pasukan elit Bhayangkara.

Pengalamannya dalam misi rahasia bejibun. Pelbagai wilayah di nusantara telah ia kunjungi. Salah satu misi rahasianya yang paling terkenal adalah menumpas gerombolan penyamun di sarangnya, serta musuh politik kerajaan Wilwatikta. Sama seperti aslinya, Soca Dedali mempunyai hubungan khusus dengan Randa Ireng.

Spiderman Menjadi Kalangga

Kalangga

Di Adiwira, Peter Parker menjadi bernama Petir Parikesit. Sedangkan karakter superhero Avengers Spiderman menjadi bernama Kalangga dalam versi Kerajaan Majapahit. Diriwayatkan bahwa Petir Parikesit merupakan seorang remaja yang mempunyai profesi pembuat ukiran dinding yang berasal dari desa di Selatan Trowulan.

Suatu saat, desanya, diserang oleh gerombolan penyamun. Karena serangan itu, Petir terpaksa lari ke dalam hutan. Kemudian, ia bersembunyi dalam sebuah gua. Di dalam gua, ia digigit laba-laba beracun yang sudah berusia ratusan tahun. Laba-laba itu mempunyai racun langka. Akibat racun tersebut, Petir menjadi punya kekuatan yang serupa dengan laba-laba.

Nick Fury Menjadi Rakryan Tumenggung Nirendra Wuri

Rakryan Tumenggung Nirendra Wuri

Adanya Nick Fury dalam Adiwira dianggap penting oleh Is Yuniarto dengan membuat ulang karakternya. Ada pun karakter Avengers Endgame ini, di dalam versi Kerajaan Majapahit, diberi nama Rakryan Tumenggung Nirendra Wuri. Ia merupakan seorang petinggi telik sandi kerajaan. Tanggung jawabnya ada pada sektor pertahanan dan juga keamanan kerajaan.

Selain tanggung jawab itu, ia mendapatkan mandat rahasia dari Mahapatih Amangkubumi Gajah Mada. Mandatnya berupa pembentukkan kelompok Adiwira yang isinya terdiri dari pelbagai macam insan terbaik kerajaan. Maksudn dibentuknya Adiwira, yakni pengerahan anggotanya untuk menghadapi musuh dan atau situasi yang tak dapat dituntaskan oleh pasukan Bhayangkara.

Doctor Strange Menjadi Mahatabib Shutarangga

Karakter Avengers Endgame Mahatabib Shutarangga

Doctor Strange menjadi karakter Avengers Endgame yang turut dibuat ulang dalam versi Kerajaan Majapahit. Ia diceritakan sebagai seorang tabib istana yang bernama Shutasoma Ranggajaya. Sama seperti cerita aslinya, Ranggajaya mengalami penyakit aneh yang tidak dapat diobati. Akibatnya, ia mencari kesembuhan ke pelbagai tempat hingga pada akhirnya sampai ke pegunungan Tibet.

Setelah sembuh, ia kembali ke Jawadwipa dengan maksud membaktikan hidupnya untuk rakyat. Kembali dari Tibet, ia menjadi Mahatabib Shuta yang tidak hanya dapat menyembuhkan pasien, tetapi juga dapat mengusir roh jahat. Selain kedua keahlian itu, ia juga punya jurus tapak ragasukma serta dibekali pusaka batu semesta bintang hijau.

Black Panther Menjadi Macan Wulung

Karakter Avengers Endgame Macan Wulung

Pahlawan Marvel dari Wakanda, Black Panther, turut kebagian dibuat ulang. Karakter Avengers, Black Panther, di dalam versi Kerajaan Majapahit memiliki nama Macan Wulung dengan nama asli Rambe Tacala. Dikisahkan bahwa Rambe Tacala merupakan seorang putra dari kepala suku negeri makmur Wwani, di Papua Samudranta. Kedatangannya ke Trowulan ada sebagai duta negeri koalisi Wilwatikta. Tacala mempunyai rajah macan kumbang yang menjadikannya kebal senjata tajam.

Thanos Menjadi Tano Sukhbataar

Karakter Avengers Endgame Tano Sukhbataar

Thanos menjadi satu-satunya karakter Avengers Endgame berstatus penjahat yang dibuat ulang dalam versi Kerajaan Majapahit. Namanya diganti menjadi Tano Sukhbataar. Diceritakan bahwa Tano, merupakan mantan Jenderal Mongol yang mempunyai ambisi untuk membalas kekalahan pasukan Tartar di Jawadwipa pada puluhan tahun yang lalu. Ia membuat sumpah akan menghancurkan kerajaan Wilwatikta. Dirumorkan bahwa ia berasal dari garis keturunan Meng Qi yang pernah menjadi utusan Kaisar Mongol dan dipermalukan di Jawadwipa.

Pasukan di bawah kepemimpinan Tano Sukhbataar tidak pernah gagal dalam menaklukkan benteng lawan. Kini, Jenderal Tano membawa armada tempurnya ke Jawadwipa dengan maksud mencari Mustika Bintang Semesta yang dikabarkan dapat memberikan kekuatan magis.

Udah deh ulasan karakternya! Kira-kira, setelah lihat latar belakang dan desain dari 11 karakter Avengers Endgame yang dibuat ulang oleh Is Yuniarto dalam versi Kerajaan Majapahit, mana yang jadi favoritmu? Jangan lupa bagikan artikel ini, jika kamu rasa bermanfaat!

Bagikan untuk teman: