sukistreet
2 Cara Screenshot di Laptop Tanpa Microsoft Paint

2 Cara Screenshot di Laptop Tanpa Microsoft Paint

Baru-baru ini Microsoft mengumumkan akan menghapus salah satu aplikasi gambar legendaris yang pasti dikenal semua orang yang memakai PC/laptop dengan OS Windows; Microsoft Paint. Aplikasi yang sering di gunakan untuk screenshot di laptop dan sudah berusia 32 tahun ini akan dihapus dalam pembaharuan Windows 10 Fall Creators Update.

Hal ini berarti dalam pembaruan windows 10 terbaru di tahun ini tak akan ada lagi pengembangan untuk Microsoft Paint. Dikarenakan hal tersebut, maka simak cara screenshot di laptop tanpa Microsoft Paint berikut ini.

Baca Juga :

Screenshot Menggunakan Snipping Tool

snipping-tool-new

Program Microsoft Paint biasanya digunakan untuk menggambar maupun mewarnai. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menaruh, menyimpan dan mengedit foto hasil screenshot dari PC/laptop. Namun setelah Microsoft Paint ditiadakan, lalu bagaimana cara screenshot di Windows tanpa Microsoft Paint? Begini caranya!

  • Hidupkan PC / laptop Anda
  • Pada start menu Windows, ketik Snipping Tool, klik pada hasil pencarian yang keluar
  • Snipping Tool merupakan program desktop yang menjadi bawaan di produk Windows sejak tahun 2002. Aplikasi ini pertama kali dirilis sebagai aplikasi tambahan untuk Windows XP.
  • Terdapat empat opsi modus yang bisa dipilih, yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip dan Full-screen Snip.
  • Pilih salah satu opsi yang diperlukan, klik dan layar pun otomatis ter-capture
  • Di jendela baru Snipping Tool Anda bisa mengedit dan juga menyimpan hasil screenshot langsung ke PC / laptop

Screenshot Menggunakan Tombol Prt Sc

tombol Print screen

Selain menggunakan Snipping Tool, Anda juga bisa langsung printscreen layar laptop dengan cara:

  • Tekan tombol Prt sc yang ada di bagian atas keyboard laptop / PC
  • Jika ingin langsung insert hasil screenshot ke Microsoft Word, tekan ctrl + V
  • Jika ingin mengedit hasil screenshot di Snipping Tool, tekan ctrl + Prt Sc

Microsoft Paint Tak Hilang Kok!

Microsoft Paint

Dihapusnya aplikasi Microsoft Paint untuk update Windows berikutnya banyak menimbulkan reaksi dari kalangan pengguna setia Microsoft. Meski sederhana, namun banyak pengguna Windows yang sudah kepincut dengan aplikasi ini. Sebagai informasi, aplikasi Paint sudah ada sejak era Windows 1.0 yang dirilis November 1985 lalu. Sejak dirilis, aplikasi ini terus mendapat pembaharuan yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna Microsoft, seperti bisa disimpan dalam format TIFF, JPEG dan sebagainya Meski banyak aplikasi olah gambar, namun Microsoft Paint menjadi salah satu favorit pengguna karena sederhana, mudah dioperasikan dan sudah default ada di setiap produk Windows.

Loading…

Dalam keterangannya Microsoft mengkategorikan Microsoft Paint sebagai depreciated feature atau fitur yang tidak lagi sesuai dengan zaman sehingga akan dihilangkan pada update Windows tahun ini. Namun sebenarnya Microsoft Paint tak benar-benar hilang dari Windows kok! Di website Resmi Microsoft tertulis bahwa Microsoft Paint tetap ada, namun tidak masuk dalam bundle OS seperti biasa melainkan tersedia di Windows Store yang bisa Anda download secara gratis! Selain itu ada juga aplikasi Paint 3D yang merupakan pengganti Paint dalam versi yang lebih lengkap. Aplikasi ini memiliki kemampuan sama seperti Microsoft Paint, seperti menggambar, olah gambar 2D atau sekedar membuat garis. Aplikasi ini juga terus mendapat pengembangan dari Microsoft lho!

So, bagi Anda yang sudah terlanjur sayang dengan aplikasi ini jangan berkecil hati ya! Anda masih bisa menjumpai Paint di Windows Store dan menggunakannya seperti biasa. Ikuti terus Kabar Games untuk jadi yang pertama tahu tentang update terbaru mengenai, games, tips dan trick dan review berbagai gadget.

Baca Juga :

Bagikan untuk teman:
Loading...