legend-banner
Asal Usul dan Sejarah Singkat Berdirinya PlayStation

Asal Usul dan Sejarah Singkat Berdirinya PlayStation

25 tahun sudah PlayStation (PS) hadir menemani para gamers yang ada di penjuru dunia. Dalam kurun waktu tersebut, PlayStation telah banyak mengeluarkan produk-produk yang laris di pasaran. Namun, dibalik kesuksesan tersebut, tahukah kamu sejarah lahirnya raksasa konsol PlayStation?

PlayStation adalah produk dengan masa lalu yang aneh. Dari masalah di masa pra-order yang buruk hingga maskot yang solid, platform ini telah menunjukkan diri mereka sebagai produk yang menyenangkan. Dan dengan momentum peluncuran PlayStation 5, berikut adalah beberapa momen paling menonjol dalam sejarah platform gaming ini.

Baca Juga :

Sejarah PlayStation

Sejarah PlayStation

PlayStation awalnya dikonsep sebagai proyek antara Sony dan Nintendo pada tahun 1988 dan bekerja sebagai CD-ROM untuk Super Famicom. Setelah bertahun-tahun bekerja sama, Nintendo membatalkan kemitraan ini dan memilih untuk melakukan ide yang sama dengan Philips dengan teknologi yang sama yang dilakukan karena tidak ada kesepakatan yang dapat dibuat tentang bagi hasil antara dua perusahaan asal Jepang tersebut.

Hal ini memancing kemarahan Norio Ohga, presiden Sony yang kemudian menunjuk Ken Kutaragi sebagai “The Father of the PlayStation” untuk membuat konsol saingan mereka, PlayStation. Pada Mei 1992, negosiasi dengan Nintendo berakhir dan pertemuan diadakan dua bulan kemudian untuk memutuskan nasib PlayStation.

Gagasan ini diadakan dari sistem berbasis CD-ROM yang dirancang untuk bermain game dengan grafik 3D. Meskipun memiliki desain ini, ada banyak perdebatan antara fokus pada sprite 2D yang telah dicoba akan berdampak pada pengujian poligon 3D yang lebih baru.

Manabu Sakamoto yang merancang logo PlayStation disiapkan untuk menangkap fokus 3D konsol ke depannya. Ilusi optik ini memiliki huruf “P” di latar depan dan “S” di latar belakang, meniru objek 3D. Fokus utama dari dasar PlayStation adalah perpindahannya ke Sony Music yang membantu menarik banyak talenta dan membentuk pendekatan modern beberapa arsitektur konsol.

Loading…

Pada tahun 1993, proyek PlayStation secara resmi mendapat lampu hijau oleh para eksekutif Sony setelah bertahun-tahun dikembangkan. Konsol PlayStation pertama dirilis pada bulan Desember 1994 di Jepang dan September 1995 di seluruh dunia dengan harga peluncuran $ 299, $ 100 lebih murah daripada Sega Saturn, pesaingnya pada saat itu.

Lucunya, tanggal peluncuran ini berhasil melangkahi jadwal pesaing utamanya, Nintendo, setahun dan menjadi salah satu langkah dasar yang memberikan fondasi penjualan PlayStation di Era selanjutnya. Pada akhir September, PlayStation telah melihat banyak judul klasik seperti Rayman, Wipeout, NBA Jam: Tournament Edition, dan Street Fighter: The Movie.

Baca Juga :

Pada saat itu, PlayStation 1 berhasil terjual sebanyak 102,49 juta unit hingga Desember 2003 dan menjadi konsol video game pertama yang laku sebanyak 120 juta unit. Dengan catatan ini, PlayStation berhasil menjadi sukses besar yang kemudian menjadi lebih mengesankan dengan fakta bahwa ini adalah percobaan solo pertama Sony.

Beberapa faktor lagi yang menyebabkan ketenaran ini adalah harga jual, kegunaan multifungsi sebagai pemutar CD, dan target pemasaran yang bagus. Tingginya tingkat penjualan PlayStation 1 berhasil membangun merek ini dalam beberapa waktu.

PlayStation 2 Meluncur

PlayStation 2 Meluncur

Anehnya, tindak lanjut dari PlayStation 1 adalah dua konsol, PlayStation 2 dan PS One, desain ulang yang lebih kecil dari aslinya. Konsol kecil ini berhasil melebihi tingkat penjualan PS2 di tahun pertama dari kedua penjualan mereka. PS2 dijadwalkan untuk meluncur sembilan bulan sejak rilis di Jepang pada bulan Maret dan akhirnya, di seluruh dunia pada bulan November.

Meskipun memiliki awal yang lebih lambat dari PS One, PS2 akhirnya mengakhiri perjalanan 12 tahunnya pada tahun 2012 sebagai konsol video game terlaris sepanjang masa dengan tingkat penjualan lebih dari 155 juta unit. Nyatanya, konsol ini juga punya kemampuan lebih baik dari pendahulunya dan memulai langkahnya dengan cepat.

Prosesor 128-bit adalah komponen kunci dalam menawarkan akomodasi CD dan DVD dan add-on yang dapat dibeli untuk kemampuan internet, kamera, dan banyak lagi. Beberapa judul fantastis yang berhasil meningkatkan pamor PlayStation 2 adalah Kingdom Hearts, Jak & Daxter, Beyond Good & Evil, God of War, Okami, dan banyak lagi.

PlayStation 2 juga dapat bekerja untuk secara efektif menggantikan pemutar DVD, PS1, pemutar CD, dan hampir semua hal lain di rumah. Sesuatu yang Xbox One coba dan gagal diaplikasikan pada 13 tahun kemudian. Model yang ramping juga membantu membuat paket konsol ini menjadi lebih menarik.

Lahirnya PS3

Lahirnya PS3

Dengan kesuksesan menderu dari dua konsol terakhirnya dan kebangkitan dari Xbox original, PlayStation 3 memiliki cukup banyak target yang mesti dipenuhi yang sayangnya gagal terealisasi. Dengan harga peluncuran $ 599 untuk model 60GB, konsol ini tidak bisa memenuhi valuasi harga tersebut.

Memang, PS3 memiliki beberapa judul menonjol untuk dimainkan seperti Resistance: Fall of Man, Elder Scrolls IV: Oblivion, dan Sonic The Hedgehog, namun banyak yang tidak terima dengan valuasinya yang terlampau tinggi.
Harga jual dan tingkat penjualan yang biasa-biasa saja ini membuat Xbox 360, yang tidak diunggulkan pada saat itu, terjual lebih banyak dari PS3.

Hal inilah yang akhirnya membawa Xbox berhasil mengalahkan PlayStation di puncak konsol gaming selama tahun 2013. Sejujurnya, PS3 memiliki beberapa teknologi bagus layaknya konsol pertama yang mendapatkan Blu-Ray dan pengoptimalan online-nya, tetapi dampak dari rilisnya yang biasa-biasa saja membutuhkan waktu untuk pulih.

Namun tidak lama, PS3 berhasil meraih kembali posisinya dengan re-releases yang lebih murah dan beberapa game eksklusif yang cukup laris seperti Metal Gear Solid 4, Uncharted, Little Big Planet, dan The Last of Us, yang semuanya seolah memperbaiki masalahnya di masa lalu. Terbukti, pada Mei 2017, PS3 telah terjual sebanyak 86,90 juta unit dan mendapatkan kembali posisinya yang hilang semasa peluncurannya.

Belajar banyak dari harga peluncuran PS3 yang dikritik publik, PlayStation 4 dirilis dengan harga $ 399 pada November 2013. Beberapa game eksklusif terbaik yang ditawarkan PS4 termasuk Bloodborne, Final Fantasy VII Remake, Spider-Man, dan God of War. Masing-masing game ini menawarkan narasi unik, gameplay yang mencekam, dan visual yang fantastis.

Perubahan lebih lanjut dilakukan pada unit PS4 dasar datang dalam bentuk PS4 Slim dan PS4 Pro yang masing-masing menawarkan titik harga yang lebih baik dan kinerja yang lebih tinggi. Pada September 2020, 112 Juta PS4 telah terjual, menjadikannya konsol PlayStation terlaris kedua dan konsol terlaris keempat yang pernah ada di dunia.

Namun Sony sepertinya masih belum puas, kareka pada 12 November lalu, mereka memperkenalkan PlayStation 5 di Amerika Utara, Jepang, Mexica, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Kali ini, PlayStation akan meluncurkan dua model secara bersamaan dengan peluncuran PS5 discless seharga $ 399 dan edisi yang dilengkapi ruang disc seharga $ 499.

Jika kamu kebetulan cukup beruntung mendapatkan jatah pre-order dari generasi kelima konsol ini, berikut adalah beberapa judul game yang dapat Anda nikmati selama hari peluncuran platform tersebut: Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Sackboy: A Big Adventure, GodFall, Destruction All-Stars, dan Demon’s Souls.

Nantikan terus informasi fakta terupdate seputar game, gadget, dunia digital, dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...