legend-banner
WhatsApp Live Location, Fitur Pelacak Teman dari WA

WhatsApp Live Location, Fitur Pelacak Teman dari WA

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi layanan pesan instan dengan pengguna aktif terbanyak di dunia. Berbagi lokasi di aplikasi WhatsApp kini semakin mudah karena pengguna akan dimanjakan dengan fitur baru yang memfokuskan dalam berbagi lokasi secara lebih nyata dengan fitur baru bernama WhatsApp (WA) Live Location.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman blog resmi WhatsApp, fitur Live Location merupakan fitur terbaru dari WhatsApp yang akan memudahkan pengguna untuk berbagi informasi lokasi secara real time kepada orang-orang yang diinginkan, entah itu keluarga, teman maupun kerabat. Dalam fitur ini juga terdapat kontrol yang memungkinkan pengguna memilih kepada siapa-siapa saja lokasi dibagikan dan dalam waktu berapa lama.

Baca Juga :

Fitur Pelacak Lokasi Teman

WhatsApp Live Location

Fitur terbaru WhatsApp ini dipandang sebagai salah satu cara sederhana dan aman bagi pengguna untuk membuat orang lain mengetahui keberadaan Anda. Misalnya, orangtua bisa mengetahui dimana lokasi anak mereka saat ini atau teman bisa melacak keberadaan Anda ketika diajak ketemuan.

Perlu di ketahui, fitur WhatsApp (WA) Live Location ini menggunakan teknologi enkripsi end-to-end sehingga informasi yang dibagikan menjadi lebih terjamin keamanannya dari akses pengguna lain yang tidak diinginkan. Fitur berbagi lokasi seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru. Layanan lain seperti Facebook Messenger dan Google Maps telah lebih dulu mengeluarkan fitur ini dengan mekanisme yang sama dan baru-baru ini, Telegram juga menghadirkan fitur yang sama.

Cara Menggunakan WhatsApp Live Location

WhatsApp Live Location

Untuk dapat menikmati fitur live location ini, pengguna tidak diharuskan mengupdate WhatsApp ke versi terbaru karena fitur ini merupakan update dari pihak server WhatsApp. Pengguna cukup memeriksa apakah fitur ini sudah diaktifkan atau belum.

Loading…

Cara menggunakan WhatsApp Live Location pun cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya untuk Anda!

  • Buka salah satu chat di WhatsApp (bisa grup maupun individu) yang Anda ingin berbagi lokasi lewat fitur Live Location.
  • Tap ikon ‘file attachment’ dengan tanda paper clip yang ada di pojok kanan kolom untuk mengetik pesan.
  • Akan muncul pilihan attachment yang akan di-share, kemudian pilih ‘Location’.
  • Pada WhatsApp yang sudah tersedia fitur ini, akan tampil ‘Share Live Location’ di fungsi ‘Send Location’ yang sudah ada.
  • Jika baru pertama kali digunakan, akan muncul pop-up yang berisi tulisan ‘To send a nearby place or your location, allow WhatsApp access to your location’
  • Pilih ‘Continue’
  • Di jendela ‘Send Location’, pilih lokasi yang ingin Anda share, entah itu lokasi Anda saat ini ataupun tempat lainnya yang diinginkan
  • Anda bisa mengatur berapa lama akan membagi lokasi tersebut secara real time dengan beberapa pilihan yang ada, yaitu 15 menit, 1 jam dan 8 jam.
  • Untuk membatalkan membagi Live Location, Anda cukup menekan tombol ‘Stop Sharing’.

WhatsApp Live Location

Baca Juga :

Fitur terbaru WhatsApp (WA) Live Location ini akan diluncurkan secara bertahap untuk pengguna di seluruh dunia dalam beberapa waktu. Fitur baru ini akan tersedia untuk semua perangkat Android maupun iOS. Namun, admin telah mencoba menggunakan fitur ini dan tampaknya sudah tersedia di aplikasi WhatsApp (WA). Jadi buat Anda yang ingin menggunakan fitur terbaru dari WhatsApp ini, Anda bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp Anda dan ikuti langkah-langkah cara menggunakannya seperti di atas.

Cara Share Live Location di WA

Tonton video cara share di atas dengan seksama agar bisa mengaktifkan fitur live location di WhatsApp (WA), oiyah, fitur ini tidak bisa digunakan pada saat kamu membuka WhatsApp Web yah. Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak soal perkembangan terkini berbagai aplikasi, berita gadget terbaru dan juga games. Ada juga tips & trik seputar smartphone dan gaming, review hingga berbagai tutorial menarik.

Bagikan untuk teman:
Loading...