legend-banner
Universitas Gorontalo (Unigo) Website Kena Hacked!

Universitas Gorontalo (Unigo) Website Kena Hacked!

Peretasan memang bukan hal yang baru untuk saat ini. Ada banyak kasus peretasan yang terjadi di Indonesia sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang. Untuk sebagian orang awam, kata atau nama hacker atau peretas selalu identik dengan seseorang yang melakukan hal-hal yang berkonotasi negatif. Namun, bagi yang sudah mengerti akan bagian atau kategori-kategori dalam dunia hacking akan dapat lebih mudah membedakan mana hacker dalam kategori hitam dan mana yang putih.

Sejak beberapa tahun terakhir, banyak kasus peretasan yang terjadi di lingkup Indonesia. Namun, hanya beberapa di antaranya yang mengharuskan pihak kepolisian turun tangan untuk menangkap pelakunya. Memang ada banyak sekali kasus peretasan yang terjadi di lingkup wilayah Indonesia.

Baca Juga :

Dan kali ini, peretasan untuk memperingati hari kemerdekaan sepertinya menjadi “tradisi” para defacer tanah air. Tak terkecuali tahun ini. Nah kali ini situs Universitas Gorontalo diretas defacer dengan kode nama ./RlzMtnCK menggunakan motif serupa.

unigo-hacked

Selain meretas websites Universitas Gorontalo dengan domain utama unigo.ac.id, defacer juga meretas tiga sub-domain lainnya. Namun tidak merusak halaman depan situs, hanya menitipkan file 17.php di dalamnya.

http://unigo.ac.id/17.php
http://digiprint.unigo.ac.id/17.php
http://forum.unigo.ac.id/17.php
http://lp2m.unigo.ac.id/17.php

Defacer tersebut menampilkan gambar Ir.Soekarno dengan tulisan “HUT Dirgahayu Indonesia Yang Ke 71 JAYALAH INDONESIAKU!” di script deface nya. Sampai berita ini dirilis, file file tersebut masih ada, berarti belum ada langkah patching dari admin web yang bersangkutan.

Namun kemungkinan peretasan peretasan lain dengan motif serupa akan terus berlanjut dengan target situs situs pemerintahan. Kami akan terus memantau dan terus mengabarkan jika terjadi peretasan lainnya yang menimpa situs akademik maupun pemerintah di Indonesia.

Loading…

Bagikan untuk teman:
Loading...