legend-banner
Valve Lakukan Reset MMR Dota 2, Ini Perubahannya

Valve Lakukan Reset MMR Dota 2, Ini Perubahannya

Setelah sebelumnya enggan untuk melakukan reset MMR Dota 2, akhirnya Valve menepati janjinya untuk melakukan pengaturan ulang. Sesuai dengan tanggal yang telah dijanjikan, mulai hari ini Valve telah melakukan reset MMR. Untuk mengatur ulang MMR, kamu bisa membuka menu pengaturan game kemudian cari bagian Kalibrasi Ulang MMR baru di bawah tab Akun.

Terkait waktu reset, Valve akan memberikan waktu mulai 22 Oktober hingga 22 November 2020. Ini dilakukan untuk mencegah pemain melakukan kalibrasi ulang sekaligus. Sementara untuk penyetelan ulang hanya dapat dilakukan sekali dan tersedia kapan saja hingga musim peringkat.

Baca Juga :

Sistem Reset MMR Dota 2

Sistem Reset MMR Dota 2

Dalam laman resminya, Valve menjabarkan secara rinci tambahan yang akan ada pada musim selanjutnya. Selain itu reset MMR yang akan diterapkan pada season berikutnya akan mirip dengan sistem Overwatch yang digunakan pada Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO).

“Kami menjadikan MMR reset opsional, dan bagi mereka yang ingin berpartisipasi, kami malah menyebarkannya sehingga tidak membuat terlalu banyak volatilitas pada saat yang sama (selain volatilitas yang sudah ada saat Anda memasuki kalibrasi). Kami berharap ini akan menghilangkan sebagian besar kelemahan dari reset MMR, dan membiarkan orang yang benar-benar ingin melakukannya dapat melakukannya di lingkungan yang lebih stabil, ”kata Valve.

Sistem ini sengaja di diadopsi Valve dari CS: GO karena Dota 2 akan menerapkan sistem yang sama dengan CS: GO. Selain itu, sistem ini turut dihadirkan untuk digunakan mencegah masuknya cheater yang berpotensi merusak ekosistem permainan ke dalam game Dota 2. Kendati demikian Valve menjelaskan bahwa sistem ini masih dalam tahap proses uji coba. Jika sudah tersedia Valve berjanji akan memberikan informasi lebih lanjut.

Valve juga menambahkan bahwa mereka telah melakukan perbaikan pada sistem deteksi akun smurf dan booster Dota 2. Akun Smurf sendiri saat ini hanya bisa bermain dengan sesama akun smurf lainnya dengan skor rendah.

Sementara itu, untuk memberantas akun booster Valve telah meningkatkan upaya untuk menghilangkan booster lewat sistem deteksi akun booster. Walhasil, lebih dari 14.000 akun booster diblokir dalam 30 hari terakhir. Perubahan ini tentunya secara signifikan akan meningkatkan pengalaman bermain bagi para pemain. Sistem baru Dota 2 sendiri rencananya akan di kalibrasi setiap enam bulan sekali.

Loading…

“Di masa lalu kami telah melihat banyak aspek negatif yang memaksa semua orang menyetel ulang MMR mereka pada waktu yang sama. Itu telah menjadi bagian dari keengganan kami untuk melanjutkan pengaturan ulang setiap 6 bulan, ”.

Perubahan Sistem Medal

Perubahan Sistem Medal

Dengan dimulainya reset MMR ini maka para pemain berkesempatan untuk melakukan kalibrasi 10 pertandingan untuk menentukan medal apa yang akan didapat nantinya. Berbeda dengan sebelumnya, pada kalibrasi 10 ini, semua perfome dari semua pertandingan tidak akan berpengaruh terhadap sistem baru milik Valve. Karena medal ditentukan dari persentase menang atau kalah.

Baca Juga :

Perubahan lain yang akan hadir mengisi musim baru yakni hilangnya sistem medal. Dimana medal berbintang nol akan hilang dan digantikan medal bintang 1 sampai bintang 5. Kendati berubah secara sistem namun urutan atau tingkat, medal yang ada masih akan tetap sama. Yakni sebagai berikut:

  • Tier 1 Rank – Herald
  • Tier 2 Rank – Guardian
  • Tier 3 Rank – Crusader
  • Tier 4 Rank – Archon
  • Tier 5 Rank – Legend
  • Tier 6 Rank – Ancient
  • Tier 7 Rank – Divine
  • Tier 8 Rank – Immortal

Untuk sistem ranking, Dota 2 masih menggunakan pembagian 5 bintang. Dimana pengaturan ini berlaku untuk Party dan Solo. Hanya saja permainan Solo mendapat signifikansi yang lebih besar dibanding party. Tak ketinggalan, pemain yang berhasil memperoleh bintang 5 di Divine maka otomatis akan ditampilkan di Leaderboards. Sementara medal setiap pemain juga akan turut ditampilkan di profile masing-masing.

Kabar baiknya, Valve memastikan bahwa tidak ada sistem turun medal. Dengan kata lain, medal yang sudah kalian dapatkan tidak akan penah bisa turun dan hanya bisa naik. Hal ini sekaligus menjadi penanda bahwa pemain pernah menduduki peringkat terbaiknya. Jika kamu adalah pemain lawas di Dota 2 maka kamu berhak mendapatkan medal Immortal yang secara khusus yang diberikan oleh Valve.

Pertanyaannya, apakah sistem yang diterapkan pada game-game kompetitif seperti ini benar-benar berhasil mampu membasmi pemain-pemain rusuh? Kita lihat saja. Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...