legend-banner
Twitter Uji Coba Tweet Menjadi 280 Karakter

Twitter Uji Coba Tweet Menjadi 280 Karakter

Bagi Anda pengguna setia Twitter, setelah sebelumnya menambah fitur Modus Malam Twitter, sekarang ada berita baik lagi nih! Jika selama ini karakter tweet (cuitan) di Twitter hanya dibatasi sebanyak 140 karakter, baru-baru ini Twitter diketahui tengah menguji coba menaikkan batas tweet menjadi 280 karakter.

Kabar gembira ini terungkap setelah Product Manager Twitter, Aliza Rosen, menuliskan tentang hal ini di blog resmi Twitter dalam postingan berjudul ‘Giving you more characters to express yourself’.

Tweet 280 Karakter-1

Baca Juga :

Dalam postingannya tersebut, Rosen menuliskan jika Twitter menginginkan setiap pengguna di seluruh dunia bisa dengan mudah mengekspresikan diri mereka melalui Twitter, yaitu dengan menambah limit karakter Twitter yang tadinya hanya 140 karakter menjadi 280 karakter untuk pengguna dengan bahasa yang terpengaruh (kecuali Bahasa Jepang, Korea dan Mandarin).

Masih dalam dalam postingannya tersebut, dikatakan bahwa keputusan untuk menambah jumlah karakter di Twitter didasarkan pada kenyataan bahwa setiap pengguna Twitter memiliki bahasa yang berbeda dan karakter serta kata yang ditulis pun jumlahnya juga berbeda.

Misalnya seperti Bahasa Jepang, Korea dan Mandarin yang bisa memuat dua kali lipat informasi dalam satu karakter dibandingkan bahasa lainnya, seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis dan Prancis. Masalah efisiensi penggunaan bahasa saat menggunakan Twitter ini menjadi masalah tersendiri bagi Twitter.

Penelitian kami menunjukkan kurangnya batas karakter membuat orang yang berkicau dalam bahasa seadanya,” ujar Rosen.

Kami melihat adanya persentase kecil tweet dalam Bahasa Jepang yang sampai 140 karakter (hanya 0,4%). Sedangkan dalam Bahasa Inggris ada persentase lebih tinggi pengguna yang menggunakan tweet hingga 140 karakter (9%). Penelitian kami menunjukkan karakter limit menjadi alasan utama orang-orang kesulitan tweet dalam Bahasa Inggris, tapi tidak untuk yang menggunakan Bahasa Jepang”.

Loading…

Meskipun kami memiliki data dan keyakinan jika perubahan limitasi karakter Twitter bisa membawa manfaat yang positif, namun kami tetap melaksanakan uji coba dengan sekelompok pengguna sebelum kami membuat keputusan untuk menghadirkan karakter 280 untuk semua pengguna Twitter“ tambahnya.

Tweet 280 Karakter

Baca Juga :

CEO Twitter, Jack Dorsey juga menyatakan rasa gembiranya terhadap penambahan batas karakter di Twitter ini. Menurutnya, perubahan kecil ini adalah langkah besar bagi sosial media terpopuler ketiga di dunia setelah Facebook dan Instagram ini dan mengapresiasi timnya dalam menyelesaikan masalah di Twitter.

Jika Twitter benar-benar mengaplikasikan perubahan limitasi karakter ini, banyak yang memprediksi jika Twitter akan kembali menarik perhatian pengguna baru. Menurut Android Authority saat ini Twitter memiliki pengguna aktif per bulan sebanyak 382 juta pengguna.

Meski belum diketahui kapan perubahan ini akan diaplikasikan ke Twitter secara global, namun berita mengenai penambahan karakter membuat banyak pengguna Twitter bergembira karena banyak hal tidak bisa dikatakan dalam 140 karakter. Meski twitter sudah merilis fitur Thread dimana tweet seseorang bisa ditampilkan berurutan sehingga memudahkan pengguna lain mengakses keseluruhan informasi, namun penambahan karakter hingga 280 tentu patut ditunggu bukan?

Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak soal berita terbaru mengenai dunia teknologi, gadget dan juga games. Tak ketinggalan ada juga berbagai tips & trik mengenai smartphone dan game, tutorial hingga review menarik.

Bagikan untuk teman:
Loading...