legend-banner
Terbukti Match Fixing, Tim Newbee Dota 2 Dibanned Permanent

Terbukti Match Fixing, Tim Newbee Dota 2 Dibanned Permanent

Mantan juara The International Dota 2 tahun 2014, Newbee, mendapatkan hukuman berat di banned permanent oleh Asosiasi Profesional DOTA 2 Cina. Pasalnya, secara mengejutkan Newbee terindikasi melakukan Match fixing atau pengaturan skor pada laga di turnamen China DOTA 2 Professional League Season 2 dan DPL-CDA Professional League Season 1.

Hal ini berhasil diungkapkan oleh pelatih EHOME, Zhang ‘xiao8’ NingLi Yongbo. Menurutnya, perbuatan curang berupa pengaturan skor yang dilakukan oleh para pemain Newbee itu terjadi saat pertandingan Newbee melawan Avengerls di babak qualifikasi StarLadder ImbaTV Dota 2 Minor Season 3.

Baca Juga :

Terbukti Melakukan Match Fixing

turnamen China DOTA 2 Professional League Season 2

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, Asosiasi Profesional DOTA2 China (CDA) akhirnya menjatuhkan punishment dengan melarang Newbee ikut berpartisipasi dalam semua turnamen Dota 2 resmi di China. Dalam surat yang di keluarkan pada 15 Mei 2020 itu, Asosiasi Profesional DOTA 2 Cina menyatakan bahwa “Bukti kecurangan yang relevan telah disinkronisasi dengan semua pihak dan telah dilayangkan kepada Valve juga Perfect World”.

“Imba Media dengan tegas menindak semua tindakan yang melanggar semangat e-sports, dan dengan tegas mempertahankan lingkungan persaingan yang adil dan kompetitif. Kami berharap semua klub yang berpartisipasi melihat ini sebagai sebuah peringatan.”

Lewat surat terbuka, IMBA media menyatakan bahwa banned permanent yang diberikan kepada Newbee yang terbukti melakukan Match fixing layak untuk dijadikan pembelajaran bagi organisasi lain. IMBA bahkan meminta agar para organisasi melakukan pemantauan terhadap manajemen dan para pemainnya agar tidak melakukan tindakan yang melanggar.

Team & Pemain di Banned Permanent

pemain newbee di ban

Pemberian hukuman ban ini tak hanya diberikan kepada team Newbee saja, melainkan juga kepada para pemain yang tergabung di dalam team eSport tersebut ikut serta mendapatkan larangan yang sama. Pemain Newbee yang terlibat dan mendapatkan larangan yang sama, diantaranya:

Loading…

  • Xu ‘Moogy’ Han
  • Yin ‘Aq’ Rui
  • Wen ‘Lipeng’ Wizard
  • Yan ‘Waixi’ Chao
  • Zeng ‘Faith’ Hongda (Juara The International 2012)
  • Feng ‘feng’ Yitsin (Ketua tim Dota 2 – sedang dalam investigasi untuk mengulik informasi lebih lanjut)

newbee ajukan banding

Imbasnya, para pemain Newbee tak bisa lagi mengikuti kompetisi yang terafiliasi dengan asosiasi DOTA 2 profesional Cina, termasuk event dari ImbaTV dan MarsTV. Parahnya lagi, hukuman tersebut berlaku seumur hidup. Sayangnya meski sudah terbukti melakukan tindakan culas, Newbee membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Bahkan mereka berniat untuk mengajukan banding atas hukuman tersebut.

Baca Juga :

“Kami mengerti dan hormat atas keputusan aliansi CDA. Namun, sejak berdirinya klub Newbee eSports, kami tidak pernah berpartisipasi dalam pengaturan pertandingan dan kegiatan perjudian dengan klub atau cabang sebagai badan utama (intinya organisasi tidak tahu apa-apa tentang pengaturan tersebut dan murni tindakan pemain). Kami akan mengajukan banding atas penalti yang diberikan kepada Newbee eSports.”

Pada akhirnya, gelar sebagai jawara yang pernah diraih Newbee bersama Invictus Gaming menjadi sia-sia akibat tindakan bodoh ini. Masa depan suram pun telah siap menyambut mereka bila mereka masih mengejar karir sebagai gamer profesional terlebih di ranah DOTA 2.

Menghilangkan kebiasaan culas seperti Match fixing yang dilakukan team Dota 2 Newbee dan menggunakan cheat dalam sebuah game memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa. Kompetitif boleh, tapi tetap sportif dan positif ya gamers. Bagaimana dengan Kamu? Sudah sportifkah Kamu hari ini? Ikuti terus kabar terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...