sukistreet
9 Teknik & Jurus Milik Son Goku Selain Super Saiyan

9 Teknik & Jurus Milik Son Goku Selain Super Saiyan

Serial Dragon Ball memang akan selalu meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pecintanya, terlebih Son Goku sebagai seorang bangsa Saiyan. Kali ini Kabar Games akan membahas teknik atau jurus apa saja yang dimiliki oleh Son Goku selain transformasi super Saiyan yang sudah sangat dikenal.

Sebagian kemampuan itu Son Goku peroleh dari pengajaran seorang guru. Dipadukan dengan kekuatan Super Saiyan, teknik-teknik ini pun berkembang menjadi senjata yang bisa menyelamatkan semesta. Berikut ini adalah daftar teknik bertarung dan jurus milik Son Goku selain transformasi Super Saiyan yang dimilikinya.

Baca Juga :

Kamehameha

Son Goku pertama kali mengetahui teknik Kamehameha setelah menyaksikan Master Roshi menggunakannya untuk menyelamatkan istana milik Ox King dan Chi-Chi dari kehancuran (tetapi akhirnya malah menghancurkannya, bersama dengan gunung terdekat). Sepanjang seri Dragon Ball, Goku terus menguasai Kamehameha dan menggunakannya di hampir setiap pertempuran selama Dragon Ball Z, Dragon Ball Super dan Dragon Ball GT.

Jurus ini begitu legendaris sampai-sampai anak-anak tahun 90an yang hingga kini sudah dewasa masih sering kali menirukan gerakannya, sambil membayangkan mereka mengeluarkan energi kamehameha sungguhan dari telapak tanganya, apakah Kamu juga termasuk?

Kaioken

Goku mempelajari teknik Kaioken setelah kematiannya melawan Raditz saat berlatih dengan King Kai. Son Goku menggunakan teknik ini berkali-kali sebelum ia mencapai tingkatan Super Saiyan. Kaioken adalah teknik yang bisa meningkatkan kekuatan, pertahanan, kegesitan dan kecepatan penggunanya hingga berkali kali lipat tergantung keinginan penggunanya.

Son Goku sendiri sebenarnya dapat menggabungkan teknik Kaioken dengan bentuk Super Saiyan nya (disebut Super Kaioken). Namun Goku tidak pernah mencoba ini selagi ia hidup, karena menggunakan jurus Kaioken dengan Super Saiyan akan menyebabkan kematian. Tetapi ia telah berlatih menggunakan jurus ini dengan bentuk Super Saiyan Blue nya. Dia menggunakan versi baru dari teknik Kaioken saat melawan Hit dan Zamasu serta beberapa lainnya.

Spirit Bomb

Spirit Bomb adalah salah satu teknik milik Son Goku yang paling kuat, diajarkan kepadanya oleh King Kai selama pelatihannya di after life untuk pertempuran mendatang melawan Vegeta dan Nappa. Goku menggunakan teknik Spirit Bomb beberapa kali, terutama terhadap Frieza serta Kid Buu, dan yang terakhir melawan Jiren di Tournamen of Power namun tidak berhasil.

Loading…

Instant Transmission

Son Goku mempelajari teknik Instant Transmission ini di Planet Yardrat setelah pertempurannya dengan Frieza. Teknik Instant Transmission memungkinkannya untuk teleportasi ke lokasi mana pun selama dia dapat menemukan sumber energi untuk ditinggali. Tetapi ada sedikit kontroversi di serial awal Dragon Ball SuperYo Son Goku, ia teleportasi ke ladang lobak tanpa merasakan siapa pun.

Goku sering menggunakan teknik Instant Transmission ini sepanjang serial Dragon Ball dan jurus ini adalah salah satu kemampuannya yang paling berharga namun juga berbahaya, masih ingat bagaimana Cell meledakan diri saat sudah mengetahui akan kalah oleh Gohan? Goku lalu menggunakan teknik ini dan berteleportasi ke Planet King Kai, namun Cell masih hidup kemudian ia mencontek jurus ini dan kembali lagi ke Bumi.

Baca Juga :

Dragon Fist

Goku menggunakan teknik ini pada Hirudegarn untuk menghabisinya dalam film Dragon Ball Z ke-13. Dia juga menggunakan ini di Dragon Ball GT untuk melawan Super 17 serta Eis Shenron dan Omega Shenron, meskipun yang terakhir beregenerasi. Jurus Dragon Fist ini mirip dengan teknik Penetrate, jurus yang Son Goku gunakan untuk menghancurkan King Piccolo di Dragon Ball ketika dia masih kecil.

Evil Containment Wave

Son Goku memutuskan meminta Master Roshi mengajarinya teknik Gelombang Penahan Roh Jahat untuk mengalahkan Future Zamasu, karena transformasi Super Saiyan Blue sepertinya tetap tidak bisa mengalahkannya. Di anime, Goku memutuskan untuk mempelajarinya setelah mendengar tentang teknik ini dari Piccolo dan bagaimana Master Roshi mencoba menggunakannya untuk mengalahkan Raja Piccolo.

Goku mempraktikkan cara menggunakan teknik Gelombang Penahan Roh Jahat pada Turtle beberapa kali sebelum ia mampu mengarahkan dengan benar ke dalam wadah penyegelan. Karena Goku memiliki kekuatan yang jauh lebih besar daripada Roshi, ia dapat menggunakannya beberapa kali pada Turtle tanpa sekarat atau bahkan melemahkan kekuatannya.

Manfaat dari teknik Gelombang Penahan Roh Jahat ini adalah dapat memungkinkan penggunanya untuk mengalahkan lawan yang tidak bisa atau tidak akan mereka bunuh. Di anime, Son Goku tidak pernah mendapat kesempatan untuk menggunakan teknik ini melawan Future Zamasu, sehingga Future Trunks harus belajar dan menggunakannya melawan Future Zamasu.

Dalam manga, Son Goku berubah menjadi Super Saiyan Blue dan kemudian menggunakan teknik Gelombang Penahan Roh Jahat (Evil Containment Wave) untuk menyegel Future Zamasu. Namun, karena membawa tag penyegel yang salah dari Master Roshi, Future Zamasu akhirnya dapat melepaskan diri.

Hakai

Dalam manga Dragon Ball Super, Goku mengungkapkan bahwa ia mampu melakukan jurus Hakai setelah melihat Beerus menggunakannya di beberapa tempat. Namun penggunaan teknik ini membutuhkan Goku untuk menempatkan semua aura Biru ke tangannya dan melepaskannya sekaligus, dimana jurus ini hanya bisa digunakan satu kali dan kemudian akan membuatnya kehabisan energi.

Teknik Hakai milik Goku ini sama kekuatannya seperti jurus Hakai milik Beerus, namun memerlukan waktu lebih lama untuk bekerja. Serangan itu hampir dan akan membunuh Fused Zamasu, jika saja ia tidak menggunakan Future Mai sebagai sandera.

Ultra Instinct

Saat menggunakan teknik Ultra Instinct “Omen”, kekuatan fisik dan mental Goku menjadi bertambah berkali kali lipat, sehingga tidak hanya memberinya peningkatan skill bertarung, tetapi juga memberinya akses ke kemampuan Ultra Instinct, yang memungkinkannya untuk menghindari serangan secara naluriah.

Banyak perdebatan mengenai teknik Ultra Instinct, apakah termasuk ini termasuk ke dalam teknik kemampuan bertarung atau bentuk lain dari Super Saiyan milik Son Goku yang jauh lebih advanced. Jika melihat dari penjelasan Whis dan Beerus, jelas Ultra Instinct adalah sebuah teknik dan bukanlah sebuah bentuk baru dari Super Saiyan.

Oozaru

Seperti halnya semua bangsa Saiyan, Son Goku dapat berubah menjadi Great Ape atau Kera Besar (Oozaru) ketika ia melihat bulan purnama jika ia masih memiliki ekornya, dimana membuat teknik ini tidak bisa dilakukan sesuka hati. Sebagai Oozaru, sifat-sifat Saiyan jahat yang tidak aktif dari Son Goku muncul kembali dan ia menjadi rakus dan super kejam.

Karena ekornya telah dihapus secara permanen di serial utama oleh Kami ketika memulihkan bulan, transformasi ini tidak pernah dilakukan oleh Goku sampai dengan Dragon Ball GT (di mana Oozaru ditampilkan dengan sangat singkat sebelum transisi penuh ke Golden Great Ape).

Nah itulah tadi beberapa teknik dan jurus yang digunakan oleh Son Goku dalam bertarung selain transformasi Super Saiyan yang telah kita kenal selama ini. Jangan ragu untuk berikan comment jika ada teknik lain yang Kabar Games lewatkan yah! Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman:
Loading...