Bisa Ganti OS, Steam Deck Jadi Standar Baru Console Game
Console

Bisa Ganti OS, Steam Deck Jadi Standar Baru Console Game

27 Views

Valve merupakan salah satu pengembang sekaligus penerbit game yang sudah malang melintang di industri game. Sudah banyak game ternama yang telah mereka rilis, sebut saja Half Life 2, Dota 2, Counter Strike : Global Offensive (CS:GO), Team Fortress 2 hingga Left 4 Dead Series. Namun, kali ini berbeda, Valve merilis sebuah konsol yang diberi nama Steam Deck.

Konsol besutan Valve ini memiliki spek mumpuni yang dikhususkan bagi para pemain game PC jalur console. Dengan spek ini kamu bisa memainkan game PC yang tergolong berat sambil rebahan. Mengutip dari laman resminya, Valve mengklaim Steam Deck sebagai konsol paling kuat dengan fitur paling lengkap di dunia.

Pasalnya, menurut Valve, konsol handled ini telah dibekali dengan Zen 2 + RDNA 2 yang dikenal mampu menjalankan game berat. Meski dibekali dengan kekuatan super, perangkat genggam ini tetap memperhatikan efisiensi daya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Secara tampilan Steam Deck mengadopsi model handled yang mirip dengan Nintendo Switch. Hanya saja, dibanding Nintendo Switch, selain harganya lebih bersahabat konsol milik Valve mempunyai banyak kelebihan yang ditawarkan. Berikut rangkuman 4 kelebihan Steam Deck dibanding konsol lainnya:

Bisa Install OS Selain Steam 

Harga Steam Deck

Kelebihan pertama console game ini dibanding konsol sejenis yaitu ada pada OS nya yang bisa diganti selain Steam OS. Console ini hadir dengan Operating Sistem OS 3.0 berbasi Linux. OS ini mungkin kurang dikenal, namun dengan OS ini kamu bisa dengan mudah menghapus dan menggantinya dengan OS lain seperti Windows dari microsoft.

Berkat teknologi kompatibilitas Valve, yang diberi nama Proton, kamu bisa dengan bebas memainkan game lain diluar platform Steam. Tidak cukup sampai disitu, menariknya lagi kamu bahkan bisa menginstall aplikasi seperti emulator. 

Bisa Disambung Ke Layar Monitor

Bisa Disambung Ke Layar Monitor

Kamu pasti tidak pernah menduga sebelumnya jika hal ini bakal terjadi. Jika kamu merasa kurang puas dengan ukuran kosnol yang terbatas, kamu bisa mengguanakn layar monitor untuk bermain game di konsol Steam Deck. Layaknya Switch, pengguna dapat menghubungan perangkat genggam paling kuat ini dengan layar monitor eksternal. Untuk bisa menyambungkannya, kamu membutuhkan dock khusus yang dijual terpisah.

Mampu Memainkan Game PC (AAA)

Mampu Memainkan Game PC (AAA)

Tidak ada yang perlu kamu ragukan dari konsol besutan Valve ini. Dalam hal spesifikasi, Valve menempatkan prosesor yang sama dengan yang digunakan pada PlayStation 5, yaitu AMD RDNA + ZEN 2. Hanya saja jumlah corenya lebih sedikit, yaitu 4 core dan 8 thread.

Spesifikasi ini memnungkinkan pengguna untuk memiankan game berat, seperti Dota 2 dan Genshin Impact dengan lancar di Steam Deck. Meski dapat memainkan game AAA namun tentunya tetap sesuai dengan kapasitas memori yang dipilih. 

Tidak Mudah Drifting

Tidak Mudah Drifting

Mengingat Steam Deck adalah sebuah perangkat genggam, Steam Deck hadir dengan kemudahan kontrol berupa trackpad dan trackball yang ada di sebelah kiri dan kanan. Adanya kontrol ini akan membuat pengguna lebih stabil dalam memainkan game.

Tak perlu takut akan terjadi drifting, sebelum diluncurkan Valve telah memastikan bahwa tidak akan terjadi controller drifting pada Steam Deck. Pasalnya, teknologi ini sudah menjalani uji coba dan uji ketahanan. 

Steam Deck Specification

Specification Steam Deck

Sebagai pendatang baru, Valve sadar bahwa suatu saat nanti bisa jadi konsol buatannya digantikan dengan konsol baru. Untuk itu, Steam Deck hadir dengan specs untuk penggunaan jangka panjang. Berikut spesifikasi lengkap Steam Deck. 

  • Sistem Operasi : SteamOS 3.0 (Arch-based)
  • Layar : 7-inch diagonal, 1200x800px
  • Kecerahan : 400 nits
  • Refresh rate : 60hz
  • Prosesor : AMD APU, Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz
  • GPU : 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz
  • RAM : 16GB LPDDR5 RAM
  • Storage : 64GB eMMC / 256GB SSD / 512GB SSD
  • Eksternal Storage : Yes, microSD card slot
  • Bluetooth : Bluetooth 5.0
  • Wi-Fi : Dual-band Wi-Fi radio, 2.4GHz and 5GHz
  • Headphone jack : 3.5mm stereo headphone / headset jack
  • Pengisian daya : 45W USB Type-C PD3.0 power supply
  • Baterai : 40Whr battery, 2-8 hours of gameplay
  • Dimensi : 298mm x 117mm x 49mm
  • Berat : 1.47 pounds (669 grams)

Harga Steam Deck

Harga Steam Deck

Terhitung sejak tanggal 16 Juli 2021 kemarin Valve telah membuka pre order Steam Deck. Terdapat tiga varian Steam Deck yang dipasarkan berdasarkan memori bawaan. Memori dengan kapasitas 64GB dibanderol dengan harga USD 399 (sekitar Rp 5,7 juta). 

USD 529 (sekitar Rp 7,6 juta) untuk memori dengan kapasitas 256GB.Sementara untuk Steam Deck dengan kapasitas memori 512GB dijual seharga USD 649 (sekitar Rp 9,4 juta). Rupanya, console ini tidak hanya diminati para gamers. Namun pesiang Nintendo Switch ini juga menarik perhatian  scalper atau penimbun.

Adapun scalper ini bekerja dengan cara memesan barang lewat pre order kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di platform e commerce. Berdasarkan pantauan Kabar Games, beberapa scalper telah menawarkan Steam Deck dengan harga yang lebih tinggi di situs Ebay. Padahal scalper ini belum memiliki konsol besutan Valve dalam wujud asli melainkan dalam bentuk verifikasi mendapatkan pre-order saja.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita dan fakta, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia