legend-banner
5 Solusi Ampuh Mengatasi Loading Lama Mobile Legends Terbaru

5 Solusi Ampuh Mengatasi Loading Lama Mobile Legends Terbaru

Bermain game di HP tanpa adanya gangguan tentunya menjadi dambaan setiap orang. Tak terkecuali permainan Mobile Legends (ML) yang menjadi primadona para gamer. Sayangnya, terkadang ada banyak problem ketika bermain ML di HP, seperti loading lama atau stuck loading. Untuk itu kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Problem-problem ketika bermain Mobile Legends di HP bisa jadi dikarenakan faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kondisi dan kualitas HP yang digunakan (bisa jadi sudah usang). Sementara faktor eksternal seperti koneksi jaringan yang digunakan saat bermain ML.

Baca Juga :

Jika kamu mengalami hal demikian, jangan khawatir dude. Karena Kabar Games punya tips cara mengatasi loading lama Mobile Legends terbaru 2020. Dengan menggunakan cara yang kami paparkan berikut ini, kamu bisa mengatasi loading lama ketika bermain ML di HP.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi loading lama saat bermain Mobile Legends. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa masalah loading lama ketika bermain ML di HP bisa disebabkan faktor internal dan eksternal. Untuk mengatasi faktor-faktor yang menyebabkan loading lama ML di HP, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

Pastikan Jaringan Stabil

Pastikan Jaringan Stabil

Salah satu hal yang memengaruhi loading lama saat bermain Mobile Legends adalah jaringan internet yang digunakan. Tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan internet sangat berpengaruh dalam penggunaan HP ketika bermain sebuah game.

Karena itu, jika kamu ingin bermain ML di HP secara lancar tanpa adanya loading lama, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa jaringan yang kamu gunakan stabil. Kamu bisa menggunakan jaringan WiFi bila ada. Karena kecepatan akses jaringan WiFi dirasa lebih cepat dibandingkan dengan data seluler.

Loading…

Jika tidak memungkinkan menggunakan jaringan WiFi, kamu masih tetap bisa menggunakan jaringan data seluler. Namun tentunya dengan jaringan yang terbaru, minimal adalah 4G. jika di bawah itu, ketika kamu bermain ML di HP kemungkinan akan mengalami loading lama.

Ubah Pengaturan Game Mobile Legends

Ubah Pengaturan Game Mobile Legends

Baca Juga :

Cara berikutnya untuk mengatasi loading lama saat bermain Mobile Legends adalah dengan menata pengaturan game Mobile Legends yang kamu gunakan. Tidak sedikit para gamer yang lupa atau bahkan tidak tahu bahwa pengaturan game ML cukup memengaruhi kestabilan selama bermain game.

Hal itulah yang sering mengakibatkan loading lama ketika bermain ML di Smartphone. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengubah pengaturan game-nya. Salah satunya adalah dengan me-nonaktifkan mode cepat yang ada di dalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur kualitas grafis dari Mobile Legends yang akan kamu mainkan. Kualitas grafis ini cukup memengaruhi kinerja permainan. Semakin bagus kualitas grafis yang ditampilkan, maka akan semakin memakan banyak RAM HP.

Jika kamu tidak ingin mengalami loading lama di Mobile Legends, kamu bisa mengatur kualitas grafis yang rendah atau sedang-sedang saja. Meskipun nantinya kualitas grafis yang ditampilkan tidak terlalu memuaskan, setidaknya hal itu bisa mengurangi stuck loading ketika bermain Mobile Legends.

Perbarui Sistem Android

Perbarui Sistem Android

Bagi kamu pengguna Android, salah satu penyebab loading lama Mobile Legends adalah karena kamu masih menggunakan sistem android yang lama. Padahal, sering developer Android sendiri sering merekomendasikan kepada penggunanya untuk memperbarui sistem Androidnya menjadi versi terbaru. Jika sistem Android tidak diperbarui, hal itu akan mengakibatkan beberapa masalah.

Seperti tidak bisa masuk aplikasi ataupun bisa masuk namun mengalami loading lama. Karena itu, salah satu cara mengatasi loading lama saat bermain Mobile Legends adalah dengan memperbarui sistem android yang kamu gunakan. Pastikan kamu memperbaruinya menggunakan jaringan WiFi. Karena untuk memperbarui sistem menjadi versi paling baru, memakan waktu yang cukup lama.

Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Banyaknya aplikasi yang ada dalam HP juga bisa berpengaruh terhadap kinerja ponsel yang kamu gunakan. Karena setiap aplikasi yang ada di dalam HP tentunya memakan ruang penyimpanan dan juga RAM dari HP. Karena fungsi dari HP memang tidak hanya untuk bermain game, tentunya banyak aplikasi yang bisa diinstal ke dalamnya.

Namun kalau terlalu banyak menumpuk aplikasi di HP, tentunya hal itu menjadikan ruang penyimpanan penuh dan RAM yang tidak stabil. Semakin banyak aplikasi yang ada di dalam HP, semakin berpengaruh pada RAM di HP. RAM yang penuh akan berakibat pada semakin beratnya kinerja ponsel kamu.

Walhasil, bermain game Mobile Legends menjadi terganggu karena loading lama. Karena itu, jika kamu ingin mengatasi loading lama Mobile Legends, kamu harus menghapus beberapa aplikasi yang ada di HP. Kamu tidak harus menghapus semua aplikasi, cukup beberapa yang tidak diperlukan dan jarang digunakan.

Pastikan setidaknya ada ruang penyimpanan yang tersisa sebesar 1 GB. Karena game Mobile Legends termasuk ke dalam kategori aplikasi dengan spesifikasi cukup berat jika dimainkan di HP.

Hapus Cache

Hapus Cache

Cara terakhir untuk mengatasi loading lama Mobile Legends terbaru 2020 adalah dengan menghapus cache aplikasi. Meskipun sudah menghapus beberapa aplikasi, terkadang masih mengalami loading lama. Untuk mengatasinya kamu bisa menghapus cache dari aplikasi ML.

Setiap aplikasi biasanya memang ada cache-cache yang sebenarnya tidak diperlukan. Cache-cache ini merupakan sampah yang hanya mengotori jalannya aplikasi. Karena itu, kamu perlu menghapus dan membersihkannya. Dengan clear cache dari aplikasi Mobile Legends, nantinya kamu bisa menikmati bermain game ML secara stabil tanpa harus menunggu loading lama.

Bagaimana, sudahkah kamu mengatasi loading lama Mobile Legends terbaru 2020? Jika belum, kamu bisa menggunakan cara-cara yang telah disebutkan di atas.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...