Motorola Moto G5S Plus : HP Premium Untuk Anggaran Terbatas

Motorola Moto G5S Plus : HP Premium Untuk Anggaran Terbatas

Rinaldi Syahran

Motorola Moto G5S Plus merupakan versi lebih baik dari Moto G5 Plus dengan penawaran desain yang ditingkatkan, sistem kamera yang lebih baik, dan display yang lebih besar. Sudah tersedia pada Agustus dan mulai menjadi topik hangat pada September 2017 di pelbagai media Indonesia, hingga bulan Desember 2017 ini, Moto G5S Plus masih menjadi salah satu topik paling dicari di mesin pencari yang berkaitan dengan hp budget price terbaik tahun 2017.

Harga Motorola Moto G5S Plus

Harga Moto G5 S Plus Lazada

Di Indonesia, Moto G5S Plus dapat dibeli secara online dan offline. Untuk beli secara online, salah satu toko online terpercaya untuk smartphone ini adalah Lazada. Di toko online ini, ponsel ini menjadi salah satu ponsel pintar eksklusif. Meskipun penjual ponsel pintar selain Lazada tetap ada di toko online ini, harga yang ditawarkan tidak bervariasi. Harga jual ponsel pintar ini di Lazada ialah Rp.2.999.000.

Spesifikasi Motorola Moto G5S Plus

Spesifikasi Moto G5s Plus

Berdasarkan GSMArena, Moto G5S Plus memiliki teknologi jaringan LTE/HSPA/GSM. Dimensi badan smartphone ini berukuran 153.5 x 76.2 x 8 mm, beratnya 168 g, bahan badan terbuat dari alumunium, terdapat resistensi terhadap cipratan air. Slot SIM handphone pintar ini tersedia dua pilihan, yakni single dan double.

Display Moto G5S Plus berbahan gelas dengan tipe IPS LCD layar sentuh kapasitif 16 juta warna. Ukuran display sebesar 83,4 cm2 dengan rasio layar per badan sebesar 71,3 persen. Resolusi yang ditanamkan, yakni 1080 x 1920 pixel dengan densitas 401 ppi. Display dapat menerima banyak sentuhan dalam satu waktu, dan mempunyai proteksi Corning Gorilla Glass 3.

OS yang disediakan,yakni Android 7.1 (Nougat) yang dapat ditingkatkan menjadi 8.0 (Oreo). Chipset yang ditanamkan ialah Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625. Spek CPU, yaitu Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dengan GPU Adreno 506. Kartu slot memori merupakan microSD yang dapat berukuran hingga 256 GB. Tersedia pilihan internal memori berukuran 64 GB yang dipadukan dengan RAM 4 GB, dan atau RAM 3 GB yang dipadukan dengan internal memori 32 GB.

Kamera utama merupakan kamera dual dengan spesifikasi 13 MP, autofocus, f/2.0, dan dual-LED dual-tone flash. Fitur kamera yang tersedia adalah touch focus, geo-tagging, panorama, face detection, dan auto-HDR. Ukuran video 2160p@30fps dan kamera kedua berspesifikasi 8 MP, LED flash, dan f/2.0.

Dalam Moto G5S Plus tersedia loudspeaker, 3,5mm jack, dan suara tipe alert vibrasi, MP3, serta ringtones WAV. Baterai merupakan baterai yang tidak dapat dilepas berbahan Li-ion dengan kekuatan 3000 mAh. Warna yang tersedia adalah Lunar Gray, dan Fine Gold.

Spesifikasi teknologi komunikasi WLAN dalam Moto G5S Plus ialah dual-band, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, dan hotspot. Teknologi Bluetooth-nya, yakni 4.2, LE, A2DP, aptX, dan EDR. Tersedia GPS dengan A-GPS, dan GLONASS. USB yang digunakan ialah microUSB 2.0.

Fitur sensor dalam ponsel pintar ini ialah accelerometer, fingerprint (front-mounted), gyro, dan proximity. Messaging yang tersedia ialah SMS, MMS, IM, push email, dan email. Teknologi browser memakai HTML5, dan tidak ada teknologi JAVA. Tersedia fitur fast battery charging, document viewer, MP3/AAC+/WAV/Flac player, photo/video editor, dan MP4/H.264 player.

Review Motorola Moto G5S Plus

Ilustrasi Review Moto G5s Plus

Keunggulan Moto G5S Plus

Badan Moto G5S Plus terbuat dari  full metal yang pada beberapa bagian metalnya disematkan beberapa frame plastic membuatnya terlihat superior bahkan terhadap kembarannya Moto G5 Plus. Spesifikasi kamera yang ditanamkan merupakan yang pertama dan terbaik dari seri Motorola Moto G. Kamera selfie baik dengan sensor 8 MP dan lensa bersudut lebar. Ukuran display lebih besar daripada kembarannya.

Baterai dengan fast charging membuat smartphone dapat bertahan seharian tanpa membuat Anda kerepotan untuk terus melakukan charging ketika penggunaan sedang puncak. Layar terlihat jernih dengan warna di dalamnya yang terlihat terang. Berat, ketebalan, dan bahan alumunium dari Moto G5S Plus memperlihatkan keunikan yang tidak dimiliki hp yang dapat dibeli dengan anggaran terbatas.

Snapdragon 625 yang ditanamkan masih terbilang mumpuni untuk menjalankan teknologi browser dan juga games mobile dengan mudah. Android sangat berguna untuk Moto Actions dan Moto Display. Sensor fingerprint dapat digunakan dengan cepat dan mampu berfungsi sebagai tombol home kedua. Headphone jack menambah nilai lebih ketika banyak smartphone yang mulai meninggalkan teknologi ini.

Kelemahan Moto G5S Plus

Meskipun spek kamera smartphone ini merupakan yang pertama dan terbaik dari seri Motorola Moto G, tetapi bukan lah yang terbaik ketika dibandingkan dengan smartphone lainnya yang berharga hampir sama. Memang dual kamera telah diterapkan, tetapi ukuran 13 MP masih membuat kamera smartphone ini menjadi yang terbaik. Foto dari Moto Depth Editor tidak memperlihatkan hasil yang baik.

Kamera tidak sesuai klaim Motorola yang menyebutkan  bahwa kamera SLR profesional ada dalam genggaman pemakai. Memang, Anda dapat memperoleh beberapa foto yang terbilang baik dengan pencahayaan yang bagus, tetapi kamera ponsel pintar ini tidak dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik yang dapat dipasang di Instagram Anda.

Foto low light terbilang buruk pada mode standard, dan terlihat soft sampai Anda harus menggunakan mode profesional yang mana banyak orang enggan memakainya. Tidak tersedia USB tipe C sehingga charging harus menggunakan micro USB. Dikarenakan tidak tersedia NFC, smartphone ini tidak dapat menggunakan Android Pay.

Motorola Moto G5S Plus vs Xiaomi Mi A1

Moto G5S Plus vs Xiaomi Mi A1

Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1 mengincar pasar yang sama. Harga Moto G5S Plus berselisih 100 ribu dengan Xiaomi Mi A1 yang mana Xiaomi Mi A1 berharga Rp.3,1 juta dan Moto G5S Plus berharga Rp.3 juta. Spesifikasinya hampir mirip semua, tetapi tetap ada perbedaan.

Meskipun terdapat pilihan internal memori 64 GB, tetapi dengan harga Rp.3 juta yang ditawarkan spesifikasi internal memori yang diberikan adalah internal memori berukuran 32 GB. Sedangkan Xiaomi Mi A1 yang berharga Rp.3,1 juta menawarkan internal memori sebesar 64 GB.

Dengan spesifikasi yang ditanamkan, kamera Moto G5S Plus berfokus pada hasil foto dengan subyek utama foto yang ditampilkan secara tajam, sementara latar belakang atau latar depan dari foto dibuat tampak buram. Sedangkan kamera Xiaomi Mi A1 berfokus pada efek depth-of-field yang menghasilkan latar belakang terlihat lebih dekat dengan subyek utama foto. Kamera Xiaomi yang satu ini cocok untuk memotret subyek di kejauhan. Itulah dia sedikit pembahasan Moto G5S Plus vs Xiaomi Mi A1.

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!