legend-banner
Siap-siap, Microsoft Akan Hapus Control Panel di Windows 10

Siap-siap, Microsoft Akan Hapus Control Panel di Windows 10

Bagi kalian yang telah lama bermain-main dengan PC, tentunya tidak asing dengan yang namanya control panel. Khususnya di Windows 10. Jika kamu menyukai fitur yang satu ini, kamu harus mengucapkan selamat tinggal untuk kedepannya. Pasalnya, Microsoft selaku pengembang Windows memutuskan akan menghapus control panel yang ada di Windows 10.

Penghapusan ini akan berlaku untuk update Windows terbaru yang akan datang. Penghapusan control panel dari Windows 10 ini tentunya akan membuat kaget banyak orang. Pasalnya, fitur yang ada di Windows 10 ini memiliki banyak fungsi yang memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan komputer.

Baca Juga :

Pada dasarnya, ada 8 menu utama yang terdapat di dalamnya memiliki banyak fitur yang berfungsi sangat bergunan untuk para pengguna. Meskipun nantinya akan dihapus, sebelumnya kamu perlu mengetahui beberapa fungsi dari control panel itu sendiri. Berikut beberapa fungsi control panel yang sebaiknya kamu tahu.

System and Security

System and Security

Menu utama pertama yang ada di control panel adalah system and security. Di dalam menu yang satu ini, terdapat banyak fitur menarik untuk pengguna. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Nama
Fungsi
Security and MaintenanceFitur ini memiliki fungsi untuk mengatur jaringan, kontrol akses pengguna dan keamanan sistem.
Windows Defender FirewallFitur ini memiliki fungsi untuk meningkatkan dan melindungi keamanan komputer.
SystemDengan fitur ini, kamu bisa menengok spesifikasi dari komputer yang kamu gunakan, mulai dari processor sampai RAM yang dimiliki.
Power OptionMelalui fitur ini, kamu dapat mengatur pilihan daya perangkat komputer yang kamu gunakan.
Backup and RestoreIni adalah fitur yang menarik, yakni kamu bisa mengembalikan pengaturan komputer yang sebelumnya telah dicadangkan.

Network and Internet

Jika sebelumnya membahas tentang system bagian dalam, kali ini ada hubungannya dengan keadaan di luar. Berikut beberapa fungsi dari fitur network dan internet.

Nama
Fungsi
Network and Sharing CenterTidak hanya sekadar melihat status jaringan, fitur yang satu ini juga bisa untuk memperbaiki masalah koneksi dari perangkat yang kamu gunakan.
Home GroupDengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menjalin hubungan dengan banyak orang melalui peer to peer.
Internet OptionsBerhubungan dengan Internet Explorer, fitur satu ini berfungsi untuk penyesuaian setting dan jaringan browser.

Hardware and Sound

Hampir sama dengan menu system and security, menu yang satu ini juga cukup memiliki banyak bagian di dalamnya. Berikut beberapa fitur di antaranya.

Loading…

Nama
Fungsi
Device and PrintersSesuai dengan namanya, fitur yang satu ini berkaitan erat dengan yang namanya printer.
AutoplayFitur yang satu ini memiliki fungsi untuk pengaturan bagian yang tampil otomatis.
SoundTidak jauh melenceng dari namanya, fitur ini berfungsi untuk pengaturan sound dari perangkat yang kamu gunakan.
Power OptionsJika di menu network ada fitur internet options, di menu hardwar and sound terdapat fitur power options yang bisa untuk pengaturan energy computer.

Programs

Di menu program, hanya ada dua fitur penting yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna, yaitu.

Nama
Fungsi
Program and FeaturesDengan fitur ini, kamu bisa mengupgrade, mengganti atau bahkan menghapus beberapa software yang tidak perlu kamu butuhkan.
Default ProgramSesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk mengembalikan beberapa aplikasi secara default.

 User Account and Family Safety

 User Account and Family Safety

Sama dengan menu program, hanya ada dua fitur di dalam menu yang kelima ini.

Nama
Fungsi
User AccountFitur yang satu ini memiliki fungsi untuk menghapus, menambah dan reset setting pada akun user yang telah lama digunakan.
Credential ManagerMelalui fitur ini, kamu dapat menyimpan data-data dari akun user yang kamu gunakan.

Appearance dan Personalization

Ada beberap fungsi menarik pada menu yang keenam ini.

Nama
Fungsi
Taskbar and NavigationSesuai dengan namanya, fitur ini memiliki fungsi untuk pengaturan tampilan taskbar dan yang lainnya yang terdapat pada perangkat.
Ease of Access CenterDengan fitur ini, kamu bisa lebih mudah menggunakan akses user yang kamu gunakan.
File Explorer OptionsJika kamu ingin menemukan file yang kamu butuhkan, fitur ini akan membantumu lebih cepat dalam mencarinya.
FontsBerhubungan dengan font, fitur ini bisa membuatmu untuk melihat, menghapus dan lain sebagainya yang terkait dengan fonts.

Clock, Language, and Region

Berikutnya ada menu clock, language and religion. Sama dengan namanya, menu yang satu ini mengatur berbagai hal sesuai dengan namanya masing-masing.

Baca Juga :

Nama
Fungsi
Date and TimeFitur pertama yang ada di menu ini adalah date and time. Fitur ini memiliki fungsi untuk pengaturan tanggal dan waktu yang ada di dalam komputer.
Region and LanguageTidak hanya tentang Bahasa, fitur yang satu ini dapat membantumu dalam pengaturan lokasi, format waktu dan lain sebagainya.

Easy of Access

Terakhir, ada menu easy of access. Menu ini berkaitan erat dengan beberapa indera manusia, salah satunya adalah pendengaran.

Nama
Fungsi
Speech and RecognitionDengan fitur ini, kamu bisa membuat suara yang nantinya akan menjadi perintah dalam pengoperasian komputer.

Dialihkan ke Windows 10 Setting Apps

Dialihkan ke Windows 10 Setting Apps

Meski nantinya control panel dihilangkan dari Windows 10, bukan berarti Microsoft akan mengabaikannya begitu saja. Setiap kali pengguna mengklik system page dari control panel, nantinya akan dialihkan langsung ke Windows 10 Setting Apps.

Pengalihan ini pada dasarnya adalah bentuk peningkatan dari Windows 10 itu sendiri di tengah kemajuan teknologi yang cepat. Meski begitu, pastinya akan ada banyak pengguna yang dibuat kebinggungan karena sudah familiar dengan control panel dan belum terbiasa dengan cara baru.

Kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang, karena control panel akan dihapus dari Windows 10 dalam update terbarunya. Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...