Permainan Squid Game yang Mirip Permainan di Indonesia
News

Permainan Squid Game yang Mirip Permainan di Indonesia

107 Views

Sudah nonton serial asal Korea Selatan yang tengah viral? Ya, serial Squid Game memang tengah menjadi sorotan belakangan ini. Hal ini tidak lepas dari alur cerita Squid Game yang berbeda dari serial pada umumnya. Jika kebanyakan drama Korea mengangkat kisah percintaan, maka Squid Game hadir dengan tema yang unik, yaitu permainan. ‌Tidak sekedar permainan, tapi bisa dibilang permainan yang ada pada serial Squid Game terbilang ekstrem.

Bagaimana tidak, nama-nama permainan yang ada pada Squid Game dilakukan dengan cara yang tidak biasa, misalnya tarik tambang di atas ketinggian dan engklek di atas lantai kaca. Tidak hanya cara bermainnya saja yang tidak biasa, namun hukuman yang diberikan kepada para peserta juga tidak lumrah. jika permainan biasa hanya memberi hukuman ringan kepada pihak yang kalah namun Squid Game justru mengeksekusi pemain yang kalah dengan cara dibunuh.

Red Light Green Light

Permainan Squid Game Red Light Green Light

Permainan pertama yang ada dalam Squid Game yang mirip dengan permainan yang ada di Indonesia yaitu Red Light Green Light atau lampu merah lampu hijau. Cara bermain lampu merah lampu hijau cukup mudah, dimana para pemain akan diminta untuk berjalan mendekati boneka penjaga yang membelakangi peserta.

Ketika boneka tersebut berteriak “Red Light” dan menoleh ke belakang maka para peserta harus berhenti, jika ada peserta yang kedapatan bergerak maka ia akan ditembak mati. Sebaliknya, ketika boneka penjaga berteriak “Green Light” maka peserta harus berjalan kembali mendekatinya.

Sama seperti di Indonesia, di Korea Selatan permainan ini juga dimainkan lebih dari 5 orang, dimana 1 orang akan bertugas sebagai penjaga. Adapun di Indonesia permainan ini memiliki banyak nama di tiap-tiap daerah, ada yang menyebutnya dengan patung-patungan, ada juga yang menyebutnya dengan tak patung. Apapun nama permainannya, benang merah dari permainan ini sama.

Tug of War

Tug of War

Permainan Indonesia yang mirip dengan permainan yang ada di serial Squid Game yaitu Tug of War atau tarik tambang. Berbeda dengan tarik tambang di Indonesia, uniknya tarik tambang dalam Squid Game dilakukan diatas ketinggian. Dimana tangan para peserta diborgol pada tali yang akan mereka tarik.

Team yang kalah akan bergelantung di atas sampai panitia memutus tali tersebut hingga mereka semua mati. Ada fakta unik dalam permainan ini, yaitu awalnya Ki Hoon merasa pesimis dengan teamnya karena terdapat seorang kakek dan 2 orang perempuan di dalam team tersebut. Namun saat menaiki lift kakek Oh II Nam atau yang dikenal dengan julukan kakek gabut memberikan ide cemerlang hingga akhirnya mereka dapat mengalahkan team lawan.

Marbles

Permainan Squid Game Marbles

Serupa dengan permainan kelereng di Indonesia, permainan kelereng atau Marbles dalam serial Squid Game juga memiliki pola permainan yang sama. Dimana pemain harus merebut kelereng dari lawan, pemain yang berhasil mengumpulkan kelereng paling banyak maka dialah yang menjadi pemenang. Terkait jenis permainannya, peserta diberi kebebasan untuk memilih jenis permainannya.

Sebagaimana game sebelumnya, pemain yang kalah akan langsung menghadapi kematian. Sementara pemain yang berhasil menang berhak lolos ke game selanjutnya. Dalam permainan ini kakek gabut memberikan quote terkait permainan Marbles. Menurut kakek gabut, permainan kelereng adalah gambaran dari sifat asli manusia.

Glass Stepping Stone

Glass Stepping Stone

Ini adalah permainan kelima di serial Squid Game. Jika di Indonesia permainan ini banyak dimainkan oleh anak anak sebagai hiburan, maka di dalam serial Squid Game permainan ini adalah penentu antara hidup dan mati. Secara garis besar baik Glass stepping stone dan engklek memiliki pola permainan yang sama. Yakni para pemain akan diminta untuk melangkah dengan satu kaki, hanya saja bedanya kalau di Indonesia peserta dinyatakan kalah jika menginjak garis, tapi di Squid Game peserta dinyatakan kalah jika terbukti menginjak kaca.

Glass Stepping Stone menampilkan unsur menegangkan, pasalnya meski terlihat mudah, namun permainan ini cukup sulit, karena terdapat 2 jenis kaca yang diletakkan secara selang seling yaitu kaca kokoh dan rapuh. Pemain yang salah dalam memilih kaca secara otomatis akan tereliminasi untuk selama lamanya.

Gobak Sodor

Permainan Squid Game Gobak Sodor

Pernah bermain gobak sodor? Kalian anak 90an pasti sudah bisa membayangkan alur permainan ini. Ya, Squid Game membagi peserta menjadi 2 team yang terdiri dari team penyerang dan team bertahan. Diatas tanah bergambar cumi cumi, team penyerang harus berusaha melintas ke ujung gambar tanpa tersentuh oleh team bertahan.

Sebaliknya, jika team bertahan bisa mengeluarkan para pemain team penyerang maka team bertahanlah yang akan menang. Sebagaimana aturan dalam Squid Game, team yang dinyatakan kalah atau tereliminasi akan langsung mendapat hukuman mati ditempat. Cukup sadis ya!

Jika Squid Game menghadirkan permainan antara hidup dan mati apakah Squid Game yang. Sayangnya tidak semua permainan yang ada pada Squid Game ada di game ini. Diketahui game ini hanya menyajikan satu jenis permainan saja, yaitu lampu merah lampu hijau. Selain cara bermainnya yang cukup sulit, kalian yang tidak terbiasa menggunakan roblox juga akan mengalami kesulitan. Untuk dapat menggunakan aplikasi roblox kalian harus mengunduhnya di Play Store terlebih dulu.

Squid Game merupakan serial asli Korea Selatan yang viral setelah dirilis beberapa waktu lalu. Meski sudah hampir 3 minggu rilis, namun euforia squid game memang masih terasa hingga saat ini. Permainan bertahan hidup ini memang menyuguhkan cerita sekaligus adegan-adegan yang tidak hanya menyentuh namun juga menegangkan. 

Drama Korea ini menceritakan perjuangan 456 orang miskin yang ingin mendapatkan hadiah sebesar 45,6 miliar melalui sebuah permainan. Naas bagi para peserta, tanpa mengetahui sama sekali detail aturan dalam permainan yang akan mereka ikuti. Permainan yang awalnya mereka pikir mudah nyatanya harus mempertaruhkan nyawa sebagai konsekuensi atas kekalahan bagi peserta yang kalah dalam game tersebut.

Apakah squid game bisa dimainkan layaknya sebuah game online? Tak lama setelah viral di aplikasi TikTok muncul permainan yang serupa dengan serial Squid Game. Berdasarkan pantauan Kabar Games, game tersebut sudah dapat di download dan dimainkan di aplikasi Roblox.

Selain itu Squid Game juga tersedia dalam format APK yang bisa kalian download. Namun perlu diketahui, bahwa Squid Game APK bukanlah sebuah game yang resmi dirilis publisher Squid Game. Melainkan game ini merupakan buah kreatifitas dari pecinta squid game itu sendiri.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Copyright © 2021 PT. Gudang Pelangi Indonesia