legend-banner
7 Perbedaan Gameplay Wild Rift dan Mobile Legends

7 Perbedaan Gameplay Wild Rift dan Mobile Legends

Memiliki konsep permainan yang hampir sama, game League of Legends (LoL): Wild Rift dan Mobile Legends (ML) menjadi rival dalam dunia permainan. Khususnya dalam dunia game online. Kedua game tersebut sama-sama mengusung genre permainan MOBA. Di balik persaingan LoL: Wild Rift dan Mobile Legends, tentunya ada perbedaan yang mendasar di antara keduanya.

Perbedaan itu menjadikan satu di antara yang lain menjadi lebih unggul. Di samping kelebihan, tentunya keduanya juga memiliki kekurangan. Jika kamu ingin berpindah dari LoL: Wild Rift ke Mobile Legends atau sebaliknya, alangkah baiknya kamu mengetahui perbedaan antara kedua game tersebut.

Baca Juga :

Dengan mengetahui perbedaan LoL: Wild Rift dan Mobile Legends, kamu akan lebih bisa mempertimbangkan jika ingin berpindah dari satu ke yang lain atau bahkan memainkan keduanya. Berikut Kabar Games telah merangkum beberapa perbedaan LoL: Wild Rift dan Mobile Legends yang perlu kamu tahu.

Role

Role

Hal pertama yang mendasari perbedaan League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends (ML) adalah pada bagian role-nya. Mobile Legends sudah menentukan dan menetapkan role dalam in-game. Salah satu contohnya adalah Marksman. Tentu saja ini sangat memudahkan para pemain dalam menjalankan permainan.

Sementara game besutan Riot menetapkan role melalui item dan cara bermain yang dipilih oleh para pemain. Penetapan role melalui item dalam Wild Rift ini menjadikannya sulit dimainkan, terlebih untuk pemain pemula.

Buff

Buff

Loading…

Jika di dalam permainan LoL: Wild Rift terdapat yang namanya dragon, di Mobile Legends ada yang namanya turtle. Dalam Wild Rift, bagi siapa saja yang berhasil menghabisi dragon, maka seluruh anggota team akan dihadiahi buff. Adapun buff yang didapatkan berdasarkan jenis dragon yang dibasmi.

Berbeda dengan Mobile Legends yang mana buff hanya diberikan pada pemain yang bisa menghabisinya saja. Namun, jika satu team dapat mengalahkan team lain secara bersama, maka semua pemain akan mendapatkan bonus tambahan berupa EXP dan Gold.

Baca Juga :

Farming

Farming

Pada dasarnya farming yang terdapat pada kedua game MOBA ini tidak jauh berbeda. Dalam farming keduanya, terdapat yang namanya Last Hit. Perbedaan farming di antara keduanya hanya ada pada gold yang didapatkan dari last hit tersebut. Gold yang didapatkan dari Last Hit pada Mobile Legends jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan LoL: Wild Rift.

Spell

Perbedaan Wild Rift dan Mobile Legends Spell

Perbedaan berikutnya adalah pada segi jumlah spell. Jika pada Mobile Legends kamu hanya bisa menggunakan satu spell saja, maka di LoL: Wild Rift, kamu bisa menggunakan dua spell. Selain itu, di Mobile Legends terdapat spell junglers.

Spell junglers di Mobile Legends adalah retribution. Spell ini dapat berubah di saat kamu membeli item junglers tier 2. Sementara pada video game besutan Riot Games, hal itu disebut dengan smith. Ada dua macam smith yang ada di dalam Wild Rift, yaitu Challenging dan Chiling. Cara penggunaannya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan yang ada.

Monster

Perbedaan Wild Rift dan Mobile Legends Monster

Jika League of Legends (LoL): Wild Rift memiliki Baron sebagai karakter yang kuat, maka Moonton menghadirkan Lord yang juga memiliki kekuatan layaknya monster. Ada perbedaan hasil ketika kamu berhasil membunuh kedua karakter tersebut. Pada Wild Rift, jika kamu berhasil membunuh Baron, maka kamu akan bisa mendapatkan drop item Baron.

Drop item tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk menghubungi bala bantuan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menguatkan creep anggota team dengan cara mendekati dan melakukan push padanya. Berbeda jika kamu berhasil membunuh Lord di Mobile Legends. Jika berhasil membunuhnya, Lord akan tersummon dan berjalan dengan otomatis ke arah lane yang mana towernya telah hancur terlebih dahulu.

Support Item

Support Item

Tata cara support item pada kedua game online terbaik ini memiliki sedikit perbedaan. Di LoL: Wild Rift, support item yang ada lebih bervariasi dibandingkan dengan Mobile Legends. Kebanyakan pemain menggunakan support item Spellthief’s Edge ketika kamu memakai support AP untuk bermain Poke. Item ini menarik karena bisa menghasilkan gold ketika kamu bisa menyerang hero dari musuh.

Hal itu berbeda dengan ML yang support item-nya jauh lebih mudah dipahami karena terdapat passive di dalamnya. Jika kamu menggunakan support item tersebut, bukan kamu yang mendapatkan gold creep dari Lane, melainkan hero yang ada di sebelahmu. Adapun jika gold yang kamu miliki adalah paling rendah, maka gold/sec nya akan bertambah dengan sendirinya.

Rune

Perbedaan Wild Rift dan Mobile Legends Rune

Perbedaan cara main atau gameplay yang terakhir dari kedua game MOBA adalah dari segi rune atau emblem. Pada LoL: Wild Rift, kamu bisa mendapatkan rune apabila summoner level kamu meningkat. Jika kamu berhasil meningkatkannya, kamu akan bisa menggunakan dua rune.

Rune satu digunakan untuk Main dan yang lain bisa untuk Sub. Berbeda dengan Mobile Legends yang hanya bisa menggunakan satu rune. Untuk bisa menggunakannya kamu harus membayarnya terlebih dahulu. Meski begitu, fungsi rune pada kedua game ini pada dasarnya tetaplah sama.

Itulah tujuh perbedaan Wild Rift dan Mobile Legends yang perlu kamu tahu. Meski sama-sama game bertema MOBA, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagaimana, tertarik dengan Wild Rift atau ML ataukah justru keduanya?

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

 

Bagikan untuk teman:
Loading...