legend-banner
20 Perangkat Jaringan Komputer + Cara Kerja & Pengertiannya

20 Perangkat Jaringan Komputer + Cara Kerja & Pengertiannya

Jika Kamu adalah seseorang yang telah lama berkecimpung di bidang komputer, tentunya Kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa perangkat jaringan pada komputer. Peralatan di komputer ini juga memiliki peranan penting dalam mendistribusikan informasi. Selain memastikan seluruh infomasi penting tidak akan hilang saat didistribusikan, alat ini juga memiliki andil besar dalam mendukung jalannya proses transformasi data sehingga komponen lainnya yang ada dapat beroperasi dengan baik.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kabar Games akan membahas secara lebih dalam mengenai macam – macam, cara kerja dan fungsi 20 perangkat jaringan komputer berikut pengertian dari masing-masing komponen serta peralatan jaringan tersebut. Yuk, langsung saja disimak!

Baca Juga :

Router

Perangkat Jaringan Komputer - Router

Router adalah sebuah hardware (perangkat keras) pada jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan atau membagi IP address kepada seluruh komputer yang tersambung ke router tersebut dengan 2 cara yaitu secara statis dan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

Adapun cara kerja router ialah dengan merutekan paket atau data informasi yang disebut routing. Dengan begitu, router akan mengetahui dengan jelas apakah arah perjalanannya berada pada jaringan yang sama atau tidak. Jika router berada pada jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama, begitupun sebaliknya. Apabila router berada pada jaringan yang berbeda maka router akan meneruskannya ke jaringan tersebut.

NIC

Perangkat Jaringan Komputer - NIC

NIC (Network Interface Cards) atau kartu jaringan disebut sebagai media yang dapat menghubungkan antar komputer melalui koneksi kabel. NIC dapat bekerja pada lapisan fisik, yang mana sebelum di distribusikan NIC akan memecah data tersebut menjadi bit. Setelahnya bit akan dikirimkan melalui jaringan ke komputer lain yang kemudian dirangkai kembali menjadi data utuh. Faktanya, tiap-tiap NIC mempunyai suatu kode unik tersendiri, yang biasanya terdiri atas 12 digit kode yang disebut dengan sebutan MAC Address (Media Access Control).

Loading…

Kabel

Perangkat Jaringan Komputer - kabel

Peralatan jaringan pada komputer selanjutnya yang sangat familiar di telinga kita ialah kabel. Kabel adalah sebuah pengantar arus dari suatu perangkat. Ada beberapa jenis kabel yang umum sekali digunakan, seperti kabel coaxial, kabel UTP (unshielded twisted pair), kabel STP (shielded twisted pair) dan kabel serat optik (fiber optik). Bagian penting yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan kabel ialah menyiapkan lokasi yang cukup untuk menempatkan kabel tersebut, dengan begitu Kamu akan lebih leluasa dalam bekerja.

Baca Juga :

Hub

Perangkat Jaringan Komputer - Hub

Sebuah perangkat keras (hardware) yang dapat menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain dikenal dengan konstraktor atau hub. Fungsi hub pada komputer ialah untuk membagi server ke jaringan-jaringan yang lain.

Hub bertugas menyalin sekumpulan paket data dari sebuah sumber yang telah terhubung dengan port pada hub dan akan membagikan kepada seluruh port yang terhubung dengan hub tersebut. Untuk memahami dengan mudah bagaimana cara kerja hub, kita bisa melihat dari analoginya sebagai berikut.

Ada 4 anak dalam satu kelas dan hanya ada satu orang dari keempat anak tersebut yang mempunyai permen. Dalam hal ini, seorang anak yang mempunyai permen tadi adalah hub, dan ketiga temannya adalah port yang akan dibagikan paket data. Tetapi hub tidak mampu membagikan paket data (dianalogikan dengan permen) secara merata kepada seluruh port (tiga temannya), sehingga ini menjadi kelemahan hub itu sendiri.

Switch

Perangkat Jaringan Komputer - Switch

Switch adalah sebuah perangkat yang memiliki peran sebagai penghubung segmentasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC. Cara menghubungkan komputer ke swicth sama persis dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan sebagai pengganti hub yang telah terpasang pada jaringan secara langsung.

Pada dasarnya, switch mampu beroperasi layaknya bridge, yang membedakanya ialah dari segi jumlah port. Swicth mempunyai beberapa port sehingga sering disebut dengan istilah multi-port bridge. Switch mempunyai kelebihan dalam membagi sinyal koneksi, yaitu mampu membuat beberapa komputer mendapatkan kecapatan internet secara merata.

Bridge

Bridge

Dalam dunia komputer, kita mengenal sebuah perangkat keras bernama bridge, dimana komponen ini dapat membagi satu jaringan ke jaringan yang lain, guna memperoleh jaringan yang efisien. Perkembangan network yang kian pesat menjadikan kita sangat membutuhkan bridge atau jembatan untuk membantu pekerjaan kita. Pada umumnya, bridge harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan terlebih dahulu, baru setelahnya bridge membuat tabel otomatis.

Access Point

Access Point

Hampir sama dengan router, access point dapat memancarkan wireless sinyal yang dipancarkan dari router untuk membuat jaringan WLAN. Access point bertugas menyediakan koneksi antara jalur data elektrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet dengan jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh Wifi.

Modem

Modem

Perangkat keras atau hardware yang mampu menghantarkan perubahan data sinyal menjadi analog yang kemudian menjadi data sinyal digital kembali agar komputer dapat dijalankan disebut dengan istilah modem. Dari beberapa jenis perangkat jaringan komputer, kita akan sangat familiar dengan perangkat yang satu ini.

Apalagi di saat kelas online digalangkan seperti sekarang, benda mungil ini wajib ada digenggaman para pelajar dan mahasiswa, bukan?Untuk membuat komputer terkoneksi ke jaringan internet, modem perlu mendapatkan sinyal analog terlebih dahulu, lalu diubah menjadi signal digital dan terakhir dihantarkan ke komputer.

Repeater

Repeater

Repeater merupakan perangkat jaringan yang digunakan untuk memperkuat sinyal data pada jarak jauh sehingga menjadi lebih mudah untuk diakses. Repeater mempunyai dua jenis komponen yang mempunyai tugas masing-masing. Komponen yang pertama bertugas sebagai penerima data sinyal dari transmitter sedangkan komponen yang kedua bertugas memancarakan kembali data sinyal. Sebelum dipancarkan kembali, sinyal yang ada di repeater akan ditingkatkan kecepatannya terlebih dahulu.

Konektor

 Konektor

Konektor adalah suatu alat yang mampu menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Setiap jenis konektor sudah memiliki pasangan kabel masing-masing yang terpasang pada perangkat komputer. Contoh misalnya, konektor RJ-45 dipasangkan dengan kabel UTP, konektor BNC/T dengan kabel coaxial, konektor ST dengan kabel fiber optic dan lain sebagainya.

Server

Server

Secara umum, server mempunyai fungsi mengatur lalu lintas data dan menyimpan file data untuk kemudian di akes bersama menggunakan file sharing. Server akan mulai bekerja ketika telah mendapatkan perintah dari client. Cara kerjanya yaitu dengan melayani permintaan data dari client dan memberikan perlindungan pada komputer client. Tercatat ada 9 jenis server yang sebaiknya Kamu ketahui, diantaranya:

  • Proxy server
    Berfungsi sebagai gerbang yang membatasi permintaan data dan berbagi file antar server dan klien.
  • Telnet server
    Berfungsi mengatur komputer dengan cara melakukan login dan logout pada komputer host.
  • Virtual server
    Berfungsi membuat sejumlah server fisik dibuat seolah-olah seperti menjadi beberapa server.
  • Web server
    Berfungsi untuk menyimpan konten pada website .
  • Audio dan video server
    Bertugas menyimpan fitur multimedia sebuah website.
  • FTP server
    Bertugas mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.
  • Aplikasi server
    Mengolah perintah dari klien kemudian menghubungkan dengan database.
  • Mail server
    Bertugas menyimpan surat elektronik dan menangani berbagai permintaan klien.
  • News server
    Bertugas mengirim beragam berita melalui jaringan berita.

Komputer Client

Komputer Client

Komputer Client atau Komputer User merupakan pemakai jasa layanan komputer server yang ada dalam jaringan komputer. Antara komputer server dengan komputer client memiliki kinerja yang saling berhubungan timbal balik. Komputer client akan menghubungi server untuk mengirim data yang dibutuhkan apabila ada, nah semua proses tersebut memerlukan protokol. Protokol sendiri berfungsi sebagai alat komunikasi antara dua belah pihak atau lebih. Protokol inilah yang nantinya akan mengatur komputer client maupun komputer server dalam mengirim ataupun menerima data.

Proxy Server

Proxy Server

Jaringan perangkat komputer selanjutnya yaitu proxy server. Perangkat ini dikenal sebagai bentuk pelayanan jaringan komputer yang memungkinkan client untuk membuat koneksi jaringan secara tidak langsung ke layanan jaringan lain. Dengan kata lain, proxy server merupakan program komputer yang berperan sebagai komputer lain untuk melakukan request pada konten dari intranet maupun internet.

CCTV

cctv

Ditengah situasi yang rawan akan tindakan kriminal seperti sekarang ini, penggunaan CCTV atau Closed Circuit Television amat dibutuhkan. Selain memiliki fungsi meningkatkan keamanan, juga memiliki cara kerja yang terbilang simple. Cukup dengan merekam gambar kemudian mengirimkannya ke layar monitor sebuah komputer.

Keberadaan CCTV juga memungkinkan Kamu untuk mengawasi barang – barang yang Kamu miliki walaupun Kamu sedang tidak berada di tempat. Hasil rekaman CCTV dapat disimpan ke dalam harddisk atau NVR yang bisa diakses melalui komputer dan juga smartphone.

USB WiFi Adapter

USB WiFi Adapter

USB WiFi Adapter dapat dijadikan alternatif pengganti Wifi Card pada sebuah komputer yang bermasalah, dimana komputer tersebut tidak dapat terhubung dengan jaringan wifi. Dalam penggunaannya, kita perlu melakukan install driver pada perangkat tersebut, lalu setelah terinstall tinggal pasangkan perangkat wifi adapter pada usb port komputer.

Firewall

Perangkat Jaringan Komputer - Firewall

Dengan maraknya tindak kejahatan di dunia digital, muncullah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk memproteksi komputer dari serangan komputer luar yang dikenal dengan sebutan Firewall. Firewall bekerja dengan cara memantau semua lalu lintas informasi untuk memungkinkan data yang masuk, baik data yang bagus atau data yang buruk. Ketika yang ditemui adalah data buruk, maka firewall akan memblokir data tersebut agar tidak bisa masuk ke dalam komputer.

Multiplexer

Perangkat Jaringan Komputer - Multiplexer

Multiplexer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas pemakaian saluran komunikasi yang menerima beberapa input saluran yang satu ke saluran yang lain. Multiplexer akan menerima begitu banyak data yang masuk, tapi ia hanya mengizinkan (dipilih) salah satu data saja untuk dilewatkan/diteruskan menjadi output dalam waktu tertentu. Proses tersebut dikenal dengan istilah selector line atau input select.

NAT

Perangkat Jaringan Komputer - Network Address Translation

Selanjutnya kita akan berkenalan dengan sebuah perangkat jaringan yang dapat memberikan alamat IP public yang dapat diakses oleh IP private, perangkat ini dikenal dengan Network Access Translator atau biasa disingkat NAT. Cara kerja NAT begitu kompleks, yaitu dengan menerima paket data dari client yang ditujukan pada suatu server remote di internet, mencatat alamat IP client, mengubah alamat IP asal menjadi nomor IP NAT, dan meneruskan paket ke server remote. Ketika respon dari server remote diterima oleh NAT, maka NAT akan mengubah alamat tujuan pada paket tersebut menjadi alamat IP client yang bersangkutan.

Wireless Card

Perangkat Jaringan Komputer - Wireless Card

Wireless card atau kartu wifi merupakan perangkat keras yang terdapat di dalam laptop yang akan berperan sebagai penerima sinyal elektromagnetik. Wireless card bertugas mendeteksi sekitar jaringan wifi, apakah ada jaringan yang masuk yang bisa dihubungkan melalui laptop. Setelah ada jaringan yang masuk, kita melakukan sign in agar bisa terkoneksi.

LAN Card

Perangkat Jaringan Komputer - LAN Card

LAN card sering juga dikenal dengan sebutan NIC (Network Interface Cards), cara kerja perangkat ini yaitu apabila terdapat kesinambungan dengan peralatan lain di komputer, berupa memori kartu DMA. Maka LAN card akan mengirimkan data ke tempat penyimpanan sementara atau disebut memori ketika aliran data paralel masuk ke LAN card.

Nah itulah tadi penjelasan singkat mengenai macam – macam 20 perangkat jaringan komputer dan cara kerja serta pengertiannya. Semoga bermanfaat yaa.┬áNantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.

Bagikan untuk teman:
Loading...