10 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Penyebabnya

10 Cara Mengatasi Hp Lemot dan Penyebabnya

Bagi banyak orang, smartphone bisa jadi sangat penting untuk menunjang berbagai aktifitas, misalnya bekerja, main games dan sebagainya. Karena pemakaian dan berbagai faktor lainnya, performa smartphone Android bisa menurun dan terkesan lambat. Sebelum merasa kesal dan buru-buru ganti smartphone baru, berikut ini ada informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi hp lemot yang harus Anda tahu.

Sebelum membaca lebih lanjut, Kamu harus tahu terlebih dahulu tipe smartphone kalian, karena cara mengatasi hp lemot dan penyebab nya bisa sangat bervariasi tergantung dari tipe smartphone Android yang kalian miliki.

Baca Juga :

Penyebab Hp Lemot

smartphone

Internal Memory dan RAM Penuh

Kapasitas memori internal dan RAM berbeda-beda di setiap smartphone, ini adalah salah satu penyebab hp menjadi lemot yang paling sering terjadi. Memori internal dan RAM yang kepenuhan bisa menurunkan kemampuan Android Anda secara drastis. Aplikasi bisa freeze dan tidak lancar saat bernavigasi. Selain aplikasi dan games, file pribadi seperti video dan foto juga bisa buat internal memori smartphone penuh.

Banyak Aplikasi Berjalan

Banyaknya aplikasi boros baterai yang terinstall pada smartphone yang membuat RAM android penuh dan tidak dapat memberikan ruang untuk sistem smartphone itu sendiri menjadi salah satu penyebab hp sering lemot. Selain itu, ada banyak aplikasi berjalan di background yang terkadang tidak disadari, seperti antivirus, wi-fi, gps dan bahkan banyak aplikasi media sosial yang bisa aktif di background tanpa harus dibuka terlebih dahulu.

Cache yang Menumpuk

Cache atau lebih dikenal dengan “file sampah” akan terus bertambah saat Anda membuka dan menjalankan aplikasi pada smartphone. Jika cache tidak dibersihkan maka sampah tersebut akan menumpuk pada memori internal dan menyebabkan smartphone tidak beroperasi secara optimal sehingga menjadi lemot.

Jarang Update OS

Setiap produsen smartphone biasanya memberikan update OS Android berkala kepada pengguna produknya. Jika update terbaru tersedia, pengguna smartphone biasanya akan mendapat notifikasi yang menganjurkan untuk mendownload update OS ke versi Android yang lebih tinggi lagi.

Loading…

Namun banyak yang malas mengupdate OS sehingga smartphone masih berjalan di sistem operasi lama. Padahal Anda harus sering meng-update OS ke versi terbaru karena sistem operasi terbaru biasanya hadir dengan banyak upgrade yang bisa membantu performa smartphone tidak lagi lemot dan lebih ngebut.

Sistem Terserang Virus

Sistem android pada smartphone yang terserang virus dan malware akan memberikan dampak buruk bagi performa smartphone itu sendiri. Virus jadi salah satu penyebab lemot nya performa smartphone Anda

Baca Juga :

Cara Mengatasi Hp Lemot

smartphone

Hapus Aplikasi dan Game yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi hp lemot yang pertama adalah dengan menghapus aplikasi atau game yang memang tidak lagi diginakan. Hal ini bertujuan agar smartphone memiliki banyak ruang kosong di memori internal dan beban RAM smartphone lebih ringan dikarenakan kebutuhan beberapa aplikasi berkurang.

Jangan Menggunakan Wallpaper Animasi

Selain membuat baterai smartphone boros dan cepat panas, hal ini juga bisa membuat smartphone kurang responsif dikarenakan melambatnya kinerja sistem pada beberapa komponen android. ini adalah salah satu cara paling ampuh mengatasi performa hp Anda yang lemot menjadi lebih ringan.

Install Aplikasi Anti-Virus

Cara mengatasi berikutnya, Gunakan aplikasi anti-virus seperti AVAST Mobile Security untuk scan smartphone Anda dan mencegah smartphone terjangkit virus, karena adanya virus akan membuat hp atau smartphone Kamu terkadang menjadi lebih lemot.

Install Aplikasi Clean Master

Clean Master adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk menghapus cookie dan cache di smartphone agar file-file sampah yang memenuhi memori internal tidak menumpuk. Sering kali orang mengabaikan cara ini, padahal ini adalah salah satu tips terbaik untuk mengatasi hp lemot.

Hapus Widget di Home Screen

Sebaiknya hapus widget tidak berguna di Home Screen smartphone Anda, hal ini bertujuan untuk mengurangi tampilan-tampilan berita (informasi) yang terhubung dengan internet maupun aplikasi yang ada di smartphone. RAM akan bekerja lebih keras ketika widget dan aplikasi secara bersamaan, apalagi jika smartphone Anda masih menjalankan OS Android lama seperti Jelly Bean.

Nah itulah tadi cara mengatasi hp android lemot dan penyebab nya, semgoa bermanfaat! Ikuti terus Kabar Games untuk mendapat banyak informasi menarik mengenai berita games dan gadget terbaru, berbagai review hingga tips dan trik yang berguna bagi smartphone Anda.

Bagikan untuk teman:
Loading...