13 Anime Bikin Pintar, No 12 Pasti Pernah Nonton!

13 Anime Bikin Pintar, No 12 Pasti Pernah Nonton!

Nonton anime bisa bikin pintar loh! Pernyataan dari Kabar Games bahwa anime bikin pintar ini didasari dari pernyataan professor Jepang yang berasal dari Universitas Tama. Di dalam esainya yang berjudul Apakah Kamu Orang Tua yang Buruk? (alih bahasa), yang dikutip dari tulisan Rachel Tackett pada tahun 2013, dinyatakan bahwa anime dapat membuat pintar anak-anak, dan apabila anak-anak dipisahkan dari benda itu maka akan berdampak buruk.

Prof Higuchi menyatakan bahwa anime bikin pintar karena mampu membuat seorang anak bercerita kepada orang terdekatnya untuk kemudian berdiskusi yang mengakibatkan otak diolah sehingga berpikir kritis. Wah, menarik ya! Tentunya, tidak hanya anak-anak aja yang bisa dibuat jadi pintar karena anime. Kalian juga bisa loh! Nah, berikut ini 13 rekomendasi anime yang bisa bikin kalian pintar yang Kabar Games pilih berdasarkan skill yang akan kalian dapatkan kelak setelah menontonnya.

Baca Juga :

1. Hyouka

Anime Bikin Pintar - Hyouka

Anime kartun yang tayang perdana pada tahun 2012 ini bergenre misteri. Plot cerita mengisahkan seorang siswa tingkat tinggi bernama Oreki Houtarou. Dia adalah anak yang pandai tetapi mempunyai sifat malas. ia tergabung dalam klub sastra klasik. Di klub itu, Oreki membantu temannya menemukan jawaban atas pertanyannya sekaligus memecahkan misteri yang ada di sekolah. Selain misteri sebagai tema utamanya, di anime kartun ini banyak menggunakan istilah sastra umum dan sastra Jepang pada khususnya. Tidak hanya itu saja, budaya, kebiasaan, dan juga sejarah negara Jepang bisa kalian temui di dalamnya. Dengan nonton anime ini, kalian akan berpikir kritis, memainkan logika, mendapatkan pengetahuan sastra, budaya, kebiasaan, dan sastra Jepang.

2. Cells at Work

Anime Bikin Pintar - Cells at Work

Baca Juga :

Hataraku Saibou atau Cells at Work yang tayang pada tahun 2018 membahas tuntas tentang sel dan juga proses kerjanya. Tidak sekedar hanya membahas mengenai fungsi eritrosit, dan leukosit, tetapi dengan menonton anime ini, para penonton diajak untuk memahami kinerja sel dalam menghadapi infeksi bakteri hingga sel kanker. Di sini, tiap sel yang ada di dalam tubuh kamu dibuat menyerupai karakter yang unik dan lucu. Akibatnya,  pelajaran biologi tentang sel menjadi lebih menyenangkan.

3. Serial Experiments Lain

Anime Bikin Pintar - Serial Experiments Lain

Tayang pada 1998, anime kartun ini bergenre fiksi ilmiah. Tokoh utamanya adalah seorang gadis SMP bernama Lain Iwakura. Suatu ketika, ia menerima e-mail dari temannya yang telah wafat. Lewat e-mail itu, temannya menceritakan bahwa dirinya belum mati. Ia hanya keluar dari jasad saja, sedangkan jiwanya berpindah ke dunia virtual, The Wired. Diawali dari e-mail itu, akhirnya Lain berinteraksi dengan dunia The Wired. Dengan menonton anime ini, para penonton diajak untuk menjelajahi sejarah internet, dan juga filsafat seputar eksistensi manusia.

4. Element Hunters

Anime Bikin Pintar - Element Hunters

Topik anime kartun yang tayang pada 2009 ini adalah seputar penyelamatan bumi oleh sekelompok anak umur 13 tahun. Planet ini perlu diselamatkan karena unsur-unsur kimia penting telah lenyap dari bumi, seperti peristiwa dematerilisasi karbon, oksigen, kobalt, emas, dan molibdenum. Populasi manusia menurun sampai dengan 90 persen karena peristiwa dematerilisasi itu. Di dalam Element Hunters, selain menonton usaha penyelamatan, para penonton diajak untuk mempelajari kimia dengna mudah via adegan-adegan di dalamnya.

5. Space Brothers

Anime Bikin Pintar - Space Brothers

Uchuu Kyoudai atau disebut juga Space Brothers merupakan anime kartun bergenre komedi.  Anime ini, pertama kali tayang pada tahun 2012. Space Brothers mengisahkan tentang Mutta dan Hibito Nanba. Ketika masih kecil, dua bersaudara ini bercita-cita menjadi astronot, dan menjelajahi luar angkasa. Namun,  Mutta melupakan cita-citanya. Sementara Hibito, terus berjuang untuk menjadi seorang astronot. Unsur petualangan dan motivasi menjadi topik utama dari anime ini, tetapi para penonton diajak untuk mengetahui tentang antariksa dan juga karir di bidang astronot.

6. Hetalia

Anime Bikin Pintar - Hetalia

Hetalia merupakan anime komedi yang berusaha untuk mengedepankan tema sejarah Perang Dunia I dan II menjadi lebih menarik. Di dalam anime yang tayang perdana pada 2009 ini, negara-negara di dunia digambarkan sebagai lelaki dengan pelbagai sifat unik. Contohnya, Jerman yang kaku dan pemalu, Italia yang kikuk, dan Jepang yang aneh sekaligus pendiam.

7. Spice and Wolf

Anime Bikin Pintar - Spice and Wolf

Genre petualangan fantasi, tentunya, amat banyak peminatnya. Namun, biasanya, di dalamnya kurang unsur pengetahuan yang bisa dipakai di dunia nyata. Nah, Spice and Wolf mampu menghadirkan kekosongan pengetahuan itu. Dari anime ini, para penonton diajak untuk mengetahui trik-trik bisnis sederhana.

Tayang pada 2008, anime ini menceritakan pedagang keliling bernama Kraft Lawrence yang bercita-cita mempunyai toko. Perjalanan demi perjalanan ia arungi dan akhirnya sampai bertemu dengan Dewi Kesuburan berwujud setengah serigala. Dewi itu meminta Kraft untuk mengantarnya ke suatu kota. Kesepakatan di antara keduanya terjalin, dan mereka akhirnya bertualang bersama. Sepanjang perjalanan, Kraft dinasehati Dewi Kesuburan itu. Nasehatnya membuat pendapatan Kraft semakin bertambah, sehingga cita-citanya mempunyai toko semakin dekat.

8. Moyashimon

Anime Bikin Pintar - Moyashimon

Mikroba menjadi tema utama dalam anime kartun Moyashimon. Tokoh utama anime yang tayang perdana pada 2007 ini bernama Tadayasu. Ia adalah seorang mahasiswa baru jurusan Agrikultur yang mampu berkomunikasi dengan mikroba di sekitarnya. Dalam anime ini, kamu akan diajak untuk tahu tentang mikroba, termasuk salah satu pengetahuannya, yakni mengenai proses fermentasi.

9. Food Wars!

Anime Bikin Pintar - Food Wars!

Shokugeki no Soma atau yang disebut juga dengan Food Wars! adalah anime bergenre komedi bertema masak-memasak yang tayang perdana pada tahun 2015. Tokoh utamanya bernama Soma Yukihira. Ia ingin menjadi seorang chef paling hebat di dunia. Dia berlatih setiap hari pelbagai macam resep baru. Anime ini disampaikan dengan mendetail, sehingga ilmu masakannya dapat diterapkan secara nyata. Ini adalah anime yang wajib ditonton bagi kamu yang suka atau mau belajar memasak.

10. Gin no Saji

Anime Bikin Pintar - Gin No Saji

Anime Kartun Gin no Saji yang tayang perdana pada 2013 bercerita seputar kehidupan sekolah tingkat tinggi jurusan Agrikultur di Hokkaido dengan tokoh utamanya seorang pelajar bernama Hachiken. Di Hokkaido itu, Hachiken mempunyai rutinitas yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Dari kehidupan Hachiken, para penonton diajak untuk tahu secara lebih mendalam mengenai pertanian dan peternakan.

11. Comical Psychosomatic Medicine

Anime Bikin Pintar - Comical Psychosomatic Medicine

Tayang pada 2015, Comical Psychosomatic Medicine berformat mini series dengan tema psikologi. Anime berdurasi 5 menit ini berkisah tentang kejadian luar biasa di sebuah klinik kejiwaan. Tokoh utamanya bernama Ryou Shinnai yang kesehariannya menghadapi pasien berpenyakit mental. Dalam menghadapi pasien-pasien itu, Ryou mengalami kesulitan yang mampu mengocok perut penonton, sehingga menjadikan anime ini amat cocok bagi pecinta komedi dan psikologi.

12. Detective Conan

Anime Bikin Pintar - Detective Conan

Tahun 1996 menjadi waktu tayang perdana dari anime kartun Detective Conan. Anime ini bercerita mengenai detektif Shinichi Kudo yang tubuhnya menyusut jadi seperti anak kecil akibat diracuni sekelompok penjahat. Sejak tubuhnya menyusut, ia menggunakan nama samaran Conan Edogawa dan akhirnya tinggal bersama dengan Detektif Mouri. Secara diam-diam, Conan acapkali membantu Detektif Mouri dalam memecahkan pelbagai kasus pidana. Di dalam anime ini, penonton dibawa untuk berpikir kritis dan logis dalam rangka membuka trik kasus yang sangat kreatif dan tidak terduga. Namun tidak hanya itu aja, di anime ini juga banyak membahas tentang ilmu fisika, geologi, kimia, hingga sejarah.

13. Shirobako

Anime Bikin Pintar - Shirobako

Anime kartun Shirobako tayang perdana pada tahun 2014. Bergenre komedi, anime ini berkisah tentang lima orang sahabat. Mereka merantau ke Tokyo untuk bekerja di industri anime. Di sana, mereka harus berhadapan dengan pelbagai masalah yang nyebelin yang akhirnya ditangani dengan lucu. Di balik kelucuan itu, banyak pengetahuan tentang  industri anime di Jepang yang bisa didapat. Nah, anime ini cocok banget buat ditonton sama kalian yang ingin bekerja di industri anime.

Demikian lah pembahasan 13 anime bikin pintar. Kira-kira ada tambahan dari kalian? Komentar di bawah ya! Jangan lupa juga untuk nantikan informasi anime terbaru hanya di Kabar Games!

Bagikan untuk teman: