legend-banner
Mirip WhatsApp, Kini Kamu Bisa Pakai Aplikasi SMS di Android

Mirip WhatsApp, Kini Kamu Bisa Pakai Aplikasi SMS di Android

Ketika kamu berkirim pesan dengan orang lain, aplikasi apa yang kamu gunakan? Apakah WhatsApp, Messenger atau yang lain? Bagi kamu yang masih suka bertukar pesan menggunakan layanan SMS seperti sebelum munculnya smartphone, kini aplikasi SMS telah hadir di Android dengan fitur yang mirip dengan WhatsApp.

Aplikasi SMS sebenarnya telah hadir cukup lama di Android, hanya saja fiturnya masih terbatas. Sekarang, aplikasi SMS telah dikembangkan sehingga mirip dengan WhatsApp. Aplikasi SMS telah dibekali dengan teknologi layanan Rich Communication Service (RCS).

Baca Juga :

Layanan RCS ini bisa dibilang merupakan teknologi generasi terbaru untuk pengiriman pesan. Dengan menggunakan teknologi RCS ini, fitur-fitur yang ada di aplikasi SMS menjadi mirip seperti WhatsApp.

Fitur-fitur Aplikasi SMS Terbaru

Fitur-fitur Aplikasi SMS Terbaru

Dengan penambahan layanan RCS, aplikasi SMS mendapatkan banyak fitur-fitur baru yang belum ada sebelumnya. Aplikasi yang serupa dengan WhatsApp ini menjadi lebih berwarna dengan tambahan fitur-fitur baru. Lantas apa saja yang ditawarkan oleh aplikasi SMS dengan layanan RCS terbarunya ini? Berikut ulasannya.

  • Koneksi Menggunakan Data

Salah satu kelebihan rival WhatsApp ini adalah bisa digunakan dengan menggunakan koneksi data melalui kuota internet ataupun wifi. Hal itu tidak terlepas dari penggunaan layan RCS yang dapat menjadikan kuota internet sebagai tarif untuk perpesanan.

Kamu tidak perlu lagi repot-repot membeli pulsa untuk menggunakan kuota internet. karena dengan layanan RCS, kamu bisa berkirim pesan layaknya WhatsApp dengan menggunakan kuota internet ataupun wifi.

Loading…

  • Kirim Pesan Mencapai 8000 Karakter

Apikasi SMS di Android yang terbaru ini kamu bisa mengirim pesan dengan panjang tulisan mencapai 8000 karakter. Lagi-lagi hal ini tidak terlepaskan dengan penggunaan teknologi generasi baru, RCS. Sebelumnya, SMS biasa hanya bisa mengirim pesan dengan panjang tulisan 160 karakter. Namun berkat kehadiran layanan RCS ini, kamu bisa bertukar pesan di Aplikasi SMS ini yang mencapai 8000 karakter seperti yang bisa digunakan pada WhatsApp.

  • Bisa Kirim Foto dan Video

Seperti halnya WhatsApp, SMS Android yang terbaru juga bisa mengirimkan foto, video, kontak dan yang lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkirim stiker dan GIF menarik di aplikasi SMS yang baru ini. Termasuk chat menggunakan emoticon yang lucu dan menggemaskan seperti iMessages yang ada di iOS.

Baca Juga :

Lebih hebatnya lagi, kamu bisa mengirimkan file dalam ukuran besar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengirim file berupa dokumen atau video yang memiliki ukuran cukup besar.

  • Membuat Grup

Layaknya WhatsApp, pada aplikasi SMS di Android ini kamu juga bisa membuat grup yang beranggotakan banyak orang. Bedanya, pada aplikasi SMS di Android ini, kamu hanya bisa membuat grup dengan jumlah anggota sebanyak 100 orang. Tidak seperti WhatsApp yang jumlah anggota dalam satu grupnya bisa mencapai 250 orang lebih.

Dengan hadirnya fitur grup ini, akan sangat membantu jika ingin kamu berkirim pesan kepada banyak orang dalam waktu yang sama. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mengirim satu per satu kepada kontak yang ada dalam daftar.

  • Terintegrasi dengan Google Assistant

Salah satu yang menarik dari aplikasi ini adalah telah tersambung dengan Google Assistant. Google sendiri lah yang mengintegrasi aplikasi ini dengan asisten digitalnya itu. Dengan integrase antara aplikasi SMS di anroid dan Google Assistant ini, kamu bisa mencari informasi dalam waktu yang singkat.

Kamu tidak perlu lagi membuka browser atau yang lainnya. Cukup dengan menggunakan Google Assistant ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dan akan langsung dikirimkan melalui sebuah pesan.

  • Keamanan Enkripsi End-to-End

Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir. Keamanan yang digunakan dalam aplikasi SMS di android sama seperti di WhatsApp, yakni enkripsi end-to-end. Dengan menggunakan sistem keamanan seperti ini, yang bisa mengetahui pesan, panggilan maupun pembaharuan status hanyalah kamu dan orang-orang yang kamu pilih. Jadi tidak perlu khawatir datamu akan dicuri.

Cara Menggunakan Aplikasi SMS di Android

Cara Menggunakan Aplikasi SMS di Android

  1. Jika kamu belum mempunyai aplikasi SMS di Android, kamu bisa mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Jika kamu sudah memilikinya, kamu pilih aplikasi Messages bawaan Android yang ada di perangkat kamu. Biasanya warna aplikasinya adalah biru.
  2. Setelah itu, nantinya kamu akan menerima sebuah notifikasi yang memberikan pilihan untuk mengubah layanan pesan yang ada. Kamu cukup agree/setuju jika mendapatkan notifikasi seperti itu.
  3. Jika sudah, kamu tinggal mengeceknya dengan membuka aplikasi SMS di Android yang sudah ada.
  4. Jika sudah bisa menggunakan fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, berarti aplikasi SMS di Android kamu bisa dioperasikan layaknya WhatsApp.

Cara Mengubah Aplikasi SMS dari Setelan Pabrik

Bagi kamu yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi SMS bawaan pabrik, ada cara khusus untuk menggantinya dengan aplikasi SMS di android. Caranya adalah dengan mengubah opsi di pengaturan.

  1. Pertama-tama kamu buka pengaturan, lalu cari bagian App & Notification.
  2. Setelah itu, kamu pilih default Apps dan pilih opsi SMS.
  3. Kemudian, kamu ubah ke pilihan Messages. Dengan begitu, nantinya kamu bisa menggunakan aplikasi SMS di Android.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi SMS di Android? Dengan fitur-fiturnya yang baru, aplikasi SMS di Android kini bisa bersaing dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Messenger dan lainnya.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...