Solid State Drive: Kupas Tuntas Apa itu SSD

Solid State Drive: Kupas Tuntas Apa itu SSD

Hard drive merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer. Tanpa adanya komponen ini, komputer tidak dapat menyimpan data apapun. Harddisk merupakan salah satu hard drive yang banyak digunakan hampir di setiap komputer di dunia. Tapi saat ini sudah hadir hard drive baru selain harddisk yaitu Solid State Drive (SSD).

SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan data (non-volatile memory) yang menggunakan papan memori sebagai media dan tidak menggunakan compact disk seperti hard disk konvensional sehingga SSD tidak memiliki penundaan mekanikal dalam mengakses data. Solid State Disk dihadirkan di sistem operasi dengan cara yang sama, namun memiliki skema kerja yang berbeda.

Baca Juga :

SSD bukanlah perangkat baru, Anda pasti sering melihat laptop yang menggabungkan HDD dan SSD sebagai media penyimpanan. Umumnya laptop gaming, tapi ada juga untuk laptop biasa. Dan banyak pula orang yang masih belum familiar dengan media penyimpanan ini dan menganggapnya sama dengan HDD. Agar Anda juga tak sama bingungnya saat membedakan SSD dengan HDD saat akan membeli laptop, yuk mengenal Solid State Drive!

Fungsi TRIM

TRIM Solid State Disk

TRIM merupakan sebuah perintah yang langsung ditujukan kepada firmware dari SSD. Fungsi ini membuat kinerja SSD selalu cepat yang namanya media penyimpanan, jika digunakan lama kelamaan pasti akan penuh apalagi jika digunakan untuk menulis atau membaca data. Maka dari itu harus segera melakukan penghapusan data.

Baca Juga :

Pada harddisk, kegiatan penghapusan data tidak sepenuhnya terhapus karenanya saat ada data baru yang mau ditulis ditempat yang sama, pasti akan langsung menimpa data yang lama. Hal ini disebut Overwriting. Kalau pada Harddisk kegiatan Overwriting ini biasa terjadi tapi lain halnya dengan SSD, kegiatan Overwriting ini akan menghasilkan sampah (garbage) yang menyebabkan SSD melambat dalam membaca data karena harus memilah antara data yang lama dengan data yang baru.

Dengan adanya TRIM, dapat dipastikan jika sistem operasi ingin menulis data baru tapi ditempat data yang lama, maka data yang lama akan terhapus tanpa sisa. Selain membuat tempat yang dihapus menjadi bersih TRIM juga akan membuat Solid State Drive menjadi kencang sama seperti yang baru.

Isi Solid State Drive

isi Solid State Disk

SSD tidak memiliki mekanik rumit biasa ditemukan di harddisk. Bagi Anda yang pernah melihat isi RAM (Random Access Memory atau memori komputer), nah isi SSD mirip dengan isi RAM tersebut. Solid State Drive hanya terdiri dari sekumpulan memori yang dipasang di sebuah board.

Memori SLC dan MLC

SDD

Dalam Solid State Drive, terdapat dua macam memori yang digunakan, yaitu SLC dan MLC. SLC merupakan kepanjangan dari Single Level Cell yang fungsinya menyimpan sebuah bit data di sebuah cel memori. Sedangkan MLC atau Multi Level Cell berfungsi untuk menyimpan dua bit data pada satu cel memori. SSD jenis SLC memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan jenis MLC yaitu kecepatan transfer data yang lebih tinggi, konsumsi daya yang lebih rendah dan siklus hidup yang lebih lama dibandingkan dengan  MLC. Sayangnya, SLC lebih mahal dari MLC sehingga membuatnya jarang ditemukan di produk consumer SSD.

Kecepatan Solid State Drive

HDD-vs-SSD

Solid State Drive tidak memiliki mekanik yang harus bergerak saat menulis dan membaca data. Selain itu, SSD tidak perlu melakukan putaran spindle seperti sebuah harddisk. Semua dilakukan secara elektris. Ha ini membuat SSD lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Lebih Aman

ssd explained

Ada beberapa pendapat yang berkata bahwa Solid State Drive lebih aman dibandingkan dengan hard disk. Pertama, SSD tidak memiliki perangkat yang bergerak di dalamnya membuat media penyimpanan ini lebih aman dan tahan banting. SSD juga tahan getaran karena pada HDD yang tidak sedang bekerja sekalipun, kebisingan pasti akan terdengar karena getaran yang terus-menerus akan mengalami kerusakan mekanik. Sedangkan SSD tidak mengalaminya karena tidak adanya getaran dan bentuknya yang tidak mekanik.

Lebih Mahal

ssd

SSD cenderung lebih mahal dibandingkan dengan HDD karena memproduksi sebuah flash memori memerlukan biaya yang tidak sedikit dan juga dilengkapi dengan sistem teknologi terbaru. Solid State Drive merupakan produk baru yang seiring dengan berjalannya waktu, akan membuat harganya turun dengan sendirinya karena banyak bermunculan SDD dengan kapasitas yang lebih banyak lagi.

Bagikan untuk teman: