Medal Rank Dota 2 Resmi Menggantikan MMR, Dan Inilah Leaderboard Hari Pertamanya

Medal Rank Dota 2 Resmi Menggantikan MMR, Dan Inilah Leaderboard Hari Pertamanya

Yoko Widito

Setelah rencana yang dicanangkan pada beberapa waktu yang lalu, akhirnya Valve secara resmi mengganti sistem MMR dan digantikan dengan Medal Rank dota 2 yang kemudian dibagi per seasonnya. Bagi pemain esports yang sudah mengenal Overwatch dan League of Legends ataupun dua game moba mobile Mobile Legends ataupun Arena of Valor, sudah mengenal dan terbiasa dengan sistem seperti ini.

Banyak pihak yang menyambut baik sistem ini, karena memang sebelumnya Dota 2 lebih unik dibandingkan dengan game lainnya dengan hanya memberikan sistem ranking berbasis angka, namun kini Valve mulai beralih menggunakan sistem pembagian kasta ranking. Inilah urutan Medal Rank Dota 2 :

  1. Tier 1 Rank – Herald
  2. Tier 2 Rank – Guardian
  3. Tier 3 Rank – Crusader
  4. Tier 4 Rank – Archon
  5. Tier 5 Rank – Legend
  6. Tier 6 Rank – Ancient
  7. Tier 7 Rank – Divine

Sama seperti medal rank pada game moba lainnya, dalam setiap ranking akan dibagi menjadi 5 bintang yang akan digunakan selanjutnya sebagai sistem progresi, ini berlaku untuk party ataupun solo. Namun untuk mencapai ranking Ancient atau Divine, performa solo akan jauh lebih dipertimbangkan.

Medal rank dota 2 yang didapatkan oleh pemain akan muncul di masing masing profil pemain, dan semua yang berhasil mendapatkan ranking Divine akan tampil di leader board secara otomatis. Sistem ini akan dikalibrasi ulang per 6 bulan atau dalam setiap musimnya.

medal rank dota 2

Dengan adanya sistem baru ini, Dota 2 akan menjadi lebih serupa dengan game kompetitif lainya, seperti CS:GO, LoL atau bahkan Overwatch dan Mobile Legends.

Leaderboard hari pertama Medal Rank Dota 2

Dalam sistem terbaru ini, semua pemain diwajibkan melakukan Calibrating dengan memainkan sebanyak 10 game untuk dapat membuka MMR mereka, ini sama seperti saat pemain melakukan match ranked.

Sejak dibuka dan diperkenalkan kemarin hingga hari ini sudah tercatat cukup banyak player termasuk juga player pro yang sudah membuka MMR terbaru mereka. Hingga hari ini, inilah leaderboard terbaru dari Medal Rank seluruh region.

America

medal rank dota 2

Eropa

medal rank dota 2

Southeast Asia

medal rank dota 2

China

medal rank dota 2

Tercatat masih cukup banyak player  yang masih merasa bingung dengan sistem medal rank yang masih hitungan baru ini. Ini dikarenakakn hingga hari ini masih belum ada penjelasan resmi dari Valve mengenai angka angka  yang ada di dalam Medal Rank ini. Jadi cukup beralasan kalau yang dapat mencapai medal tertinggi adalah mereka yang memiliki MMR diatas 10.000, tapi kalau melihat leaderboard diatas, cukup banyak player yang mencapai Medal Divine 5.

Sebenarnya perubahan ini tidaklah terlalu signifikan, namun memang tidak dapat dipungkiri kalau game moba seperti ini tetap memiliki permasalahan utama yaitu sistem matchmaking untuk solo player yang terkadang berada dalam satu tim yang kemampuannya jauh dibawahnya.

Tapi kalau melihat sistem sama yang diterapkan di League of Legend, AoV ataupun Mobile Legends, kasus seperti ini masih juga terjadi dan tidak terlalu efektif. Jadi apakah sistem ini akan berjalan dengan baik di Dota 2?

Kita nantikan berita esports terbaru berikutnya hanya di kabar games!

Komentar Gamers!

Jumlah Komentar!