legend-banner
Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Tentang Pasar Saham

Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Tentang Pasar Saham

Halo gamers! Dunia saat ini sudah semakin bertumbuh dengan segala perkembangannya. Sebagai seorang gamer, sudah saatnya kamu level up menginjak dunia baru untuk masa depan kamu. Pasar saham sekarang sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi dan juga bukan sebuah gambling dengan melihat naik turunnya harga. Pasar saham adalah salah satu cara untuk kamu para gamer bisa berinvestasi demi masa depan kamu yang lebih baik.

Terlebih kalau kamu saat ini adalah seorang gamer pro yang sudah banyak mendapatkan hadiah dari semua kemenangan kamu. Daripada uangnya digunakan untuk hal hal yang kurang penting, sudah saatnya kamu mulai mempertimbangkan masa depanmu. Kalau kamu bisa kaya saat sedang farming di Mobile Legends ataupun Genshin Impact. Maka kamu juga bisa juga kaya saat farming di pasar saham. Mau tau bagaimana caranya? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga :

Apa itu Pasar Saham?

apa itu pasar saham

Apabila sebuah perusahaan swasta ingin menambah modal untuk memastikan pertumbuhan perusahannya, mereka dapat melakukannya dengan Go Publik di pasar saham. Prosesnya dimulai dari penawaran umum perdana. Dalam praktiknya, hal ini berarti investor mengambil kepemilikan saham, dengan cara membeli saham yang disebut saham, untuk modal.

Perusahaan yang ingin go public lebih memilih bursa saham yang besar seperti Nasdaq atau London Stock Exchange (LSE). Namun, untuk bisa diterima dengan baik mereka harus memenuhi syarat tertentu. Ketika sebuah perusahaan diperdagangkan secara publik, sahamnya tersedia untuk diperdagangkan di bursa saham.

Bursa pertama mulai diperdagangkan di pusat perbelanjaan seperti London dan Amsterdam pada abad 16 dan 17. Bursa saham pertama yang kita kenal sekarang adalah Bursa Efek Philadelphia, yang masih ada sampai sekarang. Hingga pada akhir abad ke-18, ketika Bursa Efek New York dibentuk dan saham mulai diperdagangkan secara luas.

Sebelum tahun 1792, pialang dan pedagang memiliki perjanjian informal untuk bertemu di bawah Acne on Wall Street dan mengatur perdagangan saham. Apa yang sekarang dikenal sebagai Perjanjian Buttonwood adalah awal dari perdagangan keuangan modern. Ketika pasar mulai mengatur dan kemajuan teknologi, perdagangan saham dapat diakses oleh lebih banyak pialang, membuat pasar lebih likuid dan efisien.

Loading…

Siapa Saja Pelaku Pasar Saham?

pelaku pasar modal

Munculnya perdagangan derivatif telah memungkinkan investor untuk berpartisipasi di pasar saham tanpa harus berdagang, karena siapa pun yang memiliki akses ke internet dapat berspekulasi tentang harga sekuritas individu melalui akun dengan perusahaan pialang online (salah satu pialang yang kami rekomendasikan adalah Forextime / FXTM).

Baca Juga :

Mari kita lihat siapa saja yang berpartisipasi dalam pasar ini, karena ada miliaran transaksi terjadi setiap hari di pasar saham:

1. Pengecer Pribadi

Kategori ini merujuk pada orang-orang yang membeli dan menjual saham di seluruh dunia berdasarkan harga mereka sendiri dan dengan tujuan menghasilkan keuntungan semata. Investor swasta membuat sebagian besar transaksi ekuitas global. Ini bisa berupa karyawan yang membeli saham di perusahaan tempat mereka bekerja atau penggemar yang membeli saham di klub olahraga favorit mereka untuk menunjukkan dukungan mereka, untuk beberapa nama.

2. Hedge Fund

Hedge fund juga sangat terlibat dalam perdagangan saham dan biasanya membeli saham di berbagai perusahaan untuk melindungi portofolionya dari risiko dan meningkatkan keuntungan mereka.

3. Kompetitor

Kategori pelaku pasar saham yang kurang dikenal adalah pesaing yang dapat mencari pengaruh atas perusahaan lain dengan membeli saham mereka.

Apa yang Mempengaruhi Harga Saham?

bursa saham

Harga saham pada dasarnya merupakan cerminan dari keuntungan perusahaan dan dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham. Di dunia global saat ini, kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan, dan oleh karena itu, harga sahamnya, tidak dapat dikaitkan hanya dengan satu faktor. Faktanya ada banyak variabel yang berinteraksi dan efek bersihnya menentukan harga saham di seluruh dunia. Mari kita lihat pengaruh utama dan bagaimana mereka mempengaruhi industri yang berbeda:

1. Nilai Tukar

Nilai mata uang memiliki nilai yang bervariasi 24 jam sehari. Biasanya, perusahaan pengimpor mendapatkan banyak keuntungan ketika mata uang nasional mereka naik dan daya beli mereka meningkat.

2. Harga minyak dunia

Perusahaan seperti maskapai penerbangan yang bergantung pada bahan bakar untuk operasinal mereka adalah yang pertama terpengaruh oleh perubahan besar atau tak terduga dalam perubahan harga minyak dunia.

3. Legislasi Baru

Mari kita ambil contoh kebijakan moneter. Ketika suatu negara mengubah undang-undang pajak perusahaannya, itu berdampak langsung pada profitabilitas bisnis yang berpusat di area itu.

4. Suku Bunga

Suku bunga ditetapkan oleh bank sentral dan mencerminkan biaya modal. Misalnya, suku bunga yang lebih rendah dapat meningkatkan pasar ekuitas.

5. Harapan Dan Berita

Kadang-kadang peristiwa seperti penurunan suku bunga bahkan tidak mungkin dilakukan, tetapi pasar saham hanya dapat bergerak secara signifikan lebih awal. Jika itu tidak terjadi, pasar akan kembali ke level perdagangan normalnya. Dari sinilah ungkapan “beli barang, jual kostum” berasal.

6. Peristiwa Tak Terduga

Kategori ini mencakup serangan teroris dan bencana alam. Serangan September 2011 menyebabkan pasar saham runtuh, dengan Dow Jones kehilangan hingga 7% sehari setelah peristiwa tragis tersebut.

Meskipun faktor-faktor di atas dan implikasinya cukup sederhana, perlu diperhatikan bahwa harga saham terkadang dapat naik hanya karena sentimen positif di sektor tertentu. Untuk alasan ini, penting bagi pedagang untuk menyadari tren saat ini. Contoh klasiknya adalah peningkatan pesat saham Internet di era dot-com. Dalam kurun waktu yang sama, sektor yang lebih tradisional seperti saham pertambangan mengalami resesi.

Seperti halnya bentuk investasi apa pun, penting untuk memahami risiko keuangan dari perdagangan saham. Setiap peserta kehilangan tawaran, mungkin ini akan banyak terjadi dari waktu ke waktu. Ini adalah fakta yang tidak dapat dihindari, jadi sangat penting untuk memiliki strategi untuk meminimalkan kerugian, mungkin dengan menggunakan stop loss atau dengan membatasi jumlah uang yang Anda investasikan dalam perdagangan individu.

Nah gamers, sekarang kamu sudah tahu bukan kalau pasar saham sangat menguntungkan? Yuk pelajari lebih lanjut supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan mempertimbangkan resiko yang ada. Nantikan terus informasi terupdate seputar game dan gadget hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Bagikan untuk teman:
Loading...